SILABUS KURIKULUM 2013
A. Kelas I
Tema 7 : Benda, Hewan, dan Tanaman di Sekitarku
Alokasi waktu :
104 jam pelajaran
|
Mata Pelajaran dan Kompetensi Dasar
|
Materi Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
|
Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
1.1. Menerima gambar (bintang segi lima, rantai, pohon
beringin, kepala banteng, dan padi kapas) pada lambang negara “Garuda
Pancasila”
2.1 Bersikap positif terhadap gambar pada lambang
negara “Garuda Pancasila”
3.1 Memahami
gambar pada lambang negara “Garuda Pancasila”
4.1 Menceritakan gambar pada lambang negara “Garuda
Pancasila”
1.2 Menun jukkan sikap mematuhi aturan yang berlaku dalam kehidupan
sehari-hari di rumah
2.2 Melaksanakan aturan yang berlaku dalam kehidupan
sehari-hari di rumah
3.2 Mengurutkan aturan yang berlaku dalam kehidupan
sehari-hari di rumah
4.2 Melakukan kegiatan sesuai
dengan aturan yang berlaku dalam
kehidupan sehari-hari di rumah
1.4
Menunjukkan sikap kerjasama dalam
suasana keberagaman di rumah
2.4
Bekerjasama dalam keberagaman di rumah
3.4
Menggambarkan bentuk kerjasama dalam
keberagaman di rumah
4.4 Menceritakan pengalaman
kerjasama dalam keberagaman di rumah
|
·
gambar (bintang segi
lima, rantai, pohon beringin, kepala banteng, dan padi kapas) pada lambang
negara “Garuda Pancasila”
· aturan
di rumah
· keberagaman
karakteristik individu
· bentuk
kerjasama dalam keberagaman
|
Subtema 1: Benda Hidup dan Benda Tak
Hidup di Sekitarku (26 jam pelajaran)
·
mengelompokkan benda hidup dan benda
tak hidup di dalam kelas dan luar kelas
·
menggunting, menempelkan, dan memasukkan
gambar ke kotak sesuai dengan kelompok benda hidup dan benda tak hidup
·
mengelompokkan benda dan manfaatnya
serta nama dan lambang bilangan 61-80
sesuai dengan aturan
·
menentukan gambar benda hidup dan benda
tak hidup dengan cara menghubungkan bilangan 61-80 secara berurutan
·
menyebutkan angka 61-80 bersama dan
menuliskan nama bilangan pada papan tulis dengan dibantu guru
·
bermain dengan cara menentukan pasangan
nama dan lambang bilangan 61-80,
·
mengurutkan angka mulai dari yang
terkecil dan dari yang terbesar
·
menebak benda dengan menghubungkan
bilangan 61-80 secara berurutan
·
mengerjakan latihan pada buku siswa
·
membaca wacana di buku siswa tentang
tokoh yang bermain boneka dan tokoh yang bermain bersama hewan peliharaan
·
mendengarkan penjelasan guru mengenai:
perbedaan perlakuan yang diberikan tokoh pada benda kesayangannya, perbedaan
benda hidup dan benda tak hidup
·
mendiskusikan tentang persamaan,
perbedaan, dan perbandingan kursi dan kucing dengan huruf tegak bersambung
kursi dan kucing,
·
menceritakan pengalaman melihat langit
pada malam hari kemudian mendengarkan penjelasan tentang jenis benda yang ada
di langit
·
mengamati guru menyanyikan lagu dengan
gerakan badan kemudian membaca, menghafal teks lagu Bintang Kecil, dan menyanyikan lagu dengan bergerak sesuai isi
lagu
·
bermain melempar gulungan kertas
·
mendengar penjelasan guru mengenai ciri
benda hidup yang mampu bergerak sendiri untuk berpindah tempat atau
menanggapi rangsangan
·
mengamati gambar dan teks di buku siswa
tentang benda hidup yang dapat berpindah sendiri
·
bermain melempar dan menangkap bola
serta mempraktikkan gerak lempar tangkap bola sambil berlari menyamping
·
mendengar penjelasan guru mengenai garis bilangan, kemudian membuat
garis dan menuliskan bilangan dari 61-80
·
bermain dengan cara berdiri dan
bergerak 5 langkah sesuai yang dituju
·
menyimpulkan benda hidup yang dapat
bergerak sendiri dan benda tak hidup yang tidak dapat bergerak sendiri
·
berdiskusi tentang pentingnya makanan
dan minuman
·
mendengarkan penjelasan guru mengenai
perbedaan pertanaman yang terjadi pada makhluk hidup
·
mengamati gambar di buku siswa,
menuliskan cerita sesuai dengan gambar, dan menyampaikan hasil tulisannya
·
menyimpulkan sikap yang harus ditiru
dan tidak boleh ditiru
·
menjawab pertanyaan di buku
·
memahami cara mengukur berat badan dan
tinggi badan
·
mengamati gambar anak yang sedang
berenang dan gambar seorang anak laki-laki yang sedang membantu mengeluarkan
anak kucing dari karung
·
berdiskusi mengapa benda hidup
memerlukan udara untuk bernafas
·
berlatih pernafasan di kolam renang
atau di darat
·
melakukan pernafasan dengan duduk di
tepi kolam dan menggerak-gerakkan kaki atau berlari mengelilingi lapangan
sebanyak dua kali
·
berlatih menarik nafas lalu membuang
melalui hidung
·
mendengarkan teks desktiptif dari guru
tentang kebutuhan udara bagi benda hidup
Subtema 2:
Hewan di Sekitarku ( 26 jam
pelajaran)
·
mendengar penjelasan guru mengenai
jenis-jenis hewan di sekitar dan menjawab pertanyaan guru mengenai hewan yang
disukai
·
menjelaskan perawatan pada hewan
peliharaan dan menceritakan hewan kesukaannya
·
mendengarkan penjelasan guru tentang
syair lagu Kucingku Belang Tiga
·
membaca syair, menghafalkan, dan
menyanyikan lagu Kucingku Belang Tiga
·
mengamati gambar hewan dan menirukan
guru membaca teks
·
berdiskusi dan tanya jawab mengenai
nama binatang, cara bergerak, suara, dan tempat hidupnya
·
bermain dengan kartu bergambar hewan
kemudian mengelompokkan hewan sesuai dengan tempat hidupnya
·
membandingkan hewan berdasarkan ukuran
badan
·
mendengarkan cerita yang dibacakan oleh
guru dari buku siswa tentang Pergi ke
Kebun Binatang
·
Berdiskusi mengenai cerita serta sikap
dan peraturan yang harus diikuti saat berkunjung ke kebun binatang
·
menuliskan dan menyampaikan hasil
diskusi
·
bermain mempraktikkan tiga gerak hewan,
yaitu berlari seperti kuda, lompat kelinci, dan berdiri satu kaki seperti
burung bangau
·
mendiskusikan perasaan mereka ketika
mempraktikkan gerak hewan
·
mengamati guru membaca puisi kemudian
mengikuti membaca puisi secara bertahap
·
membaca puisi dengan gaya dan intonasi
sendiri di depan kelas
·
menyelesaikan soal penjumlahan cara
bersusun ke bawah
·
mewarnai dan menggunting berbagai pola
binatang laut lalu ditempelkan pada sebuah batang sehingga menjadi wayang
hewan
·
berlatih hitung mundur dan
menyelesaikan soal pengurangan
·
mewarnai gambar sesuai instruksi
·
mengelompokkan gambar hewan dengan
menggunting dan menempel
·
mendengar penjelasan guru tentang
manfaat hewan dan peternakan
·
berdiskusi mengenai manfaat hewan dan
asal makan yang disantapnya
·
mengamati guru tentang soal cerita
penjumlahan dan pengurangan tentang hasil ternak
·
menyelesaikan soal penjumlahan dan
pengurangan
·
menjawab pertanyaan guru tentang
binatang buas
·
melakukan gerakan gajah
Subtema 3:
Tumbuhan
di Sekitarku(26 jam pelajaran)
·
mengamati
tentang tanaman sebagai bagian dari benda hidup di buku siswa dan lingkungan
sekitar
·
berdiskusi
mengenai perbedaan tanaman dengan makhluk hidup lainnya berdasarkan ciri-ciri
fisik yang dimilikinya (akar, batang, daun, bunga, buah, biji)
·
mengamati
dan memasangkan kartu yang berisi nama bagian tanaman dengan gambar pada
poster
·
mengindentifikasi
dan mengelompokkan tanaman berdasarkan ciri-ciri khusus yang dimilikinya,
seperti bunga, daun, biji, atau akarnya dengan bantuan guru
·
tanya
jawab tentang contoh-contoh tanaman buah, sayur, dan hias
·
mengamati
guru menyanyikan lagu Pepaya Mangga
Pisang Jambu
·
membaca syair lagu, menghafal, dan
menyanyikan lagu Pepaya Mangga Pisang Jambu
·
mengerjakan
soal latihan
·
mengamati
grafik gambar tentang buah kesukaan pada buku siswa
·
mewawancarai
10 orang teman tentang jenis tanaman di pekarangan rumah masing-masing
·
menghitung
(hasil wawancara) jumlah teman yang memiliki tanaman ke dalam grafik gambar
pada buku siswa, dengan menempelkan pada setiap kolom
·
menyampaikan
hasil wawancara di depan teman-temannya
·
berdiskusi
tentang beberapa contoh tanaman buah, hias, dan sayur yang mungkin belum
dikenal
·
menceritakan/menggambar
bentuk dan ciri-ciri pohon buah
·
mengerjakan
latihan
·
mendengarkan
cerita guru tentang merawat tanaman atau membaca wacana pada buku siswa
tentang kegiatan merawat tanaman
·
berdiskusi
mengenai apa aja aturan dalam merawat tanaman agar tanaman dapat tumbuh subur
·
menuliskan
apa saja kemungkinan yang dapat terjadi jika tanaman tidak dirawat dengan
baik
·
mempraktikkan
secara langsung aturan dan cara merawat tanaman yang ada di sekolah
·
mendengar penjelasan guru bahwa tanaman
berkembang biak dengan biji dan tunas
·
mengamati, mengidentifikasi, dan
menyebutkan berbagai jenis biji berdasar bentuk, warna, ukuran, dan ciri
lainnya
·
mengamati guru mengenai langkah-langkah
melakukan percobaan (teks deskriptif petunjuk percobaan)
·
melakukan percobaan tentang pertanaman
dan tanaman/proses perkembangbiakan tanaman
·
mengamati selama beberapa hari untuk
melihat tahapan proses pertanaman pada tanaman
·
menggambarkan dan mencatat hasil pengamatannya
setiap hari dalam tabel
·
menuliskan kesimpulan dari hasil
pengamatannya tentang proses perkembangbiakan pada tanaman dengan dibimbing
oleh guru
·
mengurutkan gambar, memberi nomor,
menggunting, dan merekatkan jaring-jaring kubus sehingga menjadi sebuah buku
yang berbentuk kubus.
·
menghias dan mewarnai gambar pada buku
kubus
·
menceritakan gambar-gambar yang
terdapat pada buku kubus
·
mengamati sepasang tempurung/batok
kelapa yang sudah dilubangi dan diberi tali pengikat
·
menjawab pertanyaan guru tentang asal
tempurung dan menyebutkan nama/bagian tanaman yang menghasilkan tempurung
·
mengamati contoh cara melakukan
permaian “berjalan dan berlari di atas tempurung kelapa”
·
berlatih permainan dengan batok kelapa
dan melakukan perlombaan
·
mengamati penjelasan guru tentang
manfaat tanaman bagi manusia sebagai sumber oksigen, sumber makanan dan
menjadi obat-obatan
·
membaca teks deskriptif dan
menebalkan/menyalin kalimat dengan huruf tegak bersambung
·
berdiskusi tentang bagian tanaman yang
dapat diolah menjadi makanan dan jenis tanaman yang jarang ditemui namun bisa
dijadikan sumber makanan
·
megamati dan menjelaskan tentang daun
·
menjiplak, menempelkan, dan mengarsir
permukaan daun
·
menciptakan pola tertentu dengan
menggabungkan beberapa jenis daun
·
menunjukkan dan menjelaskan hasil karya
·
mengamati gambar dan lingkungan sekitar
tentang tanaman darat dan tanaman air
·
mengelompokkan kartu tanaman
berdasarkan tempat tinggalnya
·
membuat dan menganalisis grafik gambar
tentang jumlah tanaman darat dan air
·
melakukan permainan tradisional “lompat
bambu”
·
menyebutkan beberapa aturan dalam
permainan
·
berdiskusi dan menuliskan manfaat
pentingnya aturan dalam permainan dan akibat yang dapat timbul jika tidak
patuh pada aturan
·
membuat cerita bergambar tentang anak
yang mematuhi dan tidak mematuhi aturan
·
mengamati guru menggambar diagram
tentang bagian-bagian tanaman, yang dibutuhkan, dan dihasilkan oleh tanaman
·
menempelkan kartu-kartu kata pada kolom
yang paling sesuai
·
membuat dan melengkapi bagan di kertas
dengan tulisan yang indah dan rapi
·
menempelkan hasil karya
Subtema 4:
Bentuk,
Warna, Ukuran, dan Permukaan Benda (26 jam pelajaran)
·
menyebutkan mainan yang paling disukai
dan alasannya
·
membandingkan kedua benda yang disukai
·
menemukan persamaan, perbedaan, dan
membandingkan berdasarkan warna, bentuk, fungsi, ukuran, permukaan kasar atau
lembut, dan kategori benda mati atau benda hidup
·
berdiskusi apabila benda berwarna,
berbentuk, atau berukuran sama
·
mengelompokkan gambar mainan pada buku
sesuai dengan ciri-ciri yang dimilikinya
·
menunjukkan berbagai benda dengan
berbagai ukuran dan bentuk
·
menyusun dan merapikan benda berdasarkan
ukuran atau warnanya sehingga tampak rapi
·
menyampaikan alasan penyusunan benda
tersebut
·
memilih cara penyusunan mana yang
paling rapi
·
mendengar penjelasan guru mengenai
perbedaan harga mainan
·
mendengar penjelasan guru mengenai nama
dan nilai mata uang
·
mengurutkan benda berdasarkan harga
·
bermain jual beli
·
membaca, menghafal, dan menyanyikan
lagu Pelangi
·
menyebutkan warna pelangi sesuai
nyanyian
·
berlatih menulis huruf tegak bersambung
·
menyusun huruf menjadi kata dan
mengelompokkan benda sesuai persamaan warna yang dimiliki
·
mengamati bentuk dan jumlah lantai
ruang kelas
·
menghitung jumlah ubin disekitar area
tempat
|
|
Bahasa Indonesia
3.6 Memahami kosakata tentang berbagai jenis
benda di lingkungan sekitar melalui teks pendek (berupa gambar, slogan
sederhana, tulisan, dan/atau syair lagu)
4.6 Menggunakan kosakata bahasa Indonesia dan
ejaan yang tepat berbagai jenis benda di lingkungan sekitar dalam teks tulis
sederhana
3.7 Memahami
kosakata yang berkaitan dengan peristiwa siang dan malam melalui teks
pendek (gambar, tulisan, dan/atau syair lagu)
4.7 Menyampaikan penjelasan dengan kosakata Bahasa Indonesia dan ejaan
yang tepat peristiwa siang dan malam dalam teks tulis dan gambar
3.8 Memahami ungkapan penyampaian terima kasih,
permintaan maaf, tolong, dan pemberian pujian, ajakan, pemberitahuan,
perintah, dan petunjuk kepada orang lain dengan menggunakan bahasa yang
santun secara lisan dan tulisan yang dapat dibantu dengan kosakata bahasa
daerah
4.8 Mengucapkan ungkapan terima kasih,
permintaan maaf, tolong, dan pemberian pujian, dengan menggunakan bahasa yang
santun kepada orang lain secara lisan
dan tulis
|
·
kosakata
tentang berbagai jenis benda di lingkungan sekitar
·
kosakata
yang berkaitan dengan peristiwa siang dan malam melalui teks pendek
·
ungkapan
penyampaian terima kasih, permintaan maaf, tolong, dan pemberian pujian,
ajakan, pemberitahuan, perintah, dan petunjuk kepada orang lain dengan
menggunakan bahasa yang santun secara lisan dan tulisan yang dapat dibantu
dengan kosakata bahasa daerah
·
|
|
|
Matematika
3.1 Menjelaskan makna bilangan
cacah sampai dengan 99 sebagai banyak anggota suatu kumpulan objek
4.1 Menyajikan
bilangan cacah sampai dengan 99 yang bersesuaian dengan banyak anggota
kumpulan objek yang disajikan
3.2 Menjelaskan bilangan sampai dua angka dan nilai tempat penyusun
lambang bilangan menggunakan kumpulan benda konkret serta cara membacanya
4.2 Menuliskan lambang bilangan sampai dua angka yang menyatakan banyak
anggota suatu kumpulan objek dengan ide nilai tempat
3.3
Membandingkan dua bilangan sampai dua angka dengan menggunakan kumpulan
benda-benda konkret
4.3 Mengurutkan bilangan
3.4 Menjelaskan dan melakukan penjumlahan dan
pengurangan bilangan yang melibatkan bilangan cacah sampai dengan 99 dalam
kehidupan sehari-hari serta mengaitkan penjumlahan dan pengurangan
4.4 Menyelesaikan masalah kehidupan sehari-hari yang berkaitan
dengan penjumlahan dan pengurangan
bilangan yang melibatkan bilangan
cacah sampai dengan 99
3.8 Mengenal dan menentukan panjang
dan berat dengan satuan tidak baku menggunakan benda/situasi konkret
4.8 Melakukan pengukuran panjang dan berat
dalam satuan tidak baku dengan
menggunakan benda/situasi konkret
|
·
Bilangan
cacah sampai dengan 99
·
bilangan
sampai dua angka dan nilai tempat penyusun lambang bilangan
·
opersi
hitung penjumlahan dan pengurangan bilangan yang melibatkan bilangan cacah
sampai dengan 99
·
pola
bilangan yang berkaitan dengan kumpulan benda/gambar/gerakan atau lainnya
·
bangun
ruang dan bangun datar dengan menggunakan berbagai benda konkret
·
bangun
datar yang dapat disusun membentuk pola pengubinan
·
panjang
dan berat dengan satuan tidak baku menggunakan benda/situasi konkret
|
|
|
Seni Budaya dan Prakarya
3.1 Mengenal
karya ekspresi dua dan tiga dimensi
4.1 Membuat
karya ekspresi dua dan tiga dimensi
3.2 Mengenal elemen musik melalui lagu
4.2 Menirukan elemen musik melalui lagu
3.3 Mengenal
gerak anggota tubuh melalui tari
4.3 Meragakan gerak
anggota tubuh melalui tari
3.4 Mengenal bahan alam dalam berkarya
4.4 Membuat karya dari bahan alam
|
· karya
ekspresi dua dan tiga dimensi
· elemen musik
· Gerak anggota tubuh
· bahan alam
dalam berkarya
|
|
|
Pendidikan
Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan
3.6 Memahami
prosedur gerak dasar lokomotor dan non-lokomotor sesuai dengan irama
(ketukan) tanpa/dengan musik dalam aktivitas gerak berirama
4.6 Mempraktikkan gerak dasar lokomotor dan
non-lokomotor sesuai dengan irama (ketukan) tanpa/dengan musik dalam
aktivitas gerak berirama
3.7 Memahami
prosedur berbagai pengenalan aktivitas
air dan menjaga keselamatan diri/orang lain dalam
aktivitas air***
4.7 Mempraktikkan
berbagai pengenalan aktivitas air dan
menjaga keselamatan diri/orang lain dalam aktivitas air***
|
· prosedur gerak dasar lokomotor dan non-lokomotor
· berbagai pengenalan aktivitas air dan menjaga keselamatan
diri/orang lain dalam aktivitas air
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar