PROGRAM PEMBINAAN,
PEMANTAUAN, PENILAIAN KINERJA, PEMBIMBINGAN DAN PELATIHAN
A. PROGRAM
PEMBINAAN GURU
|
NO
|
PROGRAM
|
MATERI PEMBINAAN
|
TARGET YANG
DIHARAPKAN
|
KETERANGAN
|
|
1
|
PERENCANAAN
PEMBELAJARAN
|
a.
Program tahunan dan program semeester
b.
Silabus
c.
RPP
d.
KKM
e.
Agenda Harian Guru
|
a.
100 % guru pada sekolah binaan mempunyai prota dan
promes dengan nilai minimal baik
b.
100 % guru dapat membuat silabus sendiri yang sesuai
dengan Standar Proses minimal baik
c.
100 % guru dapat membuat RPP sesuai dengan Standar
Proses minimal baik
d.
100 % guru dapat menentukan KKM sesuai dengan panduan
minimal baik
e.
100 % guru dapat membuat dan menbgisi agenda hariannya
yang sesuai dengan pembelajaran dalam KTSP minimal baik
|
a.
Evaluasi ketercapaian dengan menggunakan instrumen
skala liker 1 – 4
b.
Rentang Skor
91
– 100 Baik Sekali
81
– 90
Baik
71
– 80
Cukup
<
70 Kurang
|
|
2
|
PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
|
Kegiatan
Pembelajaran meliputi :
1.
Pendahuluan
2.
Kegiatan Inti meliputi kegiatan tatap muka, PT dan
KMTT, Tatap Muka dilakukan melalui kegiatan :
·
Eksplorasi
·
Elaborasi
·
Konfirmasi
3.
Penutup
|
a.
100% guru dapat melaksanakan pembelajaran melalui
langkah kegiatan : Pendahuluan, Inti dan Penutup
b.
100% guru dalam melaksanakan kegiatan inti meliputi
kegiatan Tatap Muka, Penugasan terstruktur, dan Kegiatan Mandiri Tidak
terstruktur melalui kegiatan Eksplorasi, Elaborasi dan Konfirmasi
|
a.
Evaluasi ketercapaian dengan menggunakan instrumen
skala liker 1 – 4
b.
Rentang Skor
86
– 100 Baik Sekali
70
– 85
Baik
55
– 69
Cukup
< 55 Kurang
(
Instrumen Lampiran 8 Buku Kerja Pengawas)
|
|
NO
|
PROGRAM
|
MATERI PEMBINAAN
|
TARGET YANG
DIHARAPKAN
|
KETERANGAN
|
|
3
|
PENILAIAN
PEMBELAJARAN
|
a. Tehnik
Penilaian : Penilaian dilakukan melalui Tes, Penugasan Terstruktur dan
Kegiatan Mandiri Tidak Terstruktur, Pengamatan (Penilaian Ahlak Mulia dan
Kepribadian)
b. Analisis
Ulangan Harian
c. Program
Remedial
|
a. 100
% guru dapat melaksanakan penilaian melaui tes, penugasan terstruktur,
Kegiatan mandiri tidak terstruktur, maupun pengamatan.
b. 100
% guru menyusun program analisis ulangan harian, remedial dan pengayaan
c. 100
% guru dapat menyusun bank soal dari kumpulan soal yang sudah di analisis
|
|
|
4
|
KEGIATAN
TAMBAHAN
|
a. Program
bimbingan siswa
b. Program
Peningkatan Mutu Lulusan 5 kel MP
c. Program
Pengembangan Diri minat dan bakat melalui Bimbingan Karir dan Kegiatan
Ekstrakurikuler
d. Kegiatan
KIR
|
a. 100
% guru memiliki program bimbingan siswa
b. 100
% guru dapat membuat program peningkatan
mutu lulusan 5 kelompoki mata pelajaran
c. 100%
guru memiliki program pengembangan diri, minat dan bakat.
|
|
B. PROGRAM
PEMBINAAN KEPALA SEKOLAH
|
NO
|
PROGRAM
|
MATERI PEMBINAAN
|
TARGET YANG
DIHARAPKAN
|
KETERANGAN
|
|
1
|
Pengelolaan
Sekolah
|
a. Rencana
Kerja Sekolah Tahunan
( 1 tahun) dan Rencana Kerja Sekolah 4
tahun berdasarkan 8 SNP
b. Pelaksanaan
Rencana Kerja Sekolah 1 tahun dan 4 tahun berdasarkan 8 SNP
c. Pengawasan
(supervisi) dan Evaluasi kepla sekolah
d. Kepemimpinan
sekolah
e. Sistem
informasi Manajemen Sekolah
|
a.
Setiap sekolah binaan memiliki RKS dan RKAS berdasarkan
8 SNP
b.
Kepala sekolah binaan dapat melaksanakan RKS dan RKAS
secara konsisten berdasarkan 8 SNP
c.
Kepala Sekolah memiliki program pelaksanaan dan tindak
lanjut hasil supervisi
d.
Kepala Sekolah binaan dapat melaksanakan
prinsip-prinsip kepemimpinan yang partisipatif dan kondisional secara efektif
e.
Sekolah dapat menerapkan sistem informasi Manejemen
Sekolah berbasis TIK.
|
|
|
2
|
Rencana
Keuangan Anggaran Sekolah (RKAS)
|
Penyusunan
RKAS berdasarkan 8 SNP
|
a.
Setiap sekolah binaan dapat menyusun RKS dan RKAS
berdasarkan analisis SWOT serta
mengacu pada 8 SNP
|
|
|
3
|
Akreditasi
Sekolah
|
a.
Instrumen Akreditasi Sekolah dan bukti fisiknya
b.
Pelaksanaan 8 SNP yang kontinyu
|
a.
Sekolah binaan dapat menyiapkan bukti fifik sesuai
dengan instrumen akreditasi sekolah
b.
Kepala Sekolah binaan dapat melaksanakan
penyelenggaraan pendidikan mengacu 8 Standar Nasional Pendidikan
|
|
C. PROGRAM
PEMANTAUAN
|
NO
|
PROGRAM
|
MATERI PEMBINAAN
|
TARGET YANG
DIHARAPKAN
|
KETERANGAN
|
|
1
|
Pengelolaan 8 SNP
|
1. STANDAR
ISI
|
a.
Sekolah memiliki Dokumen KTSP, kelengkapan struktur dan
muatan KTSP
b.
Memiliki program pengembangan diri, kalender pendidikan
yang disusun sesuai dengan kebutuhan daerah dan karakteristik sekolah serta
mengacu pada SI
c.
Sekolah membentuk Tim Pengembang Sekolah yang
dilengkapi dengan SK, uraian tugas, program kerja dan jadwal kegiatan
d.
Sekolah memiliki dokumen hasil analisis konteks dan menyusun hasil
analisis
e.
Sekolah mengkaji substansi SK/KD pada standar isi dan
menjabarkannya ke dalam indikator, mengidentifikasi materi pelajaran ,
mengembangkan kegiatan pembelajaran, menentukan jenis penilaian dan alokasi
waktu.
f.
Sekolah memliki dokumen hasil analisis pemetaan SK/KD
g.
Sekolah memiliki dan memanfaatkan berbagai panduan dan
contoh silabus yang dikembangkan oleh pusat sebagai referensi dalam menyusun silabus secara mandiri dengan melibatkan seluruh guru untuk setiap
mata pelajaran termasuk muatan lokal
h.
Sekolah memiliki silabus semua mata pelajaran semua
tingkat kelas yang memuat pengalamam belajar yang luas mencakup seluruh mata pelajaran yang
dikembangkan melalui proses penjabaran
SK/KD menjadi indikator, materi pelajaran, kegiatan pembelajaran dan jenis
penialaian.
|
|
|
NO
|
PROGRAM
|
MATERI PEMBINAAN
|
TARGET YANG
DIHARAPKAN
|
KETERANGAN
|
|
|
|
2. STANDAR
KOMPETENSI LULUSAN (SKL)
|
a.
Sekolah memiliki kelengkapan dokumen penetapan KKM
b.
Pencapaian rata-rata KKM peserta didik per mata
pelajaran
c.
SKL UN
d.
Presentase lulusan Ujian Nasional 3 tahun terakhir
e.
Persentase lulusan yang diterima di sekolah negeri yang
terakreditasi
|
|
|
|
|
3.
STANDAR PROSES
|
a.
Komponen RPP terdiri atas : Indentitas mata pelajaran,
SK, KD, Indikator, Tujuan pembelajaran, materi ajar, metode pembelajaran,
kegiatan pembelajaran, sumber belajar dan penilaian hasil belajar
b.
RPP dikembangkan dari silabus oleh setiap guru (mencakaup
satu KD yang terdiri atas satu atau beberapa indikator untuk sekali pertemuan atau lebih)
c.
Guru mengembangkan bahan ajar dalam bentuk cetakan
(Modul, hand out, LKS dll)
d.
Beban Kerja
guru 24 jam per minggu
e.
Ketersediaan
buku teks mata pelajaran dengan rasio satu buku per peserta didik
f.
Proses
Pembelajaran guru melalui langkah-langkah pembelajaran: pembukaan, inti,
penutup
g.
Pemanfaatan alat peraga secara maksimal
h.
Memberikan
bimbingan akademik dan non akademik, membantu memecahkan masalah peserta
didik
i.
Memiliki Program Penilaian, remedial dan
pengayaan sepanjang semester
j.
Kepala Sekolah dan Pengawas melakukan pemantauan
proses pembelajaran pada tahap perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian hasil
pembelajaran dengan cara diskusi kelompok terfokus, pengamatan, pencatatan,
perekaman, wawancara, dan dokumentasi
k.
Kepala Sekolah dan Pengawas
melakukan supervisi proses pembelajaran pada tahap perencanaan, pelaksanaan,
dan penilaian hasil pembelajaran dengan cara pemberian contoh, diskusi,
pelatihan, dan konsultasi
l.
Sekolah melaksanakan evaluasi pembelajaran dengan
cara membandingkan proses pembelajaran yang dilaksanakan guru dengan standar
proses, dan mengidentifikasi kinerja guru dalam proses pembelajaran sesuai
dengan kompetensi guru
m.
Guru memanfaatkan hasil penilaian pembelajaran
untuk perbaikan proses pembelajaran (remedial dan pengayaan)
n.
Memberikan penguatan dan penghargaan kepada guru
yang telah memenuhi standar dan teguran yang bersifat mendidik kepada guru
yang belum memenuhi standar
|
|
|
|
|
4.
STANDAR PENDIDIK DAN TENAGA KEPENDIDIKAN
|
a. 76% - 100% guru berpendidikan minimal S1/DIV
b. Guru pendidikan Agama , pendidikan jasmani mengajar sesuai
dengan latar belakang pendidikannya.
|
|
|
|
|
5.
STANDAR SARANA DAN PRASARANA
6.
STANDAR PENGELOLAAN
|
a.
Lahan
memiliki status hak tanah dan/atau memiliki izin pemanfaatan dari pemegang
hak atas tanah sesuai ketentuan per undang-undangan yang berlaku
b.
Bangunan
gedung dilengkapi dengan instalasi listrik
dengan daya minimum 900 Watt
c.
Melakukan
pemeliharaan ringan dan berat terhadap bangunan secara berkala sesuai dengan
ketentuan
d.
Memiliki
ruang kelas dengan jumlah , ukuran dan sarana sesuai dengan ketentuan
e.
Memiliki
ruang perpustakaan dengan luas dan sarana sesuai dengan ketentuan
f.
Memiliki buku
Teks Pelajaran yang telah ditetapkan dengan Permendiknas dengan Rasio 1 buku
teks/ mata pelajaran/siswa
g.
Sekolah
memiliki laboratorium IPA dengan sarana yang lengkap.
h.
Sekolah
memiliki Ruang pimpinan dengan luas dan sarana sesuai dengan ketentuan
minimum 12 M2
i.
Sekolah
memiliki Ruang Guru sebagai tempat guru bekerja dan istirahat serta menerima
tamu dengan Rasio minimum 4M²/guru dan luas minimum 32 M²
j.
Tersedianya
tempat ibadah dengan luas dan perlengkapan sesuai dengan ketentuan dengan
luas minimum 12 M²
k.
Sekolah
memiliki Ruang UKS dengan luas dan sarana sesuai dengan ketentuan. Luas
minimum 12M²
l.
Sekolah
memiliki jamban dengan jumlah, ukuran dan sarana sesuai dengan ketentuan..
Jumlah minimum 1 unit jamban untuk setiap 60 siswa pria dan 1 unit jamban
untuk setiap 50 siswa wanita
m.
Sekolah
memiliki tempat bermain/berolahraga dengan luas dan sarana sesuai dengan
ketentuan yaitu 3M²/siswa
n.
Semua lahan
,bangunan/gedung, sarana dan prasarana lainnya:a) tertata rapih. b)
terpelihara. c) keadaan bersih. d) nyaman dan aman.
a.
Sekolah
memiliki dokumen Rencana Kerja Jangka Menengah(RJKM) empat tahunan yang
disetujui melalui rapat dewan pendidik ,memperhatikan pertimbangan dari komite sekolah, dan disyahkan oleh Dinas
Pendidikan kabupaten/Kota.
b.
Sekolah
memiliki Rencana Kerja Tahunan (RKT) yang dinyatakan dalam Rencana Kegiatan
dan Anggaran Sekolah (RKAS) :a) disetujui dalam rapat dewan pendidik b)
memperhatikan pertimbangan dari komite sekolah dan c) disyahkan oleh dinas
pendidikan kabupaten/kota
c.
Memiliki
pedoman pengelolaan sekolah berupa : a) KTSP b) Kalender Pendidikan c) Struktur Organisasi
sekolah. d) SK Pembagian tugas guru. e) tata Tertib sekolah. dan f) Biaya
Operasional sekolah
d.
Pelaksanaan
supervisi dan pengelolaan akademik
yang dilakukan secara teratur dan berkelanjutan oleh kepala sekolah
dan pengawas
e.
Melakukan
evaluasi dan pengembangan KTSP
|
|
|
|
|
7.
STANDARPEMBIAYAAN
|
a.
Sekolah
memiliki program kerja operasional tahunan dan upaya sekolah menggali dan
mengelola serta memanfaatkan dana dari berbagai sumber.
b.
Membuat
Laporan Pertanggungjawaban secara akuntabel dan transparan.
|
|
|
|
|
8.
SISTEM PENILAIAN
|
a.
Seluruh dewan
guru telah melakukan penilaian hasil belajar untuk memantau proses, kemajuan,
dan perbaikan hasil dalam bentuk Ulangan Harian, UTS, UAS dan UKK
b.
Tehnik
penilaian dilakukan sesuai KD , terprogram dengan menggunakan tes dan non tes
c.
Guru mengolah
hasil penilaian untuk mengetahui kemajuan hasil belajar dan kesulitan belajar
peserta didik
d.
Menetapkan
dan mendokumentasikan KKM setiap mata pelajaran , Kriteria Kenaikan Kelas dan
Kriteria Kelulusan peserta didik
e.
Menentukan nilai akhir kelompok mata
pelajaran agama dan ahlak mulia dan kelompok mata pelajaran kewarganegaraan
dan kepribadian melalui rapat dewan
guru, mempertimbangkan hasil penilaian oleh dewan guru dan nilai hasil ujian
sekolah.
|
|
D. PROGRAM
PENILAIAN KINERJA GURU
|
NO
|
PROGRAM
|
MATERI PEMBINAAN
|
TARGET YANG
DIHARAPKAN
|
KETERANGAN
|
|
1
|
Perencanaan
Pembelajaran
|
1.
Program Tahunan
2.
Program Semester
3.
Silabus
4.
RPP
5.
KKM
6.
Agenda Harian Guru
7.
Jadwal Tatap Muka
8.
Absensi Siswa
9.
Kalender Pendidikan
10.
Buku Nilai
|
v
90 % dari jumlah
guru pada sekolah binaan mempunyai adminstrasi perencanaan pembelajaran yang
sesuai dengan kTSP
|
|
|
2
|
Pelaksanaan
Pembelajaran
|
1.
Pendahuluan
2.
Kegiatan Inti melalui Tatap Muka, Penugasan Terstruktur
dan Kegiatan Mandiri Tidaka terstruktur kegiatan tatap muka dilakukan melalui
:
·
EKSPLORASI
·
ELABORASI
·
KONFIRMASI
3.
Penutup
|
v
90 % dari jumlah guru pada sekolah binaan dapat
melaksanakan pembelajaran yang seuai dengan standar proses dengan baik
|
a.
Evaluasi ketercapaian dengan menggunakan instrumen
skala liker 1 – 4
b.
Rentang Skor
86
– 100 Baik Sekali
70
– 85
Baik
55
– 69
Cukup
< 55 Kurang
(
Instrumen Lampiran 8 Buku Kerja Pengawas)
|
|
3
|
Penilaian
Hasil Pembelajaran
|
1.
Daftar Nilai sesuai dengan Standar Penilaian
2.
Melakukan tes dengan Ulangan harian,UTS,UAS/UKK
3.
Melakukan penilaian Ahlak Mulia dan Kepribadian
4.
Melakukan penilaian Psikomotorik
5.
Melakukan Analisis Ulangan Harian
6.
Remedial dan Pengayaan
7.
Instrumen tes setiap KD
8.
Bank Soal
9.
Kartu Soal
10.
Analisis Penilaian.
|
v
90 % dari jumlah
guru pada sekolah binaan mempunyai administrasi yang sesuai dengan standar
penilaian
|
|
|
NO
|
PROGRAM
|
MATERI PEMBINAAN
|
TARGET YANG
DIHARAPKAN
|
KETERANGAN
|
|
4
|
Tugas
Tambahan
|
1.
Melatih dan membimbing siswa dalam Remedial dan
Pengayaan
2.
Membimbing siswa dalam Pengembangan Diri melalui BK dan
Kegiatan Ekstrakurikuler
3.
Kegiatan KIR
|
v
90 % dari jumlah guru pada sekolah binaan mempunyai
program bimbingan remedial dan
pengayaan
|
|
E. PROGRAM
PENILAIAN KINERJA KEPALA SEKOLAH (Tugas
Pokok Kepala Sekolah)
|
NO
|
PROGRAM
|
MATERI PEMBINAAN
|
TARGET YANG
DIHARAPKAN
|
KETERANGAN
|
|
1
|
Pengelolaan Sekolah
|
1.
Rencana Kerja Sekolah 1 tahun dan Rencana Kerja Sekolah
4 tahun berdasarkan 8 SNP
2.
Pelaksanaan Rencana Kerja Sekolah
3.
Pengawasan dan Evaluasi
4.
Kepemimpinan Sekolah
5.
Sistem informasi sekolah
|
v
100 % kepala sekolah binaan mampu mengelola
sekolah sesuai 8 SNP
|
|
|
2
|
Pelaksanaan
Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran meliputi :
1.
Pendahuluan
2.
Kegiatan Inti meliputi kegiatan tatap muka, PT dan
KMTT, Tatap Muka dilakukan melalui kegiatan :
·
Eksplorasi
·
Elaborasi
·
Konfirmasi
3.
Penutup
|
v
100% kepala sekolah binaan dalam melaksanakan tugasnya sebagai guru
dapat melaksanakan pembelajaran yang
sesuai dengan standar proses dengan baik.
|
|
|
3
|
Penilaian
Hasil Belajar
|
1.
Daftar Nilai sesuai dengan standar penilaian
2.
Melakukan tes dengan ulangan harian, UTS,UAS/UKK
3.
Melakukan penilaian Ahlak Mulia dan Kepribadian
4.
Melakukan penilaian Psikomotorik
5.
Melakukan Analisis Ulangan Harian
6.
Remedial dan Pengayaan
7.
Instrumen tes setiap KD
8.
Bank Soal
9.
Kartu Soal
10.
Analisis Penialian
|
v
100% kepala sekolah binaan dalam melaksanakan tugasnya
sebagai guru mempunyai administrasi hasil pembelajaran yang seuai dengan
Standar Penilaian
|
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar