RENCANA PELAKSANAAN PERBAIKAN
PEMBELAJARAN (RPP
PERBAIKAN) SIKLUS III
Satuan
Pendidikan : …………………………….
Mata
pelajaran/Tema : Ilmu
Pengetahuan Alam
Kelas/Semester
: V/ II (DUA)
AlokasiWaktu : 2 x 35 menit
I.
Standar
kompetensi
-
Memahami perubahan kenampakan permukaan
bumi dan benda langit.
II.
Kompetensi
Dasar
-
Mendeskripsikan proses pembentukan bumi
dan struktur bumi
III.
Indikator
-
Mengindentifikasi proses terjadinya bumi
-
Mendeskripsikan bagian-bagian bumi
IV.
Tujuan
Pembelajaran
-
Murid dapat menyebutkan dengan benar
proses pembentukan bumi
-
Murid dapat menyebutkan dengan benar
bagianp-bagian bumi
V.
Tujuan Perbaikan Pembelajaran
-
Meningkatkan pemahaman dan prestasi
belajar siswa materi proses pembentukan bumi dan struktur bumi melalui
penggunaan alat peraga.
VI.
Materi
Ajar
-
Proses terjadinya bumi dan susunan bumi
VII.
Metode
Pembelajaran
-
Ceramah,
eksperimen , dan penugasan
VIII.
Langkah-langkah
Pembelajaran
a.
Kegiatan
Awal:
-
Mengajak semua siswa untuk berdoa
bersama untuk mengawali pelajaran
-
Apresiasi dan motifasi
-
Mengajukan pertanyaan tentang materi
yang sudah atau akan di sampaikan
-
Mempersiapkan media yang digunakan.
b. Kegiatan Inti:
-
Dengan bantuan siswa guru menyiapkan bahan atau
alat peraga yang akan digunakan.
-
Guru bertanya tentang materi yang telah
disampaikan pada pertemuan sebelumnya untuk mengetahui kesiapan siswa dalam
menerima materi.
-
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yaitu
setelah pembelajaran siswa dapat menyebutkan dan memahami proses pembentukan
bumi dan struktur bumi.
-
Guru menyampaikan topik yang akan dipelajari
dan menyampaikan manfaat konsep tersebut dalam kehidupan sehari-hari.
-
Guru membagi siswa menjadi lima kelompok secara
heterogen.
-
Masing-masing kelompok diminta untuk
mengidentifikasi pembentukan bumi dan struktur bumi berdasarkan gambar
,miniatur lapisan-lapisan bumi , dan model tanah penyusun lapisan bumi yang
telah disiapkan.
-
Dengan bimbingan guru siswa berdiskusi
mengidentifikasi lapisan-lapisan bumi.
-
Guru meminta siswa untuk menjelaskan proses
terjadinya bumi dan susunan bumi berdasarkan hasil kelompoknya.
- Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk
bertanya.
-
Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan
meluruskan kesalahan, memebri penguatan , dan penyimpulan.
c. Kegiatan akhir:
-
Guru melakukan evaluasi pembelajaran untuk
mengetahui pemahaman siswa terhadap materi yang telah diajarkan.
-
Setelah selesai soal dikumpulkan kembali dan
guru bersama siswa menyimpulkan pembelajaran
-
Guru mengakhiri proses pembelajaran dengan
membawa hasil belajar dari siswa.
-
Menutup kegiatan belajar mengajar dengan berdoa
bersama-sama.
IX.
Alat/Bahan/Sumber
Belajar
-
Buku IPA kelas V
-
Guku referensi/perpustakaan
-
Pengalaman guru
- Alat perga (gambar)
X.
Penilaian
Evaluasi
dilakukan selama proses pembelajaran melalui tanya jawab lisan, dan pada akhir
pelajaran.
-
Instrument/Soal
Selesaikan
soal – soal dibawah ini dengan benar !
1.
Para ilmuan perpendapat bahwa bumi
terbentuk dari awan. Lalu mengapa bumi yang kita huni tersusun atas batuan ?
2.
Sebutkan lapisan-lapisan penyusun
atmosfer ?
3.
Sebutkan lapisan-lapisan pembentuk struktur
bumi ?
4.
Lapisan atmosfer yang yang dapat dicapai
oleh balon cuaca dan beberapa pesawat terbang adalah?
5.
Lapisan bumi yang paling tipis dan
merupakan tempat makhluk hidup tinggal disebut ?
6.
Pada lapisan termosfer sering terjadi efek
cahaya yang menyebabkan warna langit berwarna warni. Efek cahaya tersebut
disebut ?
7.
Sebutkan bahan peyusun pusat bumi ?
8.

Lapisan ini memiliki
ketebalan mencapai 2.900 kilometer, terdiri atas magma kental bersuhu
1.400 C-2.500 C. ciri-ciri lapisan apakah itu ?
9.
Disaat batuan luar angkasa menerobos
bumi, batuan tersebut habis terbakar disaat menuju bumi dan habis sebelum
mecapai bumi. Mengapa hal tersebut dapat terjadi ?
10. Bumi
kita terdiri atas beberapa lapisan. Makhluk hidup menempati salah satu lapisan
tersebut. Di lapisan mana makhluk hidup tinggal
? mengapa ?
Kunci jawaban
1.
Karena adanya daya tarik bumi yang
semakin banyak mengumpulkan gas dan debu sehingga semakin lama semaik padat.
2.
Troposfer, stratosfer, mesosfer,termosfer,eksosfer
3.
Kerak, selubung atau mantel, dan inti
4.
Lapisan stratosfer
5.
kerak
6.
Aurora
7.
Inti luar ( besi,nikel,dan oksigen) dan inti dalam (besi, dan nikel
padat)
8.
Selubung atau mantel
9.
Karena bumi dilindung oleh atmosfer.
Yang menyebabkan batuan terbakar dan habis sebelum sampai dibumi.
10. Kerak
bumi, karena pada lapisan ini terdapat gas yang diperlukan makhluk hidup.
Catatan : Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor
maksimal ) x 100
Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat KKM maka diadakan
Remedial.
Mengetahui
……………………………………..
Kepala SDN……………….
Guru
kelas V
………………………. …………………………………
NIP……………………….. NIP.-
Lembar
kerja siswa Siklus III
Nama
:……………………..
Kelas
:……………………..
Mata
pelajaran :……………………..
Jawablah
pertanyaan dibawah ini dengan baik dan benar !
1.
Para ilmuan perpendapat bahwa bumi
terbentuk dari awan. Lalu mengapa bumi yang kita huni tersusun atas batuan ?
2.
Sebutkan lapisan-lapisan penyusun
atmosfer ?
3.
Sebutkan lapisan-lapisan pembentuk
struktur bumi ?
4.
Lapisan atmosfer yang yang dapat dicapai
oleh balon cuaca dan beberapa pesawat terbang adalah?
5.
Lapisan bumi yang paling tipis dan
merupakan tempat makhluk hidup tinggal disebut ?
6.
Pada lapisan termosfer sering terjadi efek
cahaya yang menyebabkan warna langit berwarna warni. Efek cahaya tersebut
disebut ?
7.
Sebutkan bahan peyusun pusat bumi ?
8.

Lapisan ini memiliki
ketebalan mencapai 2.900 kilometer, terdiri atas magma kental bersuhu
1.400 C-2.500 C. ciri-ciri lapisan apakah itu ?
9.
Disaat batuan luar angkasa menerobos
bumi, batuan tersebut habis terbakar disaat menuju bumi dan habis sebelum
mecapai bumi. Mengapa hal tersebut dapat terjadi ?
10. Bumi
kita terdiri atas beberapa lapisan. Makhluk hidup menempati salah satu lapisan
tersebut. Di lapisan mana makhluk hidup tinggal
? mengapa ?
Jawaban.
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
Tidak ada komentar:
Posting Komentar