Rabu, 02 Januari 2013

Program pembinaan, pemantauan, pembimbingn dan pelatihan


PROGRAM PEMBINAAN, PEMANTAUAN, PENILAIAN KINERJA, PEMBIMBINGAN DAN PELATIHAN

A.   PROGRAM PEMBINAAN GURU

NO
PROGRAM
MATERI PEMBINAAN
TARGET YANG                                                       DIHARAPKAN
KETERANGAN
1
PERENCANAAN PEMBELAJARAN
a.     Program tahunan dan program semeester
b.    Silabus
c.     RPP
d.    KKM
e.     Agenda Harian Guru
a.     100 % guru pada sekolah binaan mempunyai prota dan promes dengan nilai minimal baik
b.    100 % guru dapat membuat silabus sendiri yang sesuai dengan Standar Proses minimal baik
c.     100 % guru dapat membuat RPP sesuai dengan Standar Proses minimal baik
d.    100 % guru dapat menentukan KKM sesuai dengan panduan minimal baik
e.     100 % guru dapat membuat dan menbgisi agenda hariannya yang sesuai dengan pembelajaran dalam KTSP minimal baik


a.     Evaluasi ketercapaian dengan menggunakan instrumen skala liker 1 – 4
b.    Rentang Skor
91 – 100  Baik Sekali
81 –  90   Baik
71 –  80   Cukup
< 70         Kurang
2
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Kegiatan Pembelajaran meliputi :
1.     Pendahuluan
2.     Kegiatan Inti meliputi kegiatan tatap muka, PT dan KMTT, Tatap Muka dilakukan melalui kegiatan :
·         Eksplorasi
·         Elaborasi
·         Konfirmasi
3.     Penutup
a.     100% guru dapat melaksanakan pembelajaran melalui langkah kegiatan : Pendahuluan, Inti dan Penutup
b.    100% guru dalam melaksanakan kegiatan inti meliputi kegiatan Tatap Muka, Penugasan terstruktur, dan Kegiatan Mandiri Tidak terstruktur melalui kegiatan Eksplorasi, Elaborasi dan Konfirmasi
a.     Evaluasi ketercapaian dengan menggunakan instrumen skala liker 1 – 4
b.    Rentang Skor
86 – 100  Baik Sekali
70 –  85   Baik
55 –  69   Cukup
       < 55         Kurang
( Instrumen Lampiran 8 Buku Kerja Pengawas)








NO
PROGRAM
MATERI PEMBINAAN
TARGET YANG                                                       DIHARAPKAN
KETERANGAN
3
PENILAIAN PEMBELAJARAN
a.     Tehnik Penilaian : Penilaian dilakukan melalui Tes, Penugasan Terstruktur dan Kegiatan Mandiri Tidak Terstruktur, Pengamatan (Penilaian Ahlak Mulia dan Kepribadian)
b.    Analisis Ulangan Harian
c.     Program Remedial

a.     100 % guru dapat melaksanakan penilaian melaui tes, penugasan terstruktur, Kegiatan mandiri tidak terstruktur, maupun pengamatan.
b.    100 % guru menyusun program analisis ulangan harian, remedial dan pengayaan
c.     100 % guru dapat menyusun bank soal dari kumpulan soal yang sudah di analisis






4
KEGIATAN TAMBAHAN
a.     Program bimbingan siswa
b.    Program Peningkatan Mutu Lulusan 5 kel MP
c.     Program Pengembangan Diri minat dan bakat melalui Bimbingan Karir dan Kegiatan Ekstrakurikuler
d.    Kegiatan KIR

a.     100 % guru memiliki program bimbingan siswa
b.    100 % guru dapat  membuat program peningkatan mutu lulusan 5 kelompoki mata pelajaran
c.     100% guru memiliki program pengembangan diri, minat dan bakat.




















B.   PROGRAM PEMBINAAN KEPALA SEKOLAH

NO
PROGRAM
MATERI PEMBINAAN
TARGET YANG                                                       DIHARAPKAN
KETERANGAN
1
Pengelolaan Sekolah
a.     Rencana  Kerja  Sekolah  Tahunan
( 1 tahun) dan Rencana Kerja Sekolah 4 tahun berdasarkan 8 SNP
b.    Pelaksanaan Rencana Kerja Sekolah 1 tahun dan 4 tahun berdasarkan 8 SNP
c.     Pengawasan (supervisi) dan Evaluasi kepla sekolah
d.    Kepemimpinan sekolah
e.     Sistem informasi Manajemen Sekolah

a.     Setiap sekolah binaan memiliki RKS dan RKAS berdasarkan 8 SNP
b.    Kepala sekolah binaan dapat melaksanakan RKS dan RKAS secara konsisten berdasarkan 8 SNP
c.     Kepala Sekolah memiliki program pelaksanaan dan tindak lanjut hasil supervisi
d.    Kepala Sekolah binaan dapat melaksanakan prinsip-prinsip kepemimpinan yang partisipatif dan kondisional secara efektif
e.     Sekolah dapat menerapkan sistem informasi Manejemen Sekolah berbasis TIK.

2
Rencana Keuangan Anggaran Sekolah (RKAS)
Penyusunan RKAS berdasarkan 8 SNP


a.     Setiap sekolah binaan dapat menyusun RKS dan RKAS berdasarkan analisis SWOT  serta mengacu pada 8 SNP

3
Akreditasi Sekolah
a.     Instrumen Akreditasi Sekolah dan bukti fisiknya
b.    Pelaksanaan 8 SNP yang kontinyu

a.     Sekolah binaan dapat menyiapkan bukti fifik sesuai dengan instrumen akreditasi sekolah
b.    Kepala Sekolah binaan dapat melaksanakan penyelenggaraan pendidikan mengacu 8 Standar Nasional Pendidikan












C.   PROGRAM PEMANTAUAN

NO
PROGRAM
MATERI PEMBINAAN
TARGET YANG                                                       DIHARAPKAN
KETERANGAN
1
Pengelolaan  8 SNP
1.     STANDAR ISI


a.     Sekolah memiliki Dokumen KTSP, kelengkapan struktur dan muatan KTSP
b.    Memiliki program pengembangan diri, kalender pendidikan yang disusun sesuai dengan kebutuhan daerah dan karakteristik sekolah serta mengacu pada SI
c.     Sekolah membentuk Tim Pengembang Sekolah yang dilengkapi dengan SK, uraian tugas, program kerja dan jadwal kegiatan
d.    Sekolah memiliki dokumen  hasil analisis konteks dan menyusun hasil analisis
e.     Sekolah mengkaji substansi SK/KD pada standar isi dan menjabarkannya ke dalam indikator, mengidentifikasi materi pelajaran , mengembangkan kegiatan pembelajaran, menentukan jenis penilaian dan alokasi waktu.
f.     Sekolah memliki dokumen hasil analisis pemetaan SK/KD
g.    Sekolah memiliki dan memanfaatkan berbagai panduan dan contoh silabus yang dikembangkan oleh pusat sebagai referensi  dalam menyusun silabus secara mandiri  dengan melibatkan seluruh guru untuk setiap mata pelajaran termasuk muatan lokal
h.     Sekolah memiliki silabus semua mata pelajaran semua tingkat kelas yang memuat pengalamam belajar yang luas  mencakup seluruh mata pelajaran yang dikembangkan melalui proses  penjabaran SK/KD menjadi indikator, materi pelajaran, kegiatan pembelajaran dan jenis penialaian.


NO
PROGRAM
MATERI PEMBINAAN
TARGET YANG                                                       DIHARAPKAN
KETERANGAN


2.     STANDAR KOMPETENSI LULUSAN (SKL)
a.     Sekolah memiliki kelengkapan dokumen penetapan KKM
b.    Pencapaian rata-rata KKM peserta didik per mata pelajaran
c.     SKL UN
d.    Presentase lulusan Ujian Nasional 3 tahun terakhir
e.     Persentase lulusan yang diterima di sekolah negeri yang terakreditasi



3.     STANDAR PROSES
a.     Komponen RPP terdiri atas : Indentitas mata pelajaran, SK, KD, Indikator, Tujuan pembelajaran, materi ajar, metode pembelajaran, kegiatan pembelajaran, sumber belajar dan penilaian hasil belajar
b.    RPP dikembangkan dari silabus oleh setiap guru (mencakaup satu KD yang terdiri atas satu atau beberapa indikator  untuk sekali pertemuan atau lebih)
c.     Guru mengembangkan bahan ajar dalam bentuk cetakan (Modul, hand out, LKS dll)
d.    Beban Kerja guru 24 jam per minggu
e.     Ketersediaan buku teks mata pelajaran dengan rasio satu buku per peserta didik
f.     Proses Pembelajaran guru melalui langkah-langkah pembelajaran: pembukaan, inti, penutup
g.    Pemanfaatan  alat peraga secara maksimal
h.      Memberikan bimbingan akademik dan non akademik, membantu memecahkan masalah peserta didik
i.      Memiliki Program Penilaian, remedial dan pengayaan sepanjang semester
j.      Kepala Sekolah dan Pengawas melakukan pemantauan proses pembelajaran pada tahap perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian hasil pembelajaran dengan cara diskusi kelompok terfokus, pengamatan, pencatatan, perekaman, wawancara, dan dokumentasi
k.      Kepala Sekolah dan Pengawas melakukan supervisi proses pembelajaran pada tahap perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian hasil pembelajaran dengan cara pemberian contoh, diskusi, pelatihan, dan konsultasi
l.      Sekolah melaksanakan evaluasi pembelajaran dengan cara membandingkan proses pembelajaran yang dilaksanakan guru dengan standar proses, dan mengidentifikasi kinerja guru dalam proses pembelajaran sesuai dengan kompetensi guru
m.   Guru memanfaatkan hasil penilaian pembelajaran untuk perbaikan proses pembelajaran (remedial dan pengayaan)
n.     Memberikan penguatan dan penghargaan kepada guru yang telah memenuhi standar dan teguran yang bersifat mendidik kepada guru yang belum memenuhi standar




4.     STANDAR PENDIDIK DAN TENAGA KEPENDIDIKAN
a.    76% - 100% guru berpendidikan minimal S1/DIV
b.    Guru pendidikan Agama , pendidikan jasmani mengajar sesuai dengan latar belakang pendidikannya.




5.     STANDAR SARANA DAN PRASARANA
















































6.     STANDAR PENGELOLAAN
a.     Lahan memiliki status hak tanah dan/atau memiliki izin pemanfaatan dari pemegang hak atas tanah sesuai ketentuan per undang-undangan yang berlaku
b.    Bangunan gedung dilengkapi dengan instalasi listrik  dengan daya minimum 900 Watt

c.     Melakukan pemeliharaan ringan dan berat terhadap bangunan secara berkala sesuai dengan ketentuan
d.    Memiliki ruang kelas dengan jumlah , ukuran dan sarana sesuai dengan ketentuan
e.     Memiliki ruang perpustakaan dengan luas dan sarana sesuai dengan ketentuan
f.     Memiliki buku Teks Pelajaran yang telah ditetapkan dengan Permendiknas dengan Rasio 1 buku teks/ mata pelajaran/siswa
g.    Sekolah memiliki laboratorium IPA dengan sarana yang lengkap.
h.     Sekolah memiliki Ruang pimpinan dengan luas dan sarana sesuai dengan ketentuan minimum 12 M2
i.      Sekolah memiliki Ruang Guru sebagai tempat guru bekerja dan istirahat serta menerima tamu dengan Rasio minimum 4M²/guru dan luas minimum 32 M²
j.      Tersedianya tempat ibadah dengan luas dan perlengkapan sesuai dengan ketentuan dengan luas minimum 12 M²
k.     Sekolah memiliki Ruang UKS dengan luas dan sarana sesuai dengan ketentuan. Luas minimum 12M²
l.      Sekolah memiliki jamban dengan jumlah, ukuran dan sarana sesuai dengan ketentuan.. Jumlah minimum 1 unit jamban untuk setiap 60 siswa pria dan 1 unit jamban untuk setiap 50 siswa wanita
m.   Sekolah memiliki tempat bermain/berolahraga dengan luas dan sarana sesuai dengan ketentuan yaitu 3M²/siswa
n.     Semua lahan ,bangunan/gedung, sarana dan prasarana lainnya:a) tertata rapih. b) terpelihara. c) keadaan bersih. d) nyaman dan aman.




a.     Sekolah memiliki dokumen Rencana Kerja Jangka Menengah(RJKM) empat tahunan yang disetujui melalui rapat dewan pendidik ,memperhatikan pertimbangan dari  komite sekolah, dan disyahkan oleh Dinas Pendidikan kabupaten/Kota.
b.    Sekolah memiliki Rencana Kerja Tahunan (RKT) yang dinyatakan dalam Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah (RKAS) :a) disetujui dalam rapat dewan pendidik b) memperhatikan pertimbangan dari komite sekolah dan c) disyahkan oleh dinas pendidikan kabupaten/kota
c.     Memiliki pedoman pengelolaan sekolah berupa : a) KTSP  b) Kalender Pendidikan c) Struktur Organisasi sekolah. d) SK Pembagian tugas guru. e) tata Tertib sekolah. dan f) Biaya Operasional sekolah
d.    Pelaksanaan supervisi dan pengelolaan akademik   yang dilakukan secara teratur dan berkelanjutan oleh kepala sekolah dan pengawas
e.     Melakukan evaluasi dan pengembangan KTSP




7.     STANDARPEMBIAYAAN
a.     Sekolah memiliki program kerja operasional tahunan dan upaya sekolah menggali dan mengelola serta memanfaatkan dana dari berbagai sumber.
b.    Membuat Laporan Pertanggungjawaban secara akuntabel dan transparan.



8.     SISTEM PENILAIAN
a.     Seluruh dewan guru telah melakukan penilaian hasil belajar untuk memantau proses, kemajuan, dan perbaikan hasil dalam bentuk Ulangan Harian, UTS, UAS dan UKK
b.    Tehnik penilaian dilakukan sesuai KD , terprogram dengan menggunakan tes dan non tes
c.     Guru mengolah hasil penilaian untuk mengetahui kemajuan hasil belajar dan kesulitan belajar peserta didik
d.    Menetapkan dan mendokumentasikan KKM setiap mata pelajaran , Kriteria Kenaikan Kelas dan Kriteria Kelulusan peserta didik
e.      Menentukan nilai akhir kelompok mata pelajaran agama dan ahlak mulia dan kelompok mata pelajaran kewarganegaraan dan  kepribadian melalui rapat dewan guru, mempertimbangkan hasil penilaian oleh dewan guru dan nilai hasil ujian sekolah.




























D.   PROGRAM PENILAIAN KINERJA GURU
NO
PROGRAM
MATERI PEMBINAAN
TARGET YANG                                                       DIHARAPKAN
KETERANGAN
1
Perencanaan Pembelajaran
1.     Program Tahunan
2.     Program Semester
3.     Silabus
4.     RPP
5.     KKM
6.     Agenda Harian Guru
7.     Jadwal Tatap Muka
8.     Absensi Siswa
9.     Kalender Pendidikan
10.  Buku Nilai

v  90 %  dari jumlah guru pada sekolah binaan mempunyai adminstrasi perencanaan pembelajaran yang sesuai dengan kTSP

2
Pelaksanaan Pembelajaran
1.     Pendahuluan
2.     Kegiatan Inti melalui Tatap Muka, Penugasan Terstruktur dan Kegiatan Mandiri Tidaka terstruktur kegiatan tatap muka dilakukan melalui :
·         EKSPLORASI
·         ELABORASI
·         KONFIRMASI
3.     Penutup

v  90 % dari jumlah guru pada sekolah binaan dapat melaksanakan pembelajaran yang seuai dengan standar proses dengan baik
a.     Evaluasi ketercapaian dengan menggunakan instrumen skala liker 1 – 4
b.    Rentang Skor
86 – 100  Baik Sekali
70 –  85   Baik
55 –  69   Cukup
       < 55         Kurang
( Instrumen Lampiran 8 Buku Kerja Pengawas)

3
Penilaian Hasil Pembelajaran
1.     Daftar Nilai sesuai dengan Standar Penilaian
2.     Melakukan tes dengan Ulangan harian,UTS,UAS/UKK
3.     Melakukan penilaian Ahlak Mulia dan Kepribadian
4.     Melakukan penilaian Psikomotorik
5.     Melakukan Analisis Ulangan Harian
6.     Remedial dan Pengayaan
7.     Instrumen tes setiap KD
8.     Bank Soal
9.     Kartu Soal
10.  Analisis Penilaian.
v  90  % dari jumlah guru pada sekolah binaan mempunyai administrasi yang sesuai dengan standar penilaian


NO
PROGRAM
MATERI PEMBINAAN
TARGET YANG                                                       DIHARAPKAN
KETERANGAN
4
Tugas Tambahan
1.     Melatih dan membimbing siswa dalam Remedial dan Pengayaan
2.     Membimbing siswa dalam Pengembangan Diri melalui BK dan Kegiatan Ekstrakurikuler
3.     Kegiatan KIR
v  90 % dari jumlah guru pada sekolah binaan mempunyai program bimbingan  remedial dan pengayaan































E.    PROGRAM PENILAIAN KINERJA  KEPALA SEKOLAH (Tugas Pokok Kepala Sekolah)
NO
PROGRAM
MATERI PEMBINAAN
TARGET YANG                                                       DIHARAPKAN
KETERANGAN
1
Pengelolaan  Sekolah
1.     Rencana Kerja Sekolah 1 tahun dan Rencana Kerja Sekolah 4 tahun berdasarkan 8 SNP
2.     Pelaksanaan Rencana Kerja Sekolah
3.     Pengawasan dan Evaluasi
4.     Kepemimpinan Sekolah
5.     Sistem informasi sekolah

v  100 % kepala sekolah binaan mampu mengelola sekolah  sesuai 8 SNP

2
Pelaksanaan Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran meliputi :
1.     Pendahuluan
2.     Kegiatan Inti meliputi kegiatan tatap muka, PT dan KMTT, Tatap Muka dilakukan melalui kegiatan :
·         Eksplorasi
·         Elaborasi
·         Konfirmasi
3.     Penutup
v  100% kepala sekolah binaan  dalam melaksanakan tugasnya sebagai guru dapat melaksanakan pembelajaran  yang sesuai dengan standar proses dengan baik.

3
Penilaian Hasil Belajar
1.     Daftar Nilai sesuai dengan standar penilaian
2.     Melakukan tes dengan ulangan harian, UTS,UAS/UKK
3.     Melakukan penilaian Ahlak Mulia dan Kepribadian
4.     Melakukan penilaian Psikomotorik
5.     Melakukan Analisis Ulangan Harian
6.     Remedial dan Pengayaan
7.     Instrumen tes setiap KD
8.     Bank Soal
9.     Kartu Soal
10.  Analisis Penialian
v  100% kepala sekolah binaan dalam melaksanakan tugasnya sebagai guru mempunyai administrasi hasil pembelajaran yang seuai dengan Standar Penilaian


Tidak ada komentar:

Posting Komentar