YG
HARUS DIPERSIAPKAN GURU UNTUK MENGHADAPI PK-GURU
1.MENGENAL
KARAKTERISTIK PESERTA DIDIK ADALAH SBB:
WAWANCARA:
TENTANG KARAKTERISTIK SISWA
PEMALU PENDIAM, CERIA,EKONOMI RENDAH,CACAT PISIK,DITINGGAL ORANG TUA,
CERDAS,SOSIAL RENDAH DLL.
SAAT PBM yg diamati
TEMPAT DUDUK YG MATA SAKIT,TELINGA
AGAK KURANG, BADAN BESAR,BADAN MUNGIL,BERKELILING KE ARAH SISWA, PENGECEKAN
RUTIN TENTANG TUGAS,
SETELAH PBM:
MENGAPA TEMPAT DUDUK DITATA DEMIKIAN
? ALASANNYA APA?GURU HARUS DAPAT MENJELASKAN!
2.MENGUASAI
TEORI BELAJAR DAN PRINSIP PRINSIP PEMBELAJARAN YG MENDIDIK
WAWANCARA:
BAGAIMANA STRATEGI GURU UNTUK
MENCAPAI TUJUAN PEMBELAJARAN ?
APA LATARBELAKANG PEMILIHAN
PENYUSUNAN
KEGIATAN PEMBELAJARAN ?
PBM :YANG DIAMATI
APAKAH PEMBELAJARAN BERVARIASI?
APAKAH MEMBERIKAN KESEMPATAN PD
SISWA UTK MENGUASAI MATERI
APAKAH ADA MOTIVASI
APAKAH GURU MEMBERI RESPON PD SISWA
SETELAH PBM
MENGAPA GURU MELAKSANAKAN PBM
DEMIKIAN ?
APAKAH SESUAI DENGAN PROSEM DAN
SILABUS?
3.PENGEMBANGAN KURIKULUM
WAWANCARA:
APAKAH RPP SESUAI DENGAN SILABUS?
PBM:YANG DIAMATI
APAKAH GURU JELAS,LANCAR DAN LENGKAP
SEWAKTU
MENYAMPAIKAN MATERI
APAKAH MATERI SESUAI DENGAN USIA
SISWA,LATARBELAKANG SISWA?
APAKAH MATERI YANG DIAJARKAN ADALAH
MATERI YANG MUTAKIR?
APAKAH METERI SESUAI DENGAN
LINGKUNGAN DAN KESEHARIAN
SETELAH PBM
GURU DIMINTA MENJELASKAN
SEBERAPA JAUH MANFAAT HASIL
BELAJAR UNTUK MENGEMBANGKAN
TOPIK BERIKUTNYA PADA RENCANA
PEMBELAJARAN SELANJUTNYA
4.KEGIATAN PEMBELAJARAN
YANG MENDIDIK
WAWANCARA:
APAKAH ADA KEMUNGKINAN
KESULITAN DALAM MEMBAHAS TOPIK UTK MENCAPAI TUJUAN YG AKAN DICAPAI?
JIKA ADA PESERTA YG KESULITAN DALAM
MENCAPAI TUJUAN TERSEBUT , BAGAIMANA GURU MENINDAKLANJUTI?
BAGAIMANA GURU MENINGKATKAN
PEMAHAMAN SISWA ?
PBM:YANG DIAMATI
APAKAH KEGIATAN YG DILAKUKAN GURU
DAPAT MEMBANTU SISWA DALAM MEMAHAMI MATERI?
APAKAH GURU MENGELOLA AKTIFITAS
SESUAI DENGAN RPP?
BERAPA WAKTU GURU UNTUK MENJELASKAN,
BERAPA WAKTU SISWA YG DIBERIKAN GURU
UNTUK BERAKTIFITAS ?
APAKAH GURU MENGGUNAKAN MEDIA
PEMBELAJARAN YANG SESUAI?
APAKAH TERMOTIVASI SISWA DALAM PBM
SAAT ITU?
APAKAH GURU TERAMPIL DALAM
MELAKSANAKAN PBM?
SETELAH PBM:
SEBERAPA JAUH TINGKAT KEBERHASILAN
DALAM PBM YG TELAH DILAKSANAKAN?
5.MEMAHAMI
DAN MEMBANGUN POTENSI
WAWANCARA
DIMINTA 4 ORANG SISWA SECARA RANDOM
PERTANYAAN :
BAGAIMANA GURU DAPAT MENUNJUKKAN
KEKUATAN DAN KELEMAHAN 4 SISWA ITU DALAM MEMAHAMI MATERI?
APA TINDAKAN GURU UNTUK
MENGEMBANGKAN KEKUATAN DAN KELEMAHAN 4 SISWA ITU?
APAKAH SISWA DAPAT BIMBINGAN SECARA
KHUSUS?
PBM:YANG DIAMATI
APAKAH GURU HANYA MEMPERHATIKAN
SISWA TERTENTU?
APAKAH GURU MENGAKTIFKAN SISWA
SELURUHNYA?
SEJAUH MANA GURU MEMBERIKAN
KESEMPATAN PD SISWA UNTUK MENYAMPAIKAN PENDAPAT?
BAGAIMANA GURU MEMOTIVASI SISWA
UNTUK BERTANYA TENTANG TOPIK?
SETELAH PBM
APA ADA TINDAKAN GURU JIKA MATERI
ITU SULIT ATAU MENARIK BAGI SISWA?JELASKAN!
APAKAH GURU MEMILIKI DOKUMEN TENTANG
KEMAJUAN BELAJAR SISWA ?
6.KOMUNIKASI DENGAN
PESERTA DIDIK
WAWANCARA :
BAGAIMANA MENDORONG INTERAKTIF SISWA
ANTAR SISWA?
PBM YANG DIAMATI
BERAPA LAMA GURU BERBICARA, BERBICARA SECARA INDIVIDU PD SISWA,BERAPA LAMA WAKTU YG DISEDIAKAN UNTUK SISWA MENJAWAB ,BERTANYA,
BERAPA LAMA GURU BERBICARA, BERBICARA SECARA INDIVIDU PD SISWA,BERAPA LAMA WAKTU YG DISEDIAKAN UNTUK SISWA MENJAWAB ,BERTANYA,
BEKERJASAMA ,BEKERJA MANDIRI DLL.
BAGAIMANA CARA GURU MEMASTIKAN SISWA
YG DIBELAKANG ,SAMPING KANAN, KIRI ,AKTIF?
SEBERAPA BANYAK PERTANYAAN TERBUKA
YANG DIBERIKAN GURU?
BAGAIMANA GURU MERESPON JAWABAN
SISWA?
APAKAH GURU MENYEDIAKAN
PERTANYAAN YG BERVARIASI?
BAGAIMANA CARA GURU MENUNJUK SISWA
UNTUK MENJAWAB PERTANYAAN?
SETELAH PBM
APA PERSEPSI GURU TERHADAP
EFEKTIFITAS KOMUNIKASI YG TERJADI SELAMA PBM?
7.PENILAIAN DAN EVALUASI
WAWANCARA:
RPP DAN ALAT PENILAIAN COCOK DENGAN
TUJUAN PEMBELAJARAN?
PBM: YANG DIAMATI
APAKAH GURU MEMBUAT HASIL ANALISA
SOAL, APAKAH GURU MENGKOMUNIKASIKAN HASIL PENILAIAN KEPADA SISWA, APAKAH GURU
MEMBERI TINDAK LANJUT.
8.BERTINDAK SESUAI DENGAN
NORMA AGAMA,HUKUM,SOSIAL,DAN
BUDAYA NASIONAL
WAWANCARA:
BAGAIMANA PANDANGAN GURU TENTANG
KEBERAGAMAN BUDAYA BANGSA YANG BERAGAM?
DILAKUKAN WAWANCARA DENGAN ORANG
TUA, TEMAN SEJAWAT,SISWA, PENGAWAS,UPT,
JUGA TENTANG PANDANGAN GURU MENGENAI
PANCASILA SEBAGAI IDIOLOGI BANGSA.
BAGAIMANA SIKAP GURU DALAM PERGAULAN
SEHARI –HARI
9.MENUNJUKKAN PRIBADI YANG
DEWASA
PENGAMATAN TENTANG SIKAP GURU
BERBICARA,BERSIKAP PD SISWA,TIDAK MERENDAHKAN SISWA
PENGAMATAN
MENCEK KEHADIRAN GURU DIKELAS, JAM
MENGAJAR,ISTIRAHAT,DI SEKOLAH,APAKAH
TEPAT WAKTU MASUK KELAS ,( DAFTAR HADIR DAN TY JAWAB KEPADA KEP SEK
DLL )
APAKAH GURU MEMPERSIAPKAN TUGAS
DENGAN LENGKAP?
APAKAH GURU AKTIF DALAM KKG?
APAKAH GURU MENGIKUTI KEGIATAN KKG
SETIAP PERTEMUAN?
APAKAH ADA BUKTI?
10.ETOS KERJA,
TANGGUNGJAWAB YG TINGGI ,RASA BANGGA JADI GURU
APAKAH GURU MEMILIKI MATERI TAMBAHAN
SESUAI DENGAN TUJUAN PEMBELAJARAN YANG DAPAT DIGUNAKAN OLEH GURU LAIN JIKA GURU
TERSEBUT MELAKUKAN TUGAS YG LAIN
PENGAMATAN
APAKAH GURU TEPAT WAKTU MENGAWALI
DAN MENGAKHIRI PBM?
APAKAH SISWA TETAP MELAKSANAKAN
TUGAS SESUAI JADWAL?
APAKAH GURU PERNAH TIDAK HADIR?
JIKA TIDAK HADIR APA KEGIATAN YG
DILAKUKAN SISWA?
WAWANCARA DGN WARGA SEKOLAH,ORANG
TUA, MASYARAKAT ,TENAGA PENDIDIK DLL
11. BERSIKAP INKLUSIF ,
BERTINDAK OBJEKTIF SERTA TIDAK DESKRITIF
WAWANCARA
BAGAIMANA GURU MEMBAGI WAKTU UNTUK
BERINTEGRASI DENGAN SISWA
BAGAIMANA GURU BERDISKUSI DENGAN
SISWA
BAGAIMANA GURU MENGHARGAI HASIL
KERJA SISWA
BAGAIMANA GURU MENANGANI PERSAINGAN
YG TIDAK SEHAT ANTAR SISWA
APAKAH GURU MEMBERIKAN PERHATIANYG
SAMA TERHADAP SISWA
JUGA WAWANCARA DENGAN KEPALA SEK /
KOORDINATOR PKB TENTANG :
HUBUNGAN DENGAN KEPEDULIAN GURU
TERHADAP SESAMA GURU,ORANG TUA, SISWA
TANGGAPAN GURU TERHADAP PENDIDIKAN
FORMAL DAN IN FORMAL
12.KOMUNIKASI DENGAN
SESAMA GURU.T. PDDK, OR TU,SISWA,DAN MASYARAKAT
PENILAI MEMINTA:
CATATAN DOKUMEN PERTEMUAN WALI MURID
TTG KEMAJUAN BELAJAR SISWANYA BUKU NILAI , APA YG DILAKUKAN OLEH GURU TERSEBUT
PENILAI MEMINTA DOKUMEN YG
MENYATAKAN HUBUNGAN KERJASAMA DENGAN TEMAN SEJAWAT YG MEMBUTUHKAN LAYANAN
KHUSUS / BP / GURU PIKET
PENILAI MEWAWANCARAI ORANG TUA/
MASYARAKAT TENTANG KEGIATAN GURU DILUAR JAM PELAJARAN
13.PENGUASAAN MATERI
STRUKTUR KONSEP DAN POLA PIKIR KEILMUAN YG MENDUKUNG PELAJARAN YANG DI AMPU
PENGAMATAN
APAKAH GURU LANCAR DAN TERAMPIL
DALAM MELAKUKAN KBM?
APAKAH GURU MEMILIKI CATATAN TENTANG
TOPIK ATAU MATERI/RANGKUMAN MATERI
APAKAH GURU MMERESPON JAWABAN SISWA
14. MENGEMBANGKAN
KEPROFESIAN MELALUI TINDAKAN YG REFLEKTIF
PENGAMATAN
PENILAI MEMINTA GURU MENYEDIAKAN
EVALUASI DIRI DAN RENCANA PKB
PENILAI MEMINTA BUKTI GURU IKUT PKB
PENILAI MEMINTA GURU MEMPERLIHATKAN
BUKTI REFLEKSI DIRI /JURNAL BELAJAR
PENILAI MENANYAKAN APAKAH GURU
PERNAH MENGAKSES INTERNET?
PENILAI MEMINTA BUKTI PISIK
KEIKUTSERTAAN GURU DALAM KKG SEMINAR ATAU LOKAKARYA
PENILAI MELAKUKAN WAWANCARA DENGAN
PENGURUS KKG TENTANG KEAKTIFANNYA DALAM KKG/ KEHADIRANNYA
Tidak ada komentar:
Posting Komentar