Senin, 02 April 2018

RPP SIKLUS II


RENCANA PELAKSANAAN PERBAIKAN PEMBELAJARAN                      (RPP PERBAIKAN) SIKLUS II

Satuan Pendidikan                   : …………………………
Mata pelajaran/Tema              :  Ilmu Pengetahuan Alam
Kelas/Semester                         :  V/ II (DUA)
AlokasiWaktu                           :  2 x 35 menit 

I.                Standar kompetensi
-       Memahami perubahan kenampakan permukaan bumi dan benda langit.

II.             Kompetensi Dasar
-       Mendeskripsikan proses pembentukan bumi dan struktur bumi
 
III.          Indikator
-       Mengindentifikasi proses terjadinya bumi
-       Mendeskripsikan bagian-bagian bumi

IV.          Tujuan Pembelajaran
-       Murid dapat menyebutkan dengan benar proses pembentukan bumi
-       Murid dapat menyebutkan dengan benar bagianp-bagian bumi

V.             Tujuan Perbaikan Pembelajaran
-       Meningkatkan pemahaman dan prestasi belajar siswa materi proses pembentukan bumi dan struktur bumi melalui penggunaan alat peraga.

VI.       Materi Ajar
-       Proses terjadinya bumi dan susunan bumi

VII.    Metode Pembelajaran
-       Ceramah,  diskusi , dan penugasan

VIII.    Langkah-langkah Pembelajaran
a.         Kegiatan Awal:
-          Mengajak semua siswa untuk berdoa bersama untuk mengawali pelajaran
-          Apresiasi dan motifasi
-          Mengajukan pertanyaan tentang materi yang sudah atau akan di sampaikan
-          Mempersiapkan media yang digunakan.

b.         Kegiatan Inti:
-          Guru memperlihatkan gambar proses pembentukan bumi dan struktur bumi, miniature lapisan-lapisan bumi diikuti tanya jawab untuk menegetahui kemampuan awal siswa tentang apa yang akan dipelajarai.
-          Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yaitu setelah pembelajaran siswa dapat menyebutkan dan memahami proses pembentukan bumi dan struktur bumi.
-           Guru menyampaikan topik yang akan dipelajari dan menyampaikan manfaat konsep tersebut dalam kehidupan sehari-hari.
-          Guru membagi siswa menjadi lima kelompok secara heterogen.
-          Masing-masing kelompok diminta untuk mengidentifikasi pembentukan bumi dan struktur bumi berdasarkan gambar dan miniature lapisan-lapisan bumi  yang telah disiapkan.Dengan bimbingan guru siswa berdiskusi mengidentifikasi lapisan-lapisan bumi.
-          Guru meminta siswa untuk menjelaskan proses terjadinya bumi dan susunan bumi berdasarkan hasil kelompoknya.
-          Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk bertanya.
-          Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan meluruskan kesalahan, memebri penguatan , dan penyimpulan.

c.       Kegiatan akhir:
-          Guru melakukan evaluasi pembelajaran untuk mengetahui pemahaman siswa terhadap materi yang telah diajarkan.
-          Setelah selesai soal dikumpulkan kembali dan guru bersama siswa menyimpulkan pembelajaran
-          Guru mengakhiri proses pembelajaran dengan membawa hasil belajar dari siswa.
-          Menutup kegiatan belajar mengajar dengan berdoa bersama-sama.

IX.       Alat/Bahan/Sumber Belajar
-          Buku IPA kelas V
-          Guku referensi/perpustakaan
-          Pengalaman guru
-          Alat perga (gambar, miniature lapisan penyusun bumi)

X.              Penilaian
Evaluasi dilakukan selama proses pembelajaran melalui tanya jawab lisan, dan pada akhir pelajaran.
-                      Instrument/Soal
Selesaikan soal – soal dibawah ini dengan benar !

1.      Sebutkan fungsi dari atmosfer bagi bumi ?
2.      Lapisan ini memiliki campuran oksigen, nitrogen, karbon dioksida dan memiliki ketebalan 50-80 km. ciri-ciri tersebut adalh ciri-ciri dari lapisan ?
3.      Lapisan terluar bumi pada dasarnya terbentuk dari tiga jenis batuan,sebutkan ketiga jenis batuan tersebut !
4.      Terbentuk dari apakah lapisan mantel bumi ?
5.      Kerak dibedakan menjadi kerak benua dan kerak samudra. Batuan apakah yang membentuk kerak samudra ?
6.      Lapisan bumi yang diperkirakan berisi besi cair adalah lapisan ?
7.      Suhu inti bumi sangat tinggi sehingga diperkirakan berwujud ?
8.      Lapisan kerak bumi merupakan lapisan paling tipis. Walaupun demikian, manusia belum mampu mengebor hingga menembus kerak bumi. Mengapa demikian ?
9.      Terbentuk dari apakah benda-benda luar angkasa menurut para ahli ?
10.  Sebutkan lapisan-lapisan penyusun bumi ?

Kunci jawaban
1.      Melindungi bumi dari benda-benda angkasa, menjaga supaya air tidak menuap ke angkasa luar, dan melindungi bumi dari sinar ultraviolet.
2.      Lapisan mesosfer.
3.      Batuan beku, batuan sedimen, dan batuan metamorf.
4.      Mineral dan alumunium
5.      Batuan basal
6.      Lapisan inti luar
7.      Cair
8.      Karena lapisan kerak bumi keras dan terdiri atas batuan.
9.      Terbentuk dari awan
10.  Lapisan kerak, selubung, dan inti.

Catatan : Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) x 100
Untuk siswa yang tidak memenuhi KKM maka diadakan Remedial.

           Mengetahui                                                    ………………………………..
Kepala SDN……………………                                Guru kelas V


……………………………..                                       ……………………………..
NIP………………………..                                       NIP.-

Lembar kerja siswa  Siklus II
Nama                          :……………………..
Kelas                           :……………………..
Mata pelajaran          :……………………..

Jawablah pertanyaan dibawah ini dengan baik dan benar !
1.      Sebutkan fungsi dari atmosfer bagi bumi ?
2.      Lapisan ini memiliki campuran oksigen, nitrogen, karbon dioksida dan memiliki ketebalan 50-80 km. ciri-ciri tersebut adalah ciri-ciri dari lapisan ?
3.      Lapisan terluar bumi pada dasarnya terbentuk dari tiga jenis batuan,sebutkan ketiga jenis batuan tersebut !
4.      Terbentuk dari apakah lapisan mantel bumi ?
5.      Kerak dibedakan menjadi kerak benua dan kerak samudra. Batuan apakah yang membentuk kerak samudra ?
6.      Lapisan bumi yang diperkirakan berisi besi cair adalah lapisan ?
7.      Suhu inti bumi sangat tinggi sehingga diperkirakan berwujud ?
8.      Lapisan kerak bumi merupakan lapisan paling tipis. Walaupun demikian, manusia belum mampu mengebor hingga menembus kerak bumi. Mengapa demikian ?
9.      Terbentuk dari apakah benda-benda luar angkasa menurut para ahli ?
10.  Sebutkan lapisan-lapisan penyusun bumi ?

Jawaban.
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………….

1 komentar:

  1. RPP yang disusun ini sudah baik, hanya disarankan waktu perlu dicantum untuk setiap langkah kegiatan, sehingga memudah guru untuk mengatur jedah dalam proses, ini hanya saran /usul

    BalasHapus