Rabu, 09 Januari 2013

Cara Menentukan KKM/ sumadi braja selebah

 LANGKAH-LANGKAH MENENTUKAN KKM

Menentukan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) dengan mempertimbangkan tingkat kemampuan rata-rata peserta didik. Kompleksitas,Kompetensi, serta kemampuan sumber daya pendukung, meliputi : Warga sekolah, sarana dan Prasarana dalam penyelenggaraan pembelajaran. Satuan pendidikan diharapkan meningkatkan kriteria ketuntasan belajar secara terus menerus untuk mencapai Kriteria Ketuntasan Ideal.

Hal-hal yang harus diperhatikan dalam menentukan KKM adalah SBB:
1.    Hitung jumlah Kompetensi dasar(KD) setiap mata pelajaran setiap kelas
2.    Tentukan kekuatan/nilai untuk setiap aspek/komponen, sesuaikan dengan kemampuan masing-masing aspek :

a.    Aspek Kompleksitas :
Semakin kompleks (sukar) KD, maka nilainya semakin rendah, tetapi semakin mudah KD maka nilainya semakin tinggi

b.    Aspek Sumber Daya pendukung (Pendidik Sarana dan Prasarana)
Semakin tinggi sumber daya pendukung, maka nilainya semakin tinggi’

c.    Aspek Intake
Semakin tinggi kemampuan awal siswa (intake) maka nilainya semakin tinggi


                              Kompleksitas =    Sulit            nilai      1
                                                           Sedang       nilai      2
                                                           Mudah        nilai      3

                              Daya Dukung =     Tinggi        nilai      3
                                                            Sedang      nilai      2
                                                            Kurang      nilai     1

                              Intake Siswa   =   Tinngi        nilai      3
                                                             Sedang     nilai      2
                                                             Kurang     nilai      1

3.    Skor Perolehan
--------------------    x 100 %           
Skor maksimal     

Contoh  1. dari satu KD   Kompleksitasnya  Sedang nilai     = 2
                                         Daya Dukungnya  kurang nilai         = 1
                                          Intake siswa   sedang  nilai              = 2
                                                      Jumlah                                   = 5

                                                                  5
   Jadi KKM KD tersebut adalah        -------- x   100 %   =  55
                                                                  9         

4.    Jumlahkan seluruh KKM KD selanjutnya dibagi dengan jumlah KD untuk menentukan KKM Mata Pelajaran.

5.    KKM setiap mata pelajaran pada setiap kelas tidak sama tergantung pada kompleksitas KD, daya dukung dan potensi siswa .

...........................................................wastksdbrajaselebah..................................................................

Mata Pelajaran         : Ilmu Pengetahuan Sosial
K e l a s                      : IV (Empat)
Jumlah KD                : 10 (sepuluh)

STANDAR KOMPETENSI
KOMPETENSI DASAR
Komplek
sitas
Daya
Dukung
Intake
Siswa
KKM
KD
  1. memahami sejarah kenampakan alam dan keragaman suku,bangsa di lingkungan kabupaten, kota dan propinsi






Contoh








        membaca peta lingkungan setempat (kabupaten,kota,Propinsi) dengan menggunakan sekala sederhana

3
2
2
77
        mendeskripsiakan kenampakan alam di lingkungan kabupaten/kota,provinsi serta hubungannya dengan keragaman social dan budaya

2
2
2
66
        menunjukkan jenis dan persebaran sumber daya alam serta pemanfaatannya untuk kegiatan ekonomi di lingkungan setempat

3
2
2
77
        Menghargai keragaman suku bangsa dan budaya setempat (kabupaten/kota ,provinsi)

2
2
2
66
        Menghargai berbagai peninggalan sejarah di lingkungan setemoat (kabupaten/kota, provinsi) dan menjaga kelestariannya

3
2
2
77
        Meneladani  Kepahlawanan dan patriotisme tokoh-tokoh di lingkunganmnya

3
2
2
77
  1. Mengenal sumber daya alam, kegiatan ekonomi dan kemajuan tehnologi di lingkungan kabupaten/kota dan provinsi

        Mengenal aktivitas ekonomi yang berkaitan dengan sumber daya alam dan potensi lain di daerahnya

1
2
2
55
        Mengenal pentingnya koperasi dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat

2
2
2
66
        Mengenal perkembangan teknologi Produksi, komunikasi dan transportasi serta pengalaman menggunakannya

1
2
2
55
        mengenal permasalahan sosial di daerahnya

3
2
2
77
Jumlah
10 Kompetensi Dasar


693

KKM IPS Kelas IV
693 : 10 = 69,3
Ketrangan :
            Daya Dukung (Pendidik)            : Evaluasi terhadap kemampuan diri sendiri
            Sarana dan Prasarana                : Alat peraga,Media,Buku Teks,lingkungan

Rentang nilai 1 – 3  merupakan nilai yang dapat ditentukan oleh sekolah untuk menentukan berapa besar kekuatan untuk masing-masing aspek / komponen.

000000000000000000000000000  Was TK/SD  Braja Selebah   0000000000000000000000000000000000000

1 komentar:

  1. terima kasih atas penjelasannya, dan sy mulai paham betul dalam menentukan kkm

    BalasHapus