PROGRAM TAHUNAN TEMATIK KLS 1 SEMESTER 2
PROGRAM TAHUNAN
Satuan Pendidikan : ...............................
Kelas : I
Semester : 2
Tahun : 20... / 20...
|
No
|
Smtr
|
Tema
|
Stándar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
AW
|
|
1
|
2
|
...................
|
IPA/ Sains :
Mengenal berbagai benda langit dan
peristiwa alam ( cuaca dan musim )
serta pengaruhnya
terhadap kegiatan manusia
|
IPA
Membedakan pengaruh musim kemarau dengan musim hujan pada
kegiatan manusia .
|
|
|
IPS :
Mendeskripsikan
lingkungan rumah
|
IPS :
· Menjelaskan
lingkungan rumah sehat dan perilaku dalam menjaga kebersihan rumah
|
||||
|
PKN :
Menerapkan
kewajiban anak di rumah dan di sekolah
|
PKN :
Melaksanakan
aturan yang berlaku di masyarakat
|
||||
|
Matematika
:
Mengenal
bangun datar sederhana
|
Matematika
:
· Menunjukkan benda-benda yang secara geometris berbentuk
segitiga, segiempat dan lingkaran.
· Mmenyebut-kan cirri-ciri segitiga, segiempat, dan
lingkaran ditinjau dari banyak sisinya.
· Menjiplak berbagai bentuk segitiga, segiempat, dan
lingkaran.
· Mengelompokkan berbagai bentuk segitiga, segiempat, dan
lingkaran, menurut bentuk, permukaan, warna, atau cirri lainnya.
|
||||
|
Bahasa
Indonesia :
Mendengarkan
·
Memahami
wacana lisan tentang benda-benda di sekitar dan dongeng.
Berbicara
·
Mengungkapkan
fikiran, perasaan, dan informasi
secara lisan dengan gambar,
percakapan sederhana dan dongeng.
Membaca
·
Memahami teks pendek dengan membaca lancar dan
membaca puisi anak.
Menulis
· Menulis
permulaan dengan huruf tegak bersambung
melalui dikte
dan menyalin
|
Bahasa
Indonesia :
Mendengarkan
·
Menyebutkan isi dongeng
Berbicara
·
Menceritakan isi gambar tunggal atau seri sederhana dengan
bahasa yang mudah dimengerti.
·
Melakukan percakapan sederhana
dengan menggunakan kalimat dan kosa kata yang sudah dikuasai.
·
Menyampaikan
rasa suka atau tidak suka tentang suatu hal atau kegiatan dengan alas an
sederhana.
·
Memerankan
tokoh dongeng atau cerita rakyat yang disukai dengan ekspresi yang tepat.
Membaca
·
Membaca lancar beberapa kalimat
sederhana yang terdiri atas 3 – 5 kata dengan
intonasi yang tepat.
Menulis
· Menulis kalimat sederhana yang didiktekan guru dengan huruf
tegak bersambung.
|
||||
|
Seni
Budaya dan Keterampilan :
Mengekspresikan
diri melalui karya seni tari
|
Seni
Budaya dan Keterampilan :
·
Mengidentifikasi unsur
rupa pada benda alam sekitar.
· Mengekspresikan diri melalui teknik menggunting / menyobek
|
||||
|
2
|
……………….
|
IPS :
Mendeskripsikan
lingkungan rumah
|
IPS :
Mendeskripsikan letak rumah
|
||
|
IPA/ Sains :
Mengenal berbagai benda langit dan
peristiwa alam ( cuaca dan musim )
serta pengaruhnya
terhadap kegiatan manusia
|
IPA :
Mengidentifikasi penyebab benda
benda bergerak ( baterr, per/pegas, dorongan tangan, dan magnet)
|
||||
|
PKN :
Menerapkan
kewajiban anak di rumah dan di sekolah
|
PKN :
Mengikuti
tata tertib di rumah dan di sekolah
|
||||
|
Matematika
:
Mengenal
bangun datar sederhana
|
Matematika
:
· Melakukan
penjumlahan dan pengurangan bilangan dua angka
|
||||
|
Bahasa
Indonesia :
Berbicara :
·
Mengungkapkan fikiran, perasaan, dan informasi secara
lisan dengan perkenalan dan tegur sapa, pengenalan, benda dan fungsi anggota
tubuh, dan deklamas.
Membaca :
·
Memahami teks
pendek dengan membaca nyaring.
Menulis :
·
Menulis
permulaan dengan menjiplak menebalkan, mencontoh, melengkapi, dan menyalin.
|
Bahasa
Indonesia :
Berbicara
·
Menceritakan isi gambar tunggal
atau seri sederhana dengan bahasa yang mudah dimengerti
·
Melakukan percakapan sederhana
dengan menggunakan kalimat dan kosa kata yang sudah dikuasai.
Membaca
·
Membaca lancar beberapa kalimat
sederhana yang terdiri atas 3 – 5 kata dengan intonasi yang tepat.
·
Membaca puisi anak yang terdiri atas
2 – 4 baris dengan lafal dan intonasi
yang tepat
Menulis
·
Menulis
kalimat sederhana yang didiktekan guru dengan huruf tegak bersambung.
· Menyalin
puisi anaka dengan huruf tegak bersambung
|
||||
|
Seni
Budaya dan Keterampilan :
·
Mengapresiasi
karya seni musik
|
Seni
Budaya dan Keterampilan :
·
Mengidentifikasi
unsur rupa pada benda alam sekitar.
· Mengekspresikan
diri melalui teknik menggunting / menyobek
|
||||
|
3
|
………………..
|
IPS :
Mendeskripsikan
lingkungan rumah
|
IPS :
· Mendeskripsikan
letak rumah
|
||
|
IPA/ Sains :
Mengenal berbagai bentuk
energi, manfaatnya dalam kehidupan
sehari-hari.
|
IPA :
Mengidentifikasi penyebab benda
benda bergerak ( baterr, per/pegas, dorongan tangan, dan magnet)
|
||||
|
PKN :
Menerapkan
kewajiban anak di rumah dan di sekolah
|
PKn :
· Mengikuti tata tertib di rumah dan di sekolah
|
||||
|
Matematika
:
· Melakukan penjumlahan
dan pengurangan bilangan sampai
dengan dua angka dalam pemecahan masalah.
|
Matematika
:
· Melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan
dua angka
|
||||
|
Bahasa
Indonesia :
Berbicara :
· Mengungkapkan
fikiran, perasaan, dan informasi secara lisan dengan perkenalan dan
tegur sapa, pengenalan, benda dan fungsi anggota tubuh, dan deklamas.
Membaca :
· Memahami teks pendek dengan membaca nyaring.
Menulis :
· Menulis permulaan dengan menjiplak menebalkan,
mencontoh, melengkapi, dan menyalin.
|
Bahasa
Indonesia :
Mendengarkan
· Mengulang deskripsi tentang benda benda di sekitar.
· Menyebutkan isi dongeng.
Berbicara
· Melakukan percakapan sederhana
dengan menggunakan kalimat dan kosa kata yang sudah dikuasai.
· Memerankan tokoh dongeng atau
cerita rakyat yang disukai dengan ekspresi
yang tepat.
Membaca
· Membaca lancar beberapa kalimat
sederhana yang terdiri atas 3 – 5 kata dengan intonasi yang tepat
Menulis
· Menulis
kalimat sederhana yang didiktekan guru dengan huruf tegak bersambung.
|
||||
|
Seni
Budaya dan Keterampilan:
·
Mengapresiasi
karya seni musik
|
Seni
Budaya dan Keterampilan :
· Menampilkan pola irama dan melodi
sederhana
· Memeragakan dinamik sederhana
· Mengekspresikan
diri melalui vocal alat musik, atau sumber bunyi sederhana.
|
||||
|
4
|
……………..
|
IPS :
Mendeskripsikan
lingkungan rumah
|
IPS :
· Menceritakan kembali
peristiwa penting
|
||
|
IPA :
Mengenal
berbagai bentuk energi, manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari.
|
IPA :
· Membedakan
gerak benda yang mudah bergerak dengan
benda yang sulit bergerak melalui
percobaan.
· Mengidentifikasi
penyebab benda bergerak ( batere, per/ pegas, dorongan tangan dan magnet )
|
||||
|
PKN :
Menerapkan
hak anak di rumah dan di sekolah
|
PKN :
· Melaksanakan hak anak di rumah dan di sekolah
|
||||
|
Matematika
:
Melakukan
penjumlahan dan pengurangan bilangan
sampai dengan dua angka dalam
pemecahan masalah
|
Matematika
:
· Menentukan nilai tempat
puluhan dan satuan
· Melakukan
penjumlahan dan pengurangan bilangan dua angka
|
||||
|
Bahasa
Indonesia : Mendengarkan
:
· Memahami bunyi bahasa, perintah dan
dongeng yang dilisankan.
Berbicara :
· Mengungkapkan fikiran, perasaan, dan informasi secara
lisan dengan perkenalan dan tegur sapa, pengenalan, benda dan fungsi anggota
tubuh, dan deklamas.
Membaca :
· Memahami teks pendek dengan membaca
nyaring.
Menulis :
· Menulis permulaan dengan menjiplak
menebalkan, mencontoh, melengkapi, dan menyalin.
|
Bahasa
Indonesia : Mendengarkan
·
Mengulang deskripsi tentang benda benda di sekitar.
·
Menyebutkan
isi dongeng.
Berbicara
·
Menyampaikan
rasa suka atau tidak suka tentang suatu hal atau kegiatan dengan alas an
sederhana..
Membaca
·
Membaca lancar beberapa kalimat sederhana
yang terdiri atas 3 – 5 kata dengan intonasi yang tepat.
·
Membaca puisi anak yang terdiri
atas 2 – 4 baris dengan lafal dan intonasi yang tepat
Menulis
·
Menulis
kalimat sederhana yang didiktekan guru dengan huruf tegak bersambung.
· Menyalin
puisi anaka dengan huruf tegak bersambung
|
||||
|
Seni
Budaya dan Keterampilan :
Mengapresiasi
karya seni musik
|
Seni
Budaya dan Keterampilan :
· Mengidentifikasi unsure / elemen musik dari berbagai sumber bunyi yang
dihasilkan alam
|
||||
|
5
|
………………….
|
IPS :
Mendeskripsikan
lingkungan rumah
|
IPS :
· Menjelaskan lingkungan rumah sehat dan perilaku dalam
menjaga kebersihan rumah
|
||
|
IPA :
Mengenal berbagai benda langit dan peristiwa alam ( cuaca dan
musim ) serta pengaruhnya
terhadap kegiatan manusia.
|
IPA :
· Mengenal berbagai
benda langit melalui pengamatan
|
||||
|
PKN :
Menerapkan
hak anak di rumah dan di sekolah
|
PKN :
· Melaksanakan aturan yang berlaku di masyarakat
|
||||
|
Matematika
:
Menggunakan pengukuran
berat
|
Matematika
:
· Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan berat benda
|
||||
|
Bahasa
Indonesia : Mendengarkan
:
· Memahami bunyi bahasa, perintah dan
dongeng yang dilisankan.
Berbicara :
· Mengungkapkan fikiran, perasaan, dan informasi secara
lisan dengan perkenalan dan tegur sapa, pengenalan, benda dan fungsi anggota
tubuh, dan deklamas.
Membaca :
· Memahami teks pendek dengan membaca
lancar dan membaca puisi anak.
Menulis :
· Menulis permulaan dengan menjiplak
menebalkan, mencontoh, melengkapi, dan menyalin.
|
Bahasa
Indonesia :
Mendengarkan
·
Menyebutkan isi dongeng.
Berbicara
·
Menceritakan isi gambar tunggal
atau seri sederhana dengan bahasa yang mudah dimengerti.
·
Melakukan percakapan sederhana
dengan menggunakan kalimat dan kosa kata yang sudah dikuasai.
·
Memerankan tokoh dongeng atau
cerita rakyat yang disukai dengan ekspresi
yang tepat.
Membaca
·
Membaca lancar beberapa kalimat
sederhana yang terdiri atas 3 – 5 kata dengan intonasi yang tepat.
· Menulis
kalimat sederhana yang didiktekan guru dengan huruf tegak bersambung
|
||||
|
Seni
Budaya dan Keterampilan :
· Mengapresiasi karya seni musik
· Mengapresiasi karya seni tari
|
Seni
Budaya dan Keterampilan :
·
Menampilkan gerak tari menurut tingkatan tinggi
rendah
·
Menunjukkan sikap apresiasif terhadap gerak tari
menurut tingkatan tinggi rendah.
·
Menanggapi dengan gerakan spontan rangsangan
bunyi
|
||||
|
6
|
……………….
|
IPS :
Mendeskripsikan
lingkungan rumah
|
IPS :
· Menceritakan
kembali peristiwa penting
|
||
|
IPA :
Mengenal
berbagai bentuk energi, manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari
|
IPA :
· Membedakan gerak
benda yang mudah bergerak dengan
benda yang sulit bergerak
melalui percobaan
|
||||
|
PKN :
Menerapkan
hak anak di rumah dan di sekolah
|
PKN :
· Menjelaskan hak
anak untuk belajadengan
gembira dan didengar pendapatnya
|
||||
|
Matematika
:
Melakukan
penjumlahan dan pengurangan bilangan sampai dengan dua angka dalam pemecahan
masalah
|
Matematika
:
·
Membilang banyak
benda
· Mengurutkan
banyak benda
|
||||
|
· Bahasa Indonesia :
Berbicara :
· Mengungkapkan fikiran, perasaan, dan informasi secara
lisan dengan perkenalan dan tegur sapa, pengenalan, benda dan fungsi anggota
tubuh, dan deklamas.
Membaca :
· Memahami teks pendek dengan membaca
lancar dan membaca puisi anak.
Menulis :
· Menulis permulaan dengan menjiplak
menebalkan, mencontoh, melengkapi, dan menyalin.
|
Bahasa
Indonesia :
Bebicara
·
Menceritakan isi
·
gambar tunggal atau seri sederhana
dengan bahasa yang mudah dimengert
·
Melakukan percakapan sederhana
dengan menggunakan kalimat dan kosa kata yang sudah dikuasai.
Membaca
·
Membaca lancar beberapa kalimat
sederhana yang terdiri atas 3 – 5 kata dengan intonasi yang tepat.
·
Membaca puisi anak yang terdiri
atas 2 – 4 baris dengan lafal dan intonasi yang tepat
Menulis
·
Menulis kalimat sederhana yang
didiktekan guru dengan huruf tegak bersambung.
· Menyalin
puisi anaka dengan huruf tegak bersambung.
|
||||
|
Seni
Budaya dan Keterampilan :
· Mengapresiasi karya seni musik
|
Seni
Budaya dan Keterampilan :
·
Mengidentifikasi unsure rupa pada
benda di alam sekitar.
·
Menyatakan sikap apresiatif
terhadap unsure rupa pada benda di alam sekitar.
·
Mengekspresikan
diri melalui karya seni gambar ekspresif.
·
Mengekspresikan diri melalui karya
seni rupas dus dimensi dengan teknik menempel.
|
||||
|
7
|
………………….
|
IPS :
Mendeskripsikan
lingkungan rumah
|
IPS :
·
Menjelaskan lingkungan rumah sehat
dan perilaku dalam menjaga kebersihan rumah
|
||
|
IPA :
Mengenal
berbagai benda langit dan peristiwa alam (cuaca dan musim ) serta pengaruhnya terhadap kegiatan manusia
|
IPA :
·
Mengenal berbagai benda langit melalui pengamatan
|
||||
|
PKN :
Menerapkan
kewajiban anak di rumah dan di sekolah
|
PKN :
·
Mengikuti
tata tertib di rumah dan di sekolah
|
||||
|
Matematika
:
Menggunakan
pengukuran berat
|
Matematika
:
·
Menggunakan
sifat oprasi pertukaran
dan pengelompokkan
·
Membandingkan
berat benda ( ringan , berat )
|
||||
|
· Bahasa Indonesia :
Mendengarkan
:
Memahami
wacana lisan tentang benda-benda di sekitar dan dongeng sekitar dan dongeng
Berbicara :
· Mengungkapkan fikiran, perasaan, dan informasi secara
lisan dengan perkenalan dan tegur sapa, pengenalan, benda dan fungsi anggota
tubuh, dan deklamas.
Membaca :
· Memahami teks pendek dengan membaca
lancar dan membaca puisi anak.
Menulis :
· Menulis permulaan dengan menjiplak
menebalkan, mencontoh, melengkapi, dan menyalin.
|
Bahasa
Indonesia :
Mendengarkan
·
Mengulang deskripsi tentang benda benda di sekitar.
Berbicara
·
Menceritakan isi gambar tunggal
atau seri sederhana dengan bahasa yang mudah
dimengerti.
Membaca
·
Membaca lancar beberapa kalimat
sederhana yang terdiri atas 3 – 5
kata dengan intonasi yang tepat.
·
Membaca puisi anak yang terdiri atas 2 – 4 baris dengan lafal dan intonasi yang tepat
Menulis
·
Menulis
kalimat sederhana yang didiktekan guru dengan huruf tegak bersambung.
· Menyalin
puisi anaka dengan huruf tegak bersambung
|
||||
|
Seni
Budaya dan Keterampilan :
· Mengapresiasi karya seni musik
· Mengapresiasi karya seni tari
|
Seni
Budaya dan Keterampilan :
·
Mengekspresikan diri melalui vocal, alat musik, atau sumber bunyi
sederhana
·
Menyanyikan
lagu anak-anak dan lagu wajib.
·
Mengidentifikasi fungsi tubuh
dalam melaksanakan gerak berpindah tempat
|
|
Mengetahui
Kepala
Sekolah
……………………
|
..........,
................ 20...
Guru
Kelas I
………………………..
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar