RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SDN ........................................
Kelas / Semester : 1 /2
Tema : Benda, Hewan, dan Tanaman diSekitarku (Tema 7)
Sub Tema : Benda Hidup dan Tak Hidup di Sekitarku
(Sub Tema 1)
Muatan Terpadu : B Ind, PPKn, SBdP
Pembelajaran ke :
1
Alokasi waktu : 1 hari
A. KOMPETENSI INTI
- Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
- Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
- Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan disekolah.
- Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis, dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
B. KOMPETENSI DASAR
Muatan: Bahasa Indonesia
|
No
|
Kompetensi
Dasar
|
|
3.6
|
Menguraikan kosakata tentang berbagai jenis benda di lingkungan sekitar
melalui teks pendek (berupa gambar, slogan sederhana, tulisan, dan/atau syair
lagu) dan/atau eksplorasi lingkungan
|
|
4.6
|
Menggunakan kosakata bahasa Indonesia dengan ejaan yang tepat dan dibantu
dengan bahasa daerah mengenai berbagai jenis benda di lingkungan sekitar
dalam teks tulis sederhana
|
Muatan: PPKn
|
No
|
Kompetensi Dasar
|
|
1.1
2.1
|
Mensyukuri diterapkannya bintang, rantai, pohon beringin,kepala
banteng, dan padi kapas sebagai gambar pada lambang negara “Garuda pancasila
Menunjukkan sikap patuh aturan agama yang dianut dalam kehidupan
sehari-hari di rumah.
|
|
3.1
|
Mengenal simbol sila-sila Pancasila dalam lambang negara “Garuda
Pancasila”
|
|
4.1
|
Menceritakan simbol-simbol sila Pancasila pada Lambang Garuda sila
Pancasila.
|
Muatan : SBdP
|
No
|
Kompetensi Dasar
|
|
3.2
|
Mengenal elemen musik melalui Lagu.
|
|
4.2
|
Menirukan elemen musik melalui lagu.
|
PPK yang dikembangkan :
• Disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran
C.
INDIKATOR
1.
Mampu membedakan
panjang pendek bunyi dengan benar
2.
Mampu mempraktikkan
panjang pendek bunyi dalam sebuah lagu dengan benar
3.
Mampu menunjukan
kosa kata tentang berbagai jenis benda
di lingkungan sekitar secara lisan dengan tepat
4.
Mampu menujukkan
kosa kata yang berkaitan dengan benda hidup dan tak hidup dengan benar
5.
Mampu menggunakan
kosa kata tentang berbagai jenis benda di lingkungan sekitar secara tertulis
dengan tepat
6.
Mampu menggunakan kosa
kata tentang berbagai jenis benda di lingkungan sekitar secara tertulis
dalam kalimat dengan tepat
7.
Mampu menyebutkan simbol sila keempat Pancasila dengan benar
8.
Mampu menunjukkan
simbol sila keempat Pancasila dengan benar
9.
Mampu mendeklamasikan
bunyi sila kelima Pancasila
D.
TUJUAN
- Setelah menyanyikan lagu, siswa dapat membedakan panjang pendek bunyi dengan benar.
- Setelah mengamati contoh, siswa dapat mempraktikkan panjang pendek bunyi dalam sebuah lagu dengan benar.
- Setelah membaca teks lagu, siswa dapat menunjukan kosa kata tentang berbagai jenis benda di lingkungan sekitar secara lisan dengan tepat.
- Setelah membaca teks, siswa dapat menujukkan kosa kata yang berkaitan dengan benda hidup dan tak hidup dengan benar.
- Melalui kegiatan identifikasi gambar benda, siswa dapat menggunakan kosa kata tentang berbagai jenis benda di lingkungan sekitar secara tertulis dengan tepat.
- Setelah berdiskusi, siswa dapat menggunakan kosa kata tentang berbagai jenis benda di lingkungan sekitar secara tertulis dalam kalimat dengan tepat.
- Setelah mengamati gambar lambang negara Pancasila, siswa dapat menyebutkan simbol sila keempat Pancasila dengan benar.
- Setelah mengamati gambar lambang negara Pancasila, siswa dapat menunjukkan simbol sila keempat Pancasila dengan benar.
- Setelah mengamati contoh, siswa dapat mendeklamasikan bunyi sila kelima Pancasila.
E. MATERI
- Perbedaan benda hidup dan tak hidup
- Panjang pendek bunyi pada lagu Topi Saya Bundar
- Bunyi dan simbul ke 4 Pancasila
F. PENDEKATAN & METODE
Pendekatan : Scientific
Strategi :
Cooperative Learning
Teknik :
Example Non Example
Metode :
Permaianan, Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi dan Ceramah
F.
KEGIATAN PEMBELAJARAN
|
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
|
Kegiatan
Pendahuluan
|
1.
Guru
memberikan salam
2.
Kelas dilanjutkan dengan do’a dipimpin oleh salah seorang
siswa. Siswa yang diminta membaca do’a adalah siswa siswa yang hari ini
datang paling awal. (Menghargai
kedisiplikan siswa/PPK, Relegius).
3. Siswa diingatkan
untuk selalu mengutamakan sikap disiplin
setiap saat dan menfaatnya bagi tercapainya sita-cita.
4. Menyanyikan
lagu Garuda Pancasila. Guru
memberikan penguatan tentang pentingnya menanamkan semangat Nasionalisme.
5.
Pembiasaan membaca 15 menit dimulai dengan
guru menceritakan tentang symbol ke 4 Pancasila, cerita inspirasi dan
motivasi . Sebelum membacakan buku guru menjelaskan tujuan kegiatan literasi dan mengajak siswa mendiskusikan
pertanyaan-pertanyaan berikut:
·
Apa yang tergambar pada sampul buku.
·
Apa judul buku
·
Kira-kira ini menceritakan tentang apa
·
Pernahkan kamu membaca judul buku seperti ini
6.
Mengajak
berdinamika dengan tepuk kompak dan lagu yang relevan.
7.
Guru
menyiapkan fisik dan psikhis anak dalam mengawali kegiatan pembelajaran serta
menyapa anak.
8. Menyampaikan tujuan pembelajaran hari
ini. (Comunication)
9.
Guru
melakukan apersepsi.
|
20
menit
|
|
Kegiatan
Inti
|
Ayo
Bernyanyi
1.
Mendengarkan
guru menyanyikan lagu” Topi Saya Bundar”, siswa mengidentifikasi perbedaan
panjang bunyi dari lagu yang diperdengarkan. Kegiatan mendengarkan juga dapat
dilakukan dengan memutar lagu.
2.
Siswa
mengamati guru yang memberikan contoh cara menyanyi lagu “Topi Saya Bundar.”
3.
Siswa
berlatih menyanyikan lagu “Topi Saya Bundar.”
4.
Siswa
memperhatikan tanda yang ada pada lirik lagu.
5.
Siswa
membaca kembali teks lagu dan teks tentang benda hidup dan benda tak hidup.
6.
Siswa
berdiskusi benda yang disebutkan dalam teks lagu. Selanjutnya, menentukan
termasuk benda hidup atau tak hidup.
7.
Siswa
berdiskusi tentang benda lain yang memiliki kesamaan dengan topi, baik
kesamaan fungsi ataupun kesamaan ciri.
Ayo
Berlatih
1.
Setelah mengenal perbedaan benda hidup dan tak hidup, siswa mengamati
berbagai benda yang ada di sekitar. Kemudian siswa mengelompokkan ke dalam
benda hidup dan tak hidup. (Creatif)
2. Siswa mengamati berbagai gambar benda,
lalu menggunting dan menempel pada tempat yang tersedia.
3. Siswa mengidentifikasi keberadaan benda
di kelas sesuai daftar yang diberikan.
4. Siswa melengkapi kalimat sesuai dengan
materi yang sedang dipelajari.
Misalnya:
Papan
tulis termasuk benda tak hidup karena tidak dapat bergerak sendiri.Teman
termasuk benda hidup karena dapat bergerak sendiri.Alasan yang diberikan
siswa dapat beragam sesuai tingkat pemahaman siswa. Alasan dapat dibenarkan
jika sesuai dan logis.
Ayo
Mengamati
1. Salah satu benda yang ada di kelas
adalah lambang negara Garuda Pancasila.
2. Lambang negara Garuda Pancasila memiliki
5 sila dengan bunyi dan lambang masing-masing.
3. Lambang sila ke-4 adalah kepala banteng.
4. Bunyi sila ke-4 adalah Kerakyatan yang
dipimpin oleh hikmat kebijaksaan dalam permusyawaratan/perwakilan
5. Sebagai tambahan, bisa juga dilakukan kegiatan
lomba menunjukkan atau menyusun gambar lambang negara Pancasila.
Ayo
Berlatih
1. Siswa mengamati contoh mendeklamasikan
sila ke-4.
2. Siswa mendeklamasikan bunyi sila ke-4
secara bergantian.
|
150
menit
|
|
|
||
|
Kegiatan
Penutup
|
1. Guru dan siswa melakukan
kegiatan refleksi hari itu. Dalam kegiatan refleksi guru memberikan beberapa
pertanyaan berikut ini.
2. Kegiatan kelas diakhiri
dengan berdoa bersama sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing
dipimpin oleh salah satu siswa petugas piket.
|
10
menit
|
G.
SUMBER DAN MEDIA
1.
Buku Pedoman Guru Tema
5 Kelas 1 dan Buku Siswa Tema 7 Kelas 1 (Buku Tematik
Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta:
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2017).
2.
Buku siswa.
3.
Berbagai gambar benda
hidup dan tak hidup.
4.
Gunting dan lem.
H. PENILAIAN
Penilaian
terhadap proses dan hasil pembelajaran dilakukan oleh guru untuk mengukur
tingkat pencapaian kompetensi peserta didik. Hasil penilaian digunakan sebagai
bahan penyusunan laporan kemajuan hasil belajar dan memperbaiki proses
pembelajaran. Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan
sikap, tes pengetahuan dan presentasi
unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian sebagai berikut.
1.
Penilaian Sikap
a.
Lembar Observasi Penilaian Sikap Spiritual
BS : Baik Sekali
PB : Perlu Bimbingan
b.
Lembar Observasi Penilaian Sikap Sosial
BS : Baik Sekali
PB : Perlu Bimbingan
2.
Penilaian Pengetahuan :
Tes tertulis: Skor
a.
Mengisi titik-titik sesuai dengan pernyataan yang benar.
Jumlah soal: 2 buah
Skor maksimal: 100
Skor setiap jawaban: 50
Kunci Jawaban : bisa beragam sesuai pemahaman siswa.
Contoh:
Papan tulis termasuk benda tak hidup karena tidak dapat bergerak sendiri.
Kucing termasuk benda hidup karena dapat bergerak sendiri.
b.
Pengelompokan benda hidup dan benda tak hidup.
Jumlah soal : 10 buah
Skor Maksimal : 100
Kunci Jawaban
3. Penilaian Keterampilan:
a.
Penilaian: Unjuk Kerja
Rubrik Penilaian Menyanyi untuk Membedakan Panjang dan Pendek Bunyi.
b. Penilaian: Unjuk Kerja
Rubrik
Penilaian Mendeklamasikan Bunyi Sila ke-4 Pancasila.
|
Mengetahui
Kepala Sekolah,
………………………………
NIP. …………………………
|
…………………,
...............
Guru Kelas 1
,
………………………………
NIP………………………….
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SDN
...............................................
Kelas / Semester : 1 /2
Tema : Benda, Hewan, dan Tanaman
diSekitarku (Tema
7)
Sub Tema :
Benda Hidup dan Tak Hidup di Sekitarku (Sub Tema 1)
Muatan Terpadu :
Bahasa Indonesia, PJOK
Pembelajaran ke :
2
Alokasi waktu : 1 hari
A. KOMPETENSI INTI
- Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
- Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
- Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan disekolah.
- Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis, dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
B. KOMPETENSI DASAR
Muatan: Bahasa Indonesia
|
No
|
Kompetensi
Dasar
|
|
3.6
|
Menguraikan kosakata tentang berbagai jenis benda di lingkungan sekitar
melalui teks pendek (berupa gambar, slogan sederhana, tulisan, dan/atau syair
lagu) dan/atau eksplorasi lingkungan.
|
|
4.6
|
Menggunakan kosakata bahasa Indonesia dengan ejaan yang tepat dan dibantu
dengan bahasa daerah mengenai berbagai jenis benda di lingkungan sekitar
dalam teks tulis sederhana
|
Muatan: PJOK
|
No
|
Kompetensi
|
|
3.6
|
Memahami gerak
dasar lokomotor dan non-lokomotor sesuai dengan irama (ketukan) tanpa/dengan
musik dalam aktivitas gerak berirama.
|
|
4.6
|
Mempraktikkan
gerak dasar lokomotor dan non-lokomotor sesuai dengan irama (ketukan)
tanpa/dengan musik dalam aktivitas gerak berirama
|
C.
INDIKATOR
1.
Mampu menemukan
makna kata benda hidup dan tak hidup
saat membandingkan benda hidup dan tak hidup berdasarkan ciri-ciri yang ditemui
dengan benar
2.
Mampu menggunakan
makna kata benda hidup dan tak hidup secara tertulis melalui kegiatan menulis
sambung dengan rapi
3.
Mampu menjelaskan
gerak dasar berjalan sesuai irama dengan benar
4.
Mampu mempraktikkan
gerak dasar berjalan sesuai irama dengan benar
D.
TUJUAN
- Setelah membaca teks, siswa dapat menemukan makna kata benda hidup dan tak hidup saat membandingkan benda hidup dan tak hidup berdasarkan ciri-ciri yang ditemui dengan benar.
- Setelah mengamati gambar, siswa menggunakan makna kata benda hidup dan tak hidup secara tertulis melalui kegiatan menulis sambung dengan rapi.
- Setelah mengamati teks, siswa dapat menjelaskan gerak dasar berjalan sesuai irama dengan benar.
- Setelah mengamati contoh, siswa dapat mempraktikkan gerak dasar berjalan sesuai irama dengan benar.
E. MATERI
- Ciri benda hidup dapat bergerak
- Cara berjalan dan berlari
F. PENDEKATAN & METODE
Pendekatan : Scientific
Strategi :
Cooperative Learning
Teknik :
Example Non Example
Metode :
Permaianan, Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi dan Ceramah
G.
KEGIATAN PEMBELAJARAN
|
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
|
Kegiatan
Pendahuluan
|
1. Guru memberikan salam
2. Kelas
dilanjutkan dengan do’a dipimpin oleh salah seorang siswa. Siswa yang diminta
membaca do’a adalah siswa siswa yang hari ini datang paling awal. (Menghargai kedisiplikan siswa/PPK,Relegius).
3. Siswa diingatkan
untuk selalu mengutamakan sikap disiplin
setiap saat dan menfaatnya bagi tercapainya sita-cita.
4. Menyanyikan
lagu nasional. Guru memberikan
penguatan tentang pentingnya menanamkan semangat Nasionalisme.
5. Pembiasaan
membaca 15 menit dimulai dengan guru menceritakan tentang cirri benda hidup ,
cerita inspirasi dan motivasi . Sebelum membacakan buku guru menjelaskan
tujuan kegiatan literasi dan
mengajak siswa
mendiskusikan pertanyaan-pertanyaan berikut:
·
Apa yang tergambar pada sampul buku.
·
Apa judul buku
·
Kira-kira ini menceritakan tentang apa
·
Pernahkan kamu membaca judul buku seperti ini
6.
Guru menginformasikan kegiatan yang akan dilakukan pada hari itu. (Comunication)
7. Guru menginformasikan tujuan
pembelajaran yang akan dicapai setelah kegiatan pembelajaran dilaksanakan.
8. Guru melakukan apersepsi dengan
melakukan salah satu kegiatan berikut yaitu tanya jawab, mengulas kembali beberapa hal tentang
kegiatan sebelumnya membedakan benda hidup dan benda tak hidup.
|
20
menit
|
|
Kegiatan
Inti
|
Ayo Mengamati
1. Siswa
membaca teks tentang benda hidup dan benda tak hidup.
2.
Siswa mendiskusikan berbagai ciri benda hidup berdasarkan
teks yang dibaca. (Colaboratif)
3. Siswa
mengamati gambar kucing dan kursi.
Ayo Berlatih
1. Siswa
membandingkan kucing dan kursi berdasarkan ciri-ciri makhluk hidup yang sudah
diketahuinya.
Ayo Berlatih
1. Siswa
berlatih menyalin tulisan sesuai contoh.
2.
Banyaknya
tulisan yang harus dibuat disesuaikan dengan kemampuan siswa.
3.
Siswa
yang sudah mandiri dan memiliki kemampuan baik dalam menulis diberi tugas
menulis lebih banyak daripada siswa yang masih perlu bimbingan.
Ayo
Mengamati
1. Siswa berdiskusi tentang ciri benda
hidup dapat bergerak.
2. Benda hidup bergerak dengan berbagai
cara. Ada yang berjalan, berlari, terbang, dan lain-lain.
3. Tumbuhan adalah makhluk hidup. Tumbuhan
tidak berpindah tempat. Arah tumbuh dari tumbuhan selalu mengarah ke sinar
matahari. Dahannya akan
bergerak menuju arah sinar matahari.
4. Benda tak hidup juga ada yang dapat
bergerak sendiri dan berpindah tempat. Benda tak hidup dapat bergerak
biasanya karena bantuanmesin. Contoh benda tak hidup yang dapat bergerak
adalah mobil-mobilan.
Ayo
Mencoba
1. Manusia adalah benda hidup. Manusia
bergerak dengan cara berjalan dan berlari.
2. Siswa berlatih mempraktikkan gerak
berlari dan berjalan.
3. Gerak berjalan.
4. Setelah berjalan, lakukan gerak berlari.
5. Saat perpindahan gerak berjalan ke
berlari, lakukan secara perlahan.
6. Gerak berlari.
7. Siswa melakukan gerakan kombinasi
berjalan dan berlari.
8. Berjalan dan berlari sesuai irama
hitungan.
9. Lakukan gerakan berjalan untuk hitungan
1, 2, 3, dan 4.
10. Lakukan gerakan berlari untuk hitungan 5, 6,
7, dan 8.
|
150
menit
|
|
|
||
|
Kegiatan
Penutup
|
Refleksi
1.
Guru dan siswa melakukan
kegiatan refleksi hari itu. Dalam kegiatan refleksi guru memberikan beberapa
pertanyaan berikut ini.
2. Kegiatan kelas diakhiri
dengan berdoa bersama sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing
dipimpin oleh salah satu siswa petugas piket.
|
15
menit
|
H.
SUMBER DAN MEDIA
1.
Buku Pedoman Guru Tema
5 Kelas 1 dan Buku Siswa Tema 7 Kelas 1 (Buku Tematik
Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2017).
2.
Buku siswa
3.
Kapur tulis atau tali
untuk membuat batasan lintasan gerak berlari dan berjalan,
4.
Peluit
I. PENILAIAN
Penilaian
terhadap proses dan hasil pembelajaran dilakukan oleh guru untuk mengukur
tingkat pencapaian kompetensi peserta didik. Hasil penilaian digunakan sebagai
bahan penyusunan laporan kemajuan hasil belajar dan memperbaiki proses
pembelajaran. Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan
sikap, tes pengetahuan dan presentasi
unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian sebagai berikut.
1.
Pengamatan Sikap
a.
Lembar Observasi Penilaian Sikap Spiritual
BS : Baik Sekali
PB : Perlu Bimbingan
b.
Lembar Observasi Penilaian Sikap Sosial
BS : Baik Sekali
PB : Perlu Bimbingan
2.
Penilaian Pengetahuan :
a.
Membandingkan kucing dan kursi.
Jawaban dapat sesuai dengan pengetahuan dan pemahaman siswa, tetapi tetap
sesuai dengan ciri-ciri gambar dan benda hidup dan tak hidup.
Siswa minimal membandingkan dua ciri. Jika kedua ciri yang dijelaskan benar
dapat mendapat nilai 100. Jika hanya 1 ciri nilainya 50.
Contoh jawaban
Kursi berkaki 4. Kucing berkaki 4.
Kursi tidak dapat bergerak sendiri, kucing dapat bergerak sendiri,
Warna kursi cokelat dan kuning, warna kucing hitam.
Kursi tidak melawan jika dimainkan, kucing dapat melawan jika diganggu.
3. Penilaian Keterampilan:
c. Penilaian Unjuk Kerja Menulis Sambung
d. Penilaian: Observasi
(Pengamatan)
Instrumen
Observasi Berbentuk Lembar Pengamatan Berjalan dan Berlari
|
Mengetahui
Kepala Sekolah,
………………………………
NIP. …………………………
|
…………………,
...............
Guru Kelas 1
,
………………………………
NIP………………………….
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar