SILABUS KURIKULUM 2013
Kelas IV
Tema 8 : Tempat Tinggalku
Alokasi waktu : 76
jam pelajaran
|
Mata
Pelajaran dan Kompetensi Dasar
|
Materi
Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
|
Pendidikan
Pancasila dan Kewarganegaraan
1.3 Menerima
dengan tulus keberagaman umat beragama di masyarakat dalam konteks Bhinneka
Tunggal Ika
2.3 Bersikap
toleran dalam keberagaman umat beragama di masyarakat dalam konteks Bhinneka Tunggal Ika
3.3 Mencirikan
keberagaman umat beragama dalam masyarakat
4.3 Bekerja
sama dalam keberagaman umat beragama dalam masyarakat
|
Keberagaman umat beragama
di masyarakat
|
Subtema 1: Lingkungan Tempat Tinggalku (25 jam pelajaran)
·
Mengamati gambar/video/film yang menunjukkan toleransi antar umat
beragama di suatu lingkungan.
·
Membaca wacana dan menyimak penjelasan
tentang keberagaman umat beragama di masyarakat dengan rasa peduli dan
toleransi.
·
Mengidentifikasi
jenis-jenis kegiatan keagamaan yang dilakukan oleh masyarakat sekitar tempat
tinggal dan contoh perilaku toleransi terhadap pemeluk agama lain.
·
Mencari informasi dari berbagai sumber tentang keberagaman umat beragama di
lingkungan tempat tinggal dengan rasa ingin tahu dan peduli
·
Mendiskusikan bagaimana berinteraksi dengan orang sekitar tempat tinggal dengan rasa peduli dan toleransi
·
Membuat tulisan mengenai tokoh yang
diidolakan peserta didik di keluarga atau lingkungan sekitar
· Membaca teks tentang tokoh fiksi yang
dikenal di lingkungan tempat tinggalnya
· Menuliskan perwatakan tokoh dalam teks yang dibaca
·
Membuat
daftar benda-benda yang bergerak dan bagaimana pergerakannya
·
Menggambarkan tempat tinggal peserta didik
dengan teknis kolase.
·
Menceritakan
kegiatan ekonomi yang dilakukan oleh orang di sekitar tempat tinggal peserta
didik/ lingkungan sekolah
·
Memperagakan
berbagai gerak aktivitas air renang gaya dada (gerakan
kaki dan gerakan lengan)
Subtema 2: Keunikan Daerah Tempat Tinggalku (25 jam
pelajaran)
·
Wacana dan menyimak penjelasan tentang keberagaman umat beragama di
masyarakat dengan rasa peduli dan toleransi di daerah tempat tinggalku
·
Mengidentifikasi jenis-jenis kegiatan keagamaan yang dilakukan oleh umat
beragama yang menjadi ciri khas daerah.
·
Membaca teks fiksi yang berhubungan dengan legenda di daerah peserta
didik
·
Membandingkan sifat tokoh dalam legenda yang dibaca.
·
Menuliskan kembali teks fiksi yang berhubungan dengan legenda di daerah
peserta didik menggunakan bahasa sendiri
·
Melakukan percobaan dan melaporkannya untuk menunjukkan
perubahan gerak akibat gaya.
· Melihat gambar/video/film yang menggambarkan potensi
daerah kabupaten/kota di tempat tinggal peserta didik.
· Mencari informasi mengenai keunikan penduduk dan
karakteritik alam yang ada di daerah tempat tinggal peserta didik
·
Membuat klasifikasi karakteristik alam yang ada didaerahnya
·
Membuat montase mengenai penduduk dan karakteristik alam di daerah tempat
tinggalku
·
Membahas prilaku terpuji dalam pergaulan sehari-hari (antar teman sebaya, orang
yang lebih tua, dan orang yang lebih muda) untuk menumbuhkan rasa peduli dan toleransi
Subtema 3: Aku
Bangga dengan Daerah Tempat Tinggalku (25 JP)
·
Mengamati gambar/video/film terkait keragaman daerah di Indonesia.
·
Membaca teks mengenai keragaman karakteristik alam di daerah tempat
tinggal peserta didik.
·
Menuliskan karakteristik alam di daerah tempat tinggal dengan penuh rasa
syukur kepada Tuhan YME.
·
Membaca teks fiksi
mengenai legenda dari suatu daerah
·
Mempresentasikan hal-hal yang menumbuhkan rasa bangga
terhadap daerah berdasarkan legenda yang dibaca.
·
Melakukan percobaan dan melaporkannya untuk
menunjukkan perubahan gerak akibat gaya.
·
Membaca
teks informasi mengenai kependudukan (jumlah, kepadatan, persebaran) dan
kegiatan ekonomi penduduk di provinsi tempat tinggal peserta didik
· Membuat ringkasan (bisa dalam bentuk tabel) mengenai informasi
kependudukan dan ekonomi di provinsinya.
· Membuat karya seni yang menggambarkan aktivitas ekonomi di lingkungan
sekitarnya dengan aplikasi dan mozaik dengan teknik menempel
·
|
|
Bahasa
Indonesia
3.9 Mencermati
tokoh-tokoh yang terdapat pada teks fiksi
4.9 Menyampaikan
hasil identifikasi tentang yang ingin diperjuangkan atau dipertentangkan
antartokoh pada cerita fiksi
3.10 Membandingkan
watak masing-masing tokoh pada teks fiksi
4.10 Menyajikan
cara-cara yang dilakukan oleh tokoh cerita fiksi dalam memperjuangkan atau
mempertentangkan hal-hal yang diinginkan
|
Teks fiksi
|
|
|
Ilmu
Pengetahuan Alam
3.4 Memahami
hubungan antara gaya dan gerak
4.4 Menyajikan
hasil percobaan tentang hubungan antara gaya dan gerak
|
Gaya dan Gerak
·
Pengertian
gerak
·
Pengaruh
gaya terhadap gerak benda.
|
|
|
Ilmu
Pengetahuan Sosial
3.1 Mengidentifikasi karakteristik
ruang dan pemanfaatan sumber daya alam untuk kesejahteraan masyarakat dari tingkat kota/kabupaten sampai tingkat provinsi
4.1 Menyajikan hasil identifikasi
karakteristik ruang dan pemanfaatan sumber daya alam untuk kesejahteraan
masyarakat dari tingkat kota/kabupaten sampai tingkat provinsi
|
· Letak dan luas kabupaten/ kota
dan provinsi dalam peta
·
Kondisi/karak-teristik alam
(iklim, bentuk muka bumi, flora,
fauna)
·
Kondisi kependudukan (jumlah,
kepadatan, persebaran)
·
Kegiatan ekonomi dalam
pemanfaatan sumber daya alam
|
|
|
Seni Budaya dan Prakarya
3.4
Mengetahui karya seni rupa teknik
tempel
4.4
Membuat karya kolase, montase,
aplikasi, dan mozaik
|
·
Teknik
tempel dalam berkarya (kolase, montase, aplikasi dan mozaik)
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar