Kamis, 08 Februari 2018

Contoh RPP kls 1 Tema 7



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
 (RPP)


Satuan Pendidikan       : SDN ........................................
Kelas / Semester           :  1 /2
Tema                            :  Benda, Hewan, dan Tanaman diSekitarku (Tema 7)
Sub Tema                     :  Benda Hidup dan Tak Hidup di Sekitarku (Sub Tema 1)
Muatan Terpadu          :  B Ind, PPKn, SBdP
Pembelajaran ke          :  1
Alokasi waktu             :  1 hari


A.    KOMPETENSI INTI
  1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
  2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
  3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan  disekolah.
  4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis, dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B.     KOMPETENSI DASAR

Muatan: Bahasa Indonesia
No
Kompetensi Dasar
3.6


Menguraikan kosakata tentang berbagai jenis benda di lingkungan sekitar melalui teks pendek (berupa gambar, slogan sederhana, tulisan, dan/atau syair lagu) dan/atau eksplorasi lingkungan
4.6

Menggunakan kosakata bahasa Indonesia dengan ejaan yang tepat dan dibantu dengan bahasa daerah mengenai berbagai jenis benda di lingkungan sekitar dalam teks tulis sederhana

Muatan: PPKn
No
Kompetensi Dasar
1.1


2.1    
Mensyukuri diterapkannya bintang, rantai, pohon beringin,kepala banteng, dan padi kapas sebagai gambar pada lambang negara “Garuda pancasila

Menunjukkan sikap patuh aturan agama yang dianut dalam kehidupan sehari-hari di rumah.

3.1


Mengenal simbol sila-sila Pancasila dalam lambang negara “Garuda Pancasila”
4.1
Menceritakan simbol-simbol sila Pancasila pada Lambang Garuda sila Pancasila.

      Muatan : SBdP
No
Kompetensi Dasar
3.2
Mengenal elemen musik melalui Lagu.
4.2
Menirukan elemen musik melalui lagu.
PPK yang dikembangkan :
• Disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran

C.    INDIKATOR
1.      Mampu membedakan panjang pendek bunyi dengan benar
2.      Mampu mempraktikkan panjang pendek bunyi dalam sebuah lagu dengan benar
3.      Mampu menunjukan kosa kata tentang berbagai jenis benda  di lingkungan sekitar secara lisan dengan tepat
4.      Mampu menujukkan kosa kata yang berkaitan dengan benda hidup dan tak hidup dengan benar
5.      Mampu menggunakan kosa kata tentang berbagai jenis benda di lingkungan sekitar secara tertulis dengan tepat
6.      Mampu menggunakan  kosa  kata tentang berbagai jenis benda di lingkungan sekitar secara tertulis dalam kalimat dengan tepat
7.      Mampu menyebutkan  simbol sila keempat Pancasila dengan benar
8.      Mampu menunjukkan simbol sila keempat Pancasila dengan benar
9.      Mampu mendeklamasikan bunyi sila kelima Pancasila

D.    TUJUAN
  1. Setelah menyanyikan lagu, siswa dapat membedakan panjang pendek bunyi dengan benar.
  2. Setelah mengamati contoh, siswa dapat mempraktikkan panjang pendek bunyi dalam sebuah lagu dengan benar.
  3. Setelah membaca teks lagu, siswa dapat menunjukan kosa kata tentang berbagai jenis benda  di lingkungan sekitar secara lisan dengan tepat.
  4. Setelah membaca teks, siswa dapat menujukkan kosa kata yang berkaitan dengan benda hidup dan tak hidup dengan benar.
  5. Melalui kegiatan identifikasi gambar benda, siswa dapat menggunakan kosa kata tentang berbagai jenis benda di lingkungan sekitar secara tertulis dengan tepat.
  6. Setelah berdiskusi, siswa dapat menggunakan  kosa  kata tentang berbagai jenis benda di lingkungan sekitar secara tertulis dalam kalimat dengan tepat.
  7. Setelah mengamati gambar lambang negara Pancasila, siswa dapat menyebutkan  simbol sila keempat Pancasila dengan benar.
  8. Setelah mengamati gambar lambang negara Pancasila, siswa dapat menunjukkan simbol sila keempat Pancasila dengan benar.
  9. Setelah mengamati contoh, siswa dapat mendeklamasikan bunyi sila kelima Pancasila.

E.     MATERI
  1. Perbedaan benda hidup dan tak hidup
  2. Panjang pendek  bunyi pada lagu Topi Saya Bundar
  3. Bunyi dan simbul ke 4 Pancasila

F.     PENDEKATAN & METODE
       Pendekatan          : Scientific
Strategi                 : Cooperative Learning
Teknik                  : Example Non Example
Metode                 : Permaianan, Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi dan Ceramah

F.     KEGIATAN  PEMBELAJARAN
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi
Waktu
Kegiatan
Pendahuluan
1.      Guru memberikan salam
2.      Kelas dilanjutkan dengan do’a dipimpin oleh salah seorang siswa. Siswa yang diminta membaca do’a adalah siswa siswa yang hari ini datang paling awal. (Menghargai kedisiplikan siswa/PPK, Relegius).
3.      Siswa diingatkan untuk selalu mengutamakan sikap disiplin setiap saat dan menfaatnya bagi tercapainya sita-cita.
4.      Menyanyikan lagu Garuda Pancasila. Guru memberikan penguatan tentang pentingnya menanamkan semangat Nasionalisme.
5.      Pembiasaan membaca 15 menit dimulai dengan guru menceritakan tentang symbol ke 4 Pancasila, cerita inspirasi dan motivasi . Sebelum membacakan buku guru menjelaskan tujuan kegiatan literasi dan mengajak siswa mendiskusikan pertanyaan-pertanyaan berikut:
·         Apa yang tergambar pada sampul buku.
·         Apa judul buku
·         Kira-kira ini menceritakan tentang apa
·         Pernahkan kamu membaca judul buku seperti ini
6.      Mengajak berdinamika dengan tepuk kompak dan lagu yang relevan.
7.      Guru menyiapkan fisik dan psikhis anak dalam mengawali kegiatan pembelajaran serta menyapa anak.
8.      Menyampaikan tujuan pembelajaran hari ini. (Comunication)
9.      Guru melakukan apersepsi. 
  • Mengidentifikasi kelengkapan seragam
  • Menyebutkan benda-benda yang digunakan saat pergi ke sekolah.
  • Salah satu atribut yang digunakan ke sekolah adalah topi.

    20
    menit
Kegiatan
Inti
Ayo Bernyanyi
1.       Mendengarkan guru menyanyikan lagu” Topi Saya Bundar”, siswa mengidentifikasi perbedaan panjang bunyi dari lagu yang diperdengarkan. Kegiatan mendengarkan juga dapat dilakukan dengan memutar lagu.
2.       Siswa mengamati guru yang memberikan contoh cara menyanyi lagu “Topi Saya Bundar.”
3.       Siswa berlatih menyanyikan lagu “Topi Saya Bundar.”
4.       Siswa memperhatikan tanda yang ada pada lirik lagu.

5.       Siswa membaca kembali teks lagu dan teks tentang benda hidup dan benda tak hidup.
6.       Siswa berdiskusi benda yang disebutkan dalam teks lagu. Selanjutnya, menentukan termasuk benda hidup atau tak hidup.
7.       Siswa berdiskusi tentang benda lain yang memiliki kesamaan dengan topi, baik kesamaan fungsi ataupun kesamaan ciri.

Ayo Berlatih
1.      Setelah mengenal perbedaan benda hidup dan tak hidup, siswa mengamati berbagai benda yang ada di sekitar. Kemudian siswa mengelompokkan ke dalam benda hidup dan tak hidup. (Creatif)
2.      Siswa mengamati berbagai gambar benda, lalu menggunting dan menempel pada tempat yang tersedia.
3.      Siswa mengidentifikasi keberadaan benda di kelas sesuai daftar yang diberikan.
4.      Siswa melengkapi kalimat sesuai dengan materi yang sedang dipelajari.
Misalnya:
Papan tulis termasuk benda tak hidup karena tidak dapat bergerak sendiri.Teman termasuk benda hidup karena dapat bergerak sendiri.Alasan yang diberikan siswa dapat beragam sesuai tingkat pemahaman siswa. Alasan dapat dibenarkan jika sesuai dan logis.

Ayo Mengamati
1.      Salah satu benda yang ada di kelas adalah lambang negara Garuda Pancasila.
2.      Lambang negara Garuda Pancasila memiliki 5 sila dengan bunyi dan lambang masing-masing.
3.      Lambang sila ke-4 adalah kepala banteng.
4.      Bunyi sila ke-4 adalah Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksaan dalam permusyawaratan/perwakilan
5.      Sebagai tambahan, bisa juga dilakukan kegiatan lomba menunjukkan atau menyusun gambar lambang negara Pancasila.

Ayo Berlatih
1.      Siswa mengamati contoh mendeklamasikan sila ke-4.
2.      Siswa mendeklamasikan bunyi sila ke-4 secara bergantian.

    150
    menit

Kegiatan
Penutup
1.      Guru dan siswa melakukan kegiatan refleksi hari itu. Dalam kegiatan refleksi guru memberikan beberapa pertanyaan berikut ini.
  • Apa yang kamu pelajari hari ini?
  • Bagaimana perasaanmu saat kegiatan
  • menyanyi, mengelompokkan benda, dan mendeklamasikan sila ke-4 Pancasila?
  • Kegiatan apa yang paling kamu sukai?
  • Informasi apa yang ingin kamu ketahui lebih lanjut?
  • Bagaimana caramu untuk mendapatkan informasi tersebut?
  • Pertanyaan yang diajukan guru pada kegiatan refleksi dapat dijawab siswa secara lisan atau tulisan. Jika guru menginginkan siswa menulis jawaban pertanyaan refleksi sebaiknya siswa memiliki sebuah buku tulis khusus untuk refleksi.
2.      Kegiatan kelas diakhiri dengan berdoa bersama sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing dipimpin oleh salah satu siswa petugas piket.
    10
    menit

G.    SUMBER DAN  MEDIA
1.      Buku Pedoman Guru Tema 5 Kelas 1 dan Buku Siswa Tema 7 Kelas 1 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2017).
2.      Buku siswa.
3.      Berbagai gambar benda hidup dan tak hidup.
4.      Gunting dan lem.

H.    PENILAIAN
Penilaian terhadap proses dan hasil pembelajaran dilakukan oleh guru untuk mengukur tingkat pencapaian kompetensi peserta didik. Hasil penilaian digunakan sebagai bahan penyusunan laporan kemajuan hasil belajar dan memperbaiki proses pembelajaran. Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan  sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan  dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian sebagai berikut.

1.      Penilaian Sikap
a.       Lembar Observasi Penilaian Sikap Spiritual
BS  : Baik Sekali
PB  : Perlu Bimbingan


b.      Lembar Observasi Penilaian Sikap Sosial
BS  : Baik Sekali
PB  : Perlu Bimbingan

2.      Penilaian Pengetahuan :
Tes tertulis: Skor
a.       Mengisi titik-titik sesuai dengan pernyataan yang benar.
Jumlah soal: 2 buah
Skor maksimal: 100
Skor setiap jawaban: 50
Kunci Jawaban : bisa beragam sesuai pemahaman siswa.
Contoh:
Papan tulis termasuk benda tak hidup karena tidak dapat bergerak sendiri.
Kucing termasuk benda hidup karena dapat bergerak sendiri.
b.      Pengelompokan benda hidup dan benda tak hidup.
Jumlah soal : 10 buah
Skor Maksimal : 100
Kunci Jawaban


3.      Penilaian Keterampilan:
a.    Penilaian: Unjuk Kerja
Rubrik Penilaian Menyanyi untuk Membedakan Panjang dan Pendek Bunyi.



b.    Penilaian: Unjuk Kerja
Rubrik Penilaian Mendeklamasikan Bunyi Sila ke-4 Pancasila.


Mengetahui
Kepala Sekolah,



………………………………
NIP. …………………………
…………………,    ...............
Guru Kelas 1  ,



………………………………
NIP………………………….


   RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
 (RPP)

Satuan Pendidikan      : SDN ...............................................
Kelas / Semester          :  1 /2
Tema                           :  Benda, Hewan, dan Tanaman diSekitarku (Tema 7)
Sub Tema                    :  Benda Hidup dan Tak Hidup di Sekitarku (Sub Tema 1)
Muatan Terpadu          :  Bahasa Indonesia, PJOK
Pembelajaran ke          :  2
Alokasi waktu             :  1 hari

A.    KOMPETENSI INTI
  1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
  2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
  3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan  disekolah.
  4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis, dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B.     KOMPETENSI DASAR
Muatan: Bahasa Indonesia
No
Kompetensi Dasar
3.6


Menguraikan kosakata tentang berbagai jenis benda di lingkungan sekitar melalui teks pendek (berupa gambar, slogan sederhana, tulisan, dan/atau syair lagu) dan/atau eksplorasi lingkungan.
4.6

Menggunakan kosakata bahasa Indonesia dengan ejaan yang tepat dan dibantu dengan bahasa daerah mengenai berbagai jenis benda di lingkungan sekitar dalam teks tulis sederhana

Muatan: PJOK
No
Kompetensi
3.6
Memahami gerak dasar lokomotor dan non-lokomotor sesuai dengan irama (ketukan) tanpa/dengan musik dalam aktivitas gerak berirama.
4.6
Mempraktikkan gerak dasar lokomotor dan non-lokomotor sesuai dengan irama (ketukan) tanpa/dengan musik dalam aktivitas gerak berirama

C.    INDIKATOR
1.      Mampu menemukan makna  kata benda hidup dan tak hidup saat membandingkan benda hidup dan tak hidup berdasarkan ciri-ciri yang ditemui dengan benar
2.      Mampu menggunakan makna kata benda hidup dan tak hidup secara tertulis melalui kegiatan menulis sambung dengan rapi
3.      Mampu menjelaskan gerak dasar berjalan sesuai irama dengan benar
4.      Mampu mempraktikkan gerak dasar berjalan sesuai irama dengan benar

D.    TUJUAN
  1. Setelah membaca teks, siswa dapat menemukan makna  kata benda hidup dan tak hidup saat membandingkan benda hidup dan tak hidup berdasarkan ciri-ciri yang ditemui dengan benar.
  2. Setelah mengamati gambar, siswa menggunakan makna kata benda hidup dan tak hidup secara tertulis melalui kegiatan menulis sambung dengan rapi.
  3. Setelah mengamati teks, siswa dapat menjelaskan gerak dasar berjalan sesuai irama dengan benar.
  4. Setelah mengamati contoh, siswa dapat mempraktikkan gerak dasar berjalan sesuai irama dengan benar.

E.     MATERI
  1. Ciri benda hidup dapat bergerak
  2. Cara berjalan dan berlari

F.     PENDEKATAN & METODE
       Pendekatan          : Scientific
Strategi                 : Cooperative Learning
Teknik                  : Example Non Example
Metode                 : Permaianan, Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi dan Ceramah

G.    KEGIATAN  PEMBELAJARAN
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi
Waktu
Kegiatan
Pendahuluan
1.      Guru memberikan salam
2.      Kelas dilanjutkan dengan do’a dipimpin oleh salah seorang siswa. Siswa yang diminta membaca do’a adalah siswa siswa yang hari ini datang paling awal. (Menghargai kedisiplikan siswa/PPK,Relegius).
3.      Siswa diingatkan untuk selalu mengutamakan sikap disiplin setiap saat dan menfaatnya bagi tercapainya sita-cita.
4.      Menyanyikan lagu nasional. Guru memberikan penguatan tentang pentingnya menanamkan semangat Nasionalisme.
5.      Pembiasaan membaca 15 menit dimulai dengan guru menceritakan tentang cirri benda hidup , cerita inspirasi dan motivasi . Sebelum membacakan buku guru menjelaskan tujuan kegiatan literasi dan mengajak siswa mendiskusikan pertanyaan-pertanyaan berikut:
·         Apa yang tergambar pada sampul buku.
·         Apa judul buku
·         Kira-kira ini menceritakan tentang apa
·         Pernahkan kamu membaca judul buku seperti ini
6.      Guru menginformasikan kegiatan yang akan dilakukan pada hari itu. (Comunication)
7.      Guru menginformasikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah kegiatan pembelajaran dilaksanakan.
8.      Guru melakukan apersepsi dengan melakukan salah satu kegiatan berikut yaitu tanya jawab,  mengulas kembali beberapa hal tentang kegiatan sebelumnya membedakan benda hidup dan benda tak hidup.
    20
    menit
Kegiatan
Inti
Ayo Mengamati
1.      Siswa membaca teks tentang benda hidup dan benda tak hidup.
2.       Siswa mendiskusikan berbagai ciri benda hidup berdasarkan teks yang dibaca. (Colaboratif)
3.       Siswa mengamati gambar kucing dan kursi.

Ayo Berlatih
1.      Siswa membandingkan kucing dan kursi berdasarkan ciri-ciri makhluk hidup yang sudah diketahuinya.
Ayo Berlatih
1.      Siswa berlatih menyalin tulisan sesuai contoh.
2.      Banyaknya tulisan yang harus dibuat disesuaikan dengan kemampuan siswa.
3.      Siswa yang sudah mandiri dan memiliki kemampuan baik dalam menulis diberi tugas menulis lebih banyak daripada siswa yang masih perlu bimbingan.
Ayo Mengamati
1.      Siswa berdiskusi tentang ciri benda hidup dapat bergerak.
2.      Benda hidup bergerak dengan berbagai cara.  Ada yang berjalan, berlari, terbang, dan lain-lain.
3.      Tumbuhan adalah makhluk hidup. Tumbuhan tidak berpindah tempat. Arah tumbuh dari tumbuhan selalu mengarah ke sinar matahari. Dahannya akan bergerak menuju arah sinar matahari.
4.      Benda tak hidup juga ada yang dapat bergerak sendiri dan berpindah tempat. Benda tak hidup dapat bergerak biasanya karena bantuanmesin. Contoh benda tak hidup yang dapat bergerak adalah mobil-mobilan.
Ayo Mencoba
1.      Manusia adalah benda hidup. Manusia bergerak dengan cara berjalan dan berlari.
2.      Siswa berlatih mempraktikkan gerak berlari dan berjalan.
3.      Gerak berjalan.
  • Sikap awal berdiri tegak dan pandangan ke depan.
  • Tangan kanan dan kiri dikepalkan di samping badan.
  • Berjalanlah seperti biasa dengan lengan diayun di samping badan.
  • Berjalanlah mengikuti irama hitungan 1, 2, 3, dan 4.
4.      Setelah berjalan, lakukan gerak berlari.
5.      Saat perpindahan gerak berjalan ke berlari, lakukan secara perlahan.
6.      Gerak berlari.
  • Badan sedikit dicondongkan.
  • Lakukan ayunan kaki lebih tinggi.
  • Gerakan kaki dipercepat dari gerak berjalan.
7.      Siswa melakukan gerakan kombinasi berjalan dan berlari.
8.      Berjalan dan berlari sesuai irama hitungan.
9.      Lakukan gerakan berjalan untuk hitungan 1, 2, 3, dan 4.
10.   Lakukan gerakan berlari untuk hitungan 5, 6, 7, dan 8.
    150
    menit

Kegiatan
Penutup
Refleksi
1.      Guru dan siswa melakukan kegiatan refleksi hari itu. Dalam kegiatan refleksi guru memberikan beberapa pertanyaan berikut ini.
  • Apa yang kamu pelajari hari ini?
  • Bagaimana perasaanmu saat membandingkan dua jenis benda, mempraktikkan gerak berjalan, gerak berlari, dan gerak kombinasi berjalan dan berlari?
  • Kegiatan apa yang paling kamu sukai?
  • Informasi apa yang ingin kamu ketahui lebih lanjut?
  • Bagaimana caramu untuk mendapatkan informasi tersebut?
  •  Pertanyaan yang diajukan guru pada kegiatan refleksi dapat dijawab siswa secara lisan atau tulisan. Jika guru menginginkan siswa menulis jawaban pertanyaan refleksi sebaiknya siswa memiliki sebuah buku tulis khusus untuk refleksi.
2.      Kegiatan kelas diakhiri dengan berdoa bersama sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing dipimpin oleh salah satu siswa petugas piket.
    15
    menit


H.    SUMBER DAN  MEDIA
1.      Buku Pedoman Guru Tema 5 Kelas 1 dan Buku Siswa Tema 7 Kelas 1 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2017).
2.      Buku siswa
3.      Kapur tulis atau tali untuk membuat batasan lintasan gerak berlari dan berjalan,
4.      Peluit

I.       PENILAIAN
Penilaian terhadap proses dan hasil pembelajaran dilakukan oleh guru untuk mengukur tingkat pencapaian kompetensi peserta didik. Hasil penilaian digunakan sebagai bahan penyusunan laporan kemajuan hasil belajar dan memperbaiki proses pembelajaran. Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan  sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan  dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian sebagai berikut.

1.      Pengamatan Sikap
a.       Lembar Observasi Penilaian Sikap Spiritual
BS  : Baik Sekali
PB  : Perlu Bimbingan


b.      Lembar Observasi Penilaian Sikap Sosial
BS  : Baik Sekali
PB  : Perlu Bimbingan

2.      Penilaian Pengetahuan :
a.       Membandingkan kucing dan kursi.
Jawaban dapat sesuai dengan pengetahuan dan pemahaman siswa, tetapi tetap sesuai dengan ciri-ciri gambar dan benda hidup dan tak hidup.
Siswa minimal membandingkan dua ciri. Jika kedua ciri yang dijelaskan benar dapat mendapat nilai 100. Jika hanya 1 ciri nilainya 50.
Contoh jawaban
Kursi berkaki 4. Kucing berkaki 4.
Kursi tidak dapat bergerak sendiri, kucing dapat bergerak sendiri,
Warna kursi cokelat dan kuning, warna kucing hitam.
Kursi tidak melawan jika dimainkan, kucing dapat melawan jika diganggu.



3.      Penilaian Keterampilan:
c.    Penilaian Unjuk Kerja Menulis Sambung

d.   Penilaian: Observasi (Pengamatan)
Instrumen Observasi Berbentuk Lembar Pengamatan Berjalan dan Berlari


Mengetahui
Kepala Sekolah,



………………………………
NIP. …………………………
…………………,    ...............
Guru Kelas 1  ,



………………………………
NIP………………………….

Tidak ada komentar:

Posting Komentar