LANGKAH-LANGKAH MENENTUKAN KKM
Menentukan Kriteria
Ketuntasan Minimal (KKM) dengan mempertimbangkan tingkat kemampuan rata-rata
peserta didik. Kompleksitas,Kompetensi, serta kemampuan sumber daya pendukung,
meliputi : Warga sekolah, sarana dan Prasarana dalam penyelenggaraan
pembelajaran. Satuan pendidikan diharapkan meningkatkan kriteria ketuntasan
belajar secara terus menerus untuk mencapai Kriteria Ketuntasan Ideal.
Hal-hal yang harus
diperhatikan dalam menentukan KKM adalah SBB:
1.
Hitung
jumlah Kompetensi dasar(KD) setiap mata pelajaran setiap kelas
2.
Tentukan
kekuatan/nilai untuk setiap aspek/komponen, sesuaikan dengan kemampuan
masing-masing aspek :
a.
Aspek
Kompleksitas :
Semakin kompleks
(sukar) KD, maka nilainya semakin rendah, tetapi semakin mudah KD maka nilainya
semakin tinggi
b.
Aspek
Sumber Daya pendukung (Pendidik Sarana dan Prasarana)
Semakin tinggi sumber
daya pendukung, maka nilainya semakin tinggi’
c.
Aspek
Intake
Semakin tinggi
kemampuan awal siswa (intake) maka nilainya semakin tinggi
Kompleksitas = Sulit nilai 1
Sedang nilai 2
Mudah nilai 3
Daya Dukung = Tinggi nilai 3
Sedang nilai 2
Kurang nilai 1
Intake Siswa =
Tinngi nilai 3
Sedang nilai 2
Kurang nilai 1
3.
Skor
Perolehan
-------------------- x 100 %
Skor maksimal
Contoh 1. dari satu KD Kompleksitasnya Sedang nilai =
2
Daya
Dukungnya kurang nilai = 1
Intake
siswa sedang nilai
= 2
Jumlah = 5
5
Jadi KKM KD tersebut adalah -------- x
100 % = 55
9
4.
Jumlahkan
seluruh KKM KD selanjutnya dibagi dengan jumlah KD untuk menentukan KKM Mata
Pelajaran.
5.
KKM
setiap mata pelajaran pada setiap kelas tidak sama tergantung pada kompleksitas
KD, daya dukung dan potensi siswa .
...........................................................wastksdbrajaselebah..................................................................
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial
K e l a s : IV (Empat)
Jumlah KD : 10 (sepuluh)
|
STANDAR KOMPETENSI
|
KOMPETENSI DASAR
|
Komplek
sitas
|
Daya
Dukung
|
Intake
Siswa
|
KKM
KD
|
![]() |
membaca peta lingkungan setempat (kabupaten,kota,Propinsi) dengan
menggunakan sekala sederhana
|
3
|
2
|
2
|
77
|
|
mendeskripsiakan kenampakan alam di lingkungan
kabupaten/kota,provinsi serta hubungannya dengan keragaman social dan budaya
|
2
|
2
|
2
|
66
|
|
|
menunjukkan jenis dan persebaran sumber daya alam serta
pemanfaatannya untuk kegiatan ekonomi di lingkungan setempat
|
3
|
2
|
2
|
77
|
|
|
Menghargai keragaman suku bangsa dan budaya setempat
(kabupaten/kota ,provinsi)
|
2
|
2
|
2
|
66
|
|
|
Menghargai berbagai peninggalan sejarah di lingkungan
setemoat (kabupaten/kota, provinsi) dan menjaga kelestariannya
|
3
|
2
|
2
|
77
|
|
|
Meneladani
Kepahlawanan dan patriotisme tokoh-tokoh di lingkunganmnya
|
3
|
2
|
2
|
77
|
|
|
Mengenal aktivitas ekonomi yang berkaitan dengan sumber
daya alam dan potensi lain di daerahnya
|
1
|
2
|
2
|
55
|
|
Mengenal pentingnya koperasi dalam meningkatkan
kesejahteraan masyarakat
|
2
|
2
|
2
|
66
|
|
|
Mengenal perkembangan teknologi Produksi, komunikasi
dan transportasi serta pengalaman menggunakannya
|
1
|
2
|
2
|
55
|
|
|
mengenal permasalahan sosial di daerahnya
|
3
|
2
|
2
|
77
|
|
|
Jumlah
|
10 Kompetensi Dasar
|
|
693
|
||
|
KKM IPS Kelas IV
|
693 : 10 = 69,3
|
||||
Ketrangan
:
Daya
Dukung (Pendidik) : Evaluasi
terhadap kemampuan diri sendiri
Sarana
dan Prasarana : Alat
peraga,Media,Buku Teks,lingkungan
Rentang nilai 1 – 3 merupakan nilai yang dapat ditentukan oleh
sekolah untuk menentukan berapa besar kekuatan untuk masing-masing aspek /
komponen.
000000000000000000000000000 Was
TK/SD Braja Selebah 0000000000000000000000000000000000000

terima kasih atas penjelasannya, dan sy mulai paham betul dalam menentukan kkm
BalasHapus