Kamis, 08 Februari 2018

SILABUS KLS 4 TEMA 8



SILABUS KURIKULUM 2013



Kelas IV

Tema 8            : Tempat Tinggalku

Alokasi waktu : 76 jam pelajaran

Mata Pelajaran dan Kompetensi Dasar
Materi Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
1.3 Menerima dengan tulus keberagaman umat beragama di masyarakat dalam konteks Bhinneka Tunggal Ika 
2.3 Bersikap toleran dalam keberagaman umat beragama di masyarakat dalam konteks  Bhinneka Tunggal Ika
3.3 Mencirikan keberagaman umat beragama dalam masyarakat 
4.3 Bekerja sama dalam keberagaman umat beragama dalam masyarakat 


Keberagaman umat beragama di masyarakat



Subtema 1: Lingkungan Tempat Tinggalku  (25 jam pelajaran)
·      Mengamati gambar/video/film  yang menunjukkan toleransi antar umat beragama di suatu lingkungan.
·      Membaca wacana dan menyimak penjelasan tentang keberagaman umat beragama di masyarakat dengan rasa peduli dan toleransi.
·      Mengidentifikasi jenis-jenis kegiatan keagamaan yang dilakukan oleh masyarakat sekitar tempat tinggal dan contoh perilaku toleransi terhadap pemeluk agama lain.
·      Mencari informasi dari berbagai sumber  tentang keberagaman umat beragama di lingkungan tempat tinggal dengan rasa ingin tahu dan peduli
·      Mendiskusikan bagaimana berinteraksi dengan orang sekitar tempat tinggal dengan rasa peduli dan toleransi
·      Membuat tulisan mengenai tokoh yang diidolakan peserta didik di keluarga atau lingkungan sekitar
·      Membaca teks tentang tokoh fiksi yang dikenal di lingkungan tempat tinggalnya
·      Menuliskan perwatakan tokoh dalam teks yang dibaca
·      Membuat daftar benda-benda yang bergerak dan bagaimana pergerakannya
·      Menggambarkan tempat tinggal peserta didik dengan teknis kolase.
·      Menceritakan kegiatan ekonomi yang dilakukan oleh orang di sekitar tempat tinggal peserta didik/ lingkungan sekolah
·      Memperagakan berbagai gerak aktivitas air renang gaya dada (gerakan kaki dan gerakan lengan)


Subtema 2: Keunikan Daerah Tempat Tinggalku (25 jam pelajaran)
·      Wacana dan menyimak penjelasan tentang keberagaman umat beragama di masyarakat dengan rasa peduli dan toleransi di daerah tempat tinggalku
·      Mengidentifikasi jenis-jenis kegiatan keagamaan yang dilakukan oleh umat beragama yang menjadi ciri khas daerah.
·      Membaca teks fiksi yang berhubungan dengan legenda di daerah peserta didik
·      Membandingkan sifat tokoh dalam legenda yang dibaca.
·      Menuliskan kembali teks fiksi yang berhubungan dengan legenda di daerah peserta didik menggunakan bahasa sendiri
·      Melakukan percobaan dan melaporkannya untuk menunjukkan perubahan gerak akibat gaya.
·      Melihat gambar/video/film yang menggambarkan potensi daerah kabupaten/kota di tempat tinggal peserta didik.
·      Mencari informasi mengenai keunikan penduduk dan karakteritik alam yang ada di daerah tempat tinggal peserta didik
·      Membuat klasifikasi karakteristik alam yang ada didaerahnya
·      Membuat montase mengenai penduduk dan karakteristik alam di daerah tempat tinggalku
·      Membahas prilaku terpuji dalam pergaulan sehari-hari (antar teman sebaya, orang yang lebih tua, dan orang yang lebih muda) untuk menumbuhkan rasa peduli dan toleransi  

Subtema 3: Aku Bangga dengan Daerah Tempat Tinggalku (25 JP)
·      Mengamati gambar/video/film terkait keragaman daerah di Indonesia.
·      Membaca teks mengenai keragaman karakteristik alam di daerah tempat tinggal peserta didik.
·      Menuliskan karakteristik alam di daerah tempat tinggal dengan penuh rasa syukur kepada Tuhan YME.
·     Membaca teks fiksi mengenai legenda dari suatu daerah
·     Mempresentasikan  hal-hal yang menumbuhkan rasa bangga terhadap daerah berdasarkan legenda yang dibaca.
·     Melakukan percobaan dan melaporkannya untuk menunjukkan perubahan gerak akibat gaya.
·     Membaca teks informasi mengenai kependudukan (jumlah, kepadatan, persebaran) dan kegiatan ekonomi penduduk di provinsi tempat tinggal peserta didik
·     Membuat ringkasan (bisa dalam bentuk tabel) mengenai informasi kependudukan dan ekonomi di provinsinya.
·     Membuat karya seni yang menggambarkan aktivitas ekonomi di lingkungan sekitarnya dengan aplikasi dan mozaik dengan teknik menempel
·      
Bahasa Indonesia
3.9  Mencermati tokoh-tokoh yang terdapat pada teks fiksi
4.9  Menyampaikan hasil identifikasi tentang yang ingin diperjuangkan atau dipertentangkan antartokoh pada cerita fiksi
3.10 Membandingkan watak masing-masing tokoh pada teks fiksi
4.10 Menyajikan cara-cara yang dilakukan oleh tokoh cerita fiksi dalam memperjuangkan atau mempertentangkan hal-hal yang diinginkan


Teks fiksi
Ilmu Pengetahuan Alam
3.4  Memahami hubungan antara gaya dan gerak
4.4  Menyajikan hasil percobaan tentang hubungan antara gaya dan gerak
Gaya dan Gerak  

·         Pengertian gerak
·         Pengaruh gaya terhadap gerak benda.
Ilmu Pengetahuan Sosial
3.1 Mengidentifikasi karakteristik ruang dan pemanfaatan sumber daya alam untuk kesejahteraan masyarakat  dari tingkat  kota/kabupaten sampai tingkat provinsi
4.1 Menyajikan hasil identifikasi karakteristik ruang dan pemanfaatan sumber daya alam untuk kesejahteraan masyarakat  dari tingkat  kota/kabupaten sampai tingkat provinsi


·   Letak dan luas kabupaten/ kota  dan provinsi dalam peta
·   Kondisi/karak-teristik alam (iklim,  bentuk muka bumi, flora, fauna)
·   Kondisi kependudukan (jumlah, kepadatan, persebaran)
·   Kegiatan ekonomi dalam pemanfaatan sumber daya alam

Seni Budaya dan Prakarya
3.4     Mengetahui karya seni rupa teknik tempel
4.4     Membuat karya kolase, montase, aplikasi, dan mozaik

·      Teknik tempel dalam berkarya (kolase, montase, aplikasi dan mozaik)



 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar