RENCANA PELAKSANAAN PERBAIKAN
PEMBELAJARAN (RPP PERBAIKAN) SIKLUS II
Satuan
Pendidikan : …………………………
Mata
pelajaran/Tema : Ilmu
Pengetahuan Alam
Kelas/Semester
: V/ II (DUA)
AlokasiWaktu : 2 x 35 menit
I.
Standar
kompetensi
-
Memahami perubahan kenampakan permukaan
bumi dan benda langit.
II.
Kompetensi
Dasar
-
Mendeskripsikan proses pembentukan bumi
dan struktur bumi
III.
Indikator
-
Mengindentifikasi proses terjadinya bumi
-
Mendeskripsikan bagian-bagian bumi
IV.
Tujuan
Pembelajaran
-
Murid dapat menyebutkan dengan benar
proses pembentukan bumi
-
Murid dapat menyebutkan dengan benar
bagianp-bagian bumi
V.
Tujuan Perbaikan Pembelajaran
-
Meningkatkan pemahaman dan prestasi
belajar siswa materi proses pembentukan bumi dan struktur bumi melalui
penggunaan alat peraga.
VI.
Materi
Ajar
-
Proses terjadinya bumi dan susunan bumi
VII.
Metode
Pembelajaran
-
Ceramah,
diskusi , dan penugasan
VIII.
Langkah-langkah
Pembelajaran
a.
Kegiatan
Awal:
-
Mengajak semua siswa untuk berdoa
bersama untuk mengawali pelajaran
-
Apresiasi dan motifasi
-
Mengajukan pertanyaan tentang materi
yang sudah atau akan di sampaikan
-
Mempersiapkan media yang digunakan.
b.
Kegiatan
Inti:
-
Guru memperlihatkan gambar proses pembentukan
bumi dan struktur bumi, miniature lapisan-lapisan bumi diikuti tanya jawab
untuk menegetahui kemampuan awal siswa tentang apa yang akan dipelajarai.
-
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yaitu
setelah pembelajaran siswa dapat menyebutkan dan memahami proses pembentukan
bumi dan struktur bumi.
-
Guru
menyampaikan topik yang akan dipelajari dan menyampaikan manfaat konsep
tersebut dalam kehidupan sehari-hari.
-
Guru membagi siswa menjadi lima kelompok secara
heterogen.
-
Masing-masing kelompok diminta untuk
mengidentifikasi pembentukan bumi dan struktur bumi berdasarkan gambar dan
miniature lapisan-lapisan bumi yang
telah disiapkan.Dengan bimbingan guru siswa berdiskusi mengidentifikasi
lapisan-lapisan bumi.
-
Guru meminta siswa untuk menjelaskan proses
terjadinya bumi dan susunan bumi berdasarkan hasil kelompoknya.
-
Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk
bertanya.
-
Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan
meluruskan kesalahan, memebri penguatan , dan penyimpulan.
c.
Kegiatan
akhir:
-
Guru melakukan evaluasi pembelajaran untuk
mengetahui pemahaman siswa terhadap materi yang telah diajarkan.
-
Setelah selesai soal dikumpulkan kembali dan
guru bersama siswa menyimpulkan pembelajaran
-
Guru mengakhiri proses pembelajaran dengan
membawa hasil belajar dari siswa.
-
Menutup kegiatan belajar mengajar dengan berdoa
bersama-sama.
IX.
Alat/Bahan/Sumber
Belajar
-
Buku IPA kelas V
-
Guku referensi/perpustakaan
-
Pengalaman guru
-
Alat
perga (gambar, miniature lapisan penyusun bumi)
X.
Penilaian
Evaluasi
dilakukan selama proses pembelajaran melalui tanya jawab lisan, dan pada akhir
pelajaran.
-
Instrument/Soal
Selesaikan
soal – soal dibawah ini dengan benar !
1.
Sebutkan fungsi dari atmosfer bagi bumi
?
2.
Lapisan ini memiliki campuran oksigen,
nitrogen, karbon dioksida dan memiliki ketebalan 50-80 km. ciri-ciri tersebut
adalh ciri-ciri dari lapisan ?
3.
Lapisan terluar bumi pada dasarnya
terbentuk dari tiga jenis batuan,sebutkan ketiga jenis batuan tersebut !
4.
Terbentuk dari apakah lapisan mantel
bumi ?
5.
Kerak dibedakan menjadi kerak benua dan
kerak samudra. Batuan apakah yang membentuk kerak samudra ?
6.
Lapisan bumi yang diperkirakan berisi
besi cair adalah lapisan ?
7.
Suhu inti bumi sangat tinggi sehingga
diperkirakan berwujud ?
8.
Lapisan kerak bumi merupakan lapisan
paling tipis. Walaupun demikian, manusia belum mampu mengebor hingga menembus
kerak bumi. Mengapa demikian ?
9.
Terbentuk dari apakah benda-benda luar
angkasa menurut para ahli ?
10. Sebutkan
lapisan-lapisan penyusun bumi ?
Kunci jawaban
1.
Melindungi bumi dari benda-benda
angkasa, menjaga supaya air tidak menuap ke angkasa luar, dan melindungi bumi
dari sinar ultraviolet.
2.
Lapisan mesosfer.
3.
Batuan beku, batuan sedimen, dan batuan
metamorf.
4.
Mineral dan alumunium
5.
Batuan basal
6.
Lapisan inti luar
7.
Cair
8.
Karena lapisan kerak bumi keras dan
terdiri atas batuan.
9.
Terbentuk dari awan
10. Lapisan
kerak, selubung, dan inti.
Catatan : Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor
maksimal ) x 100
Untuk siswa yang tidak memenuhi KKM maka diadakan
Remedial.
Mengetahui
………………………………..
Kepala SDN…………………… Guru
kelas V
…………………………….. ……………………………..
NIP……………………….. NIP.-
Lembar
kerja siswa Siklus II
Nama
:……………………..
Kelas
:……………………..
Mata
pelajaran :……………………..
Jawablah
pertanyaan dibawah ini dengan baik dan benar !
1.
Sebutkan fungsi dari atmosfer bagi bumi
?
2.
Lapisan ini memiliki campuran oksigen,
nitrogen, karbon dioksida dan memiliki ketebalan 50-80 km. ciri-ciri tersebut
adalah ciri-ciri dari lapisan ?
3.
Lapisan terluar bumi pada dasarnya
terbentuk dari tiga jenis batuan,sebutkan ketiga jenis batuan tersebut !
4.
Terbentuk dari apakah lapisan mantel
bumi ?
5.
Kerak dibedakan menjadi kerak benua dan
kerak samudra. Batuan apakah yang membentuk kerak samudra ?
6.
Lapisan bumi yang diperkirakan berisi
besi cair adalah lapisan ?
7.
Suhu inti bumi sangat tinggi sehingga
diperkirakan berwujud ?
8.
Lapisan kerak bumi merupakan lapisan
paling tipis. Walaupun demikian, manusia belum mampu mengebor hingga menembus
kerak bumi. Mengapa demikian ?
9.
Terbentuk dari apakah benda-benda luar
angkasa menurut para ahli ?
10. Sebutkan
lapisan-lapisan penyusun bumi ?
Jawaban.
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………….
RPP yang disusun ini sudah baik, hanya disarankan waktu perlu dicantum untuk setiap langkah kegiatan, sehingga memudah guru untuk mengatur jedah dalam proses, ini hanya saran /usul
BalasHapus