|
1.
Kompetensi : Kepribadian dan Sosial (PKKS 1)
|
||||||
|
KRITERIA
|
BUKTI YANG
TERIDENTIFIKASI
|
SKOR
|
||||
|
1
|
2
|
3
|
4
|
|||
|
1
|
Berakhlak mulia, mengembangkan budaya dan
tradisi akhlak mulia, dan menjadi teladan akhlak mulia bagi komunitas di
sekolah/madrasah.
|
|
|
|
||
|
2
|
Melaksanakan tugas pokok dan fungsi sebagai
kepala sekolah dengan penuh kejujuran, ketulusan, komitmen, dan integritas.
|
|
|
|
||
|
3
|
Bersikap terbuka dalam melaksanakan tugas pokok
dan fungsi sebagai kepala sekolah/madrasah.
|
|
|
|
||
|
4
|
Mengendalikan diri dalam menghadapi masalah dan
tantangan sebagai kepala sekolah/madrasah.
|
|
|
|
||
|
5
|
Berpartisipasi dalam kegiatan sosial
kemasyarakatan.
|
|
|
|
||
|
6
|
Tanggap dan peduli terhadap kepentingan orang
atau kelompok lain.
|
|
|
|
|
|
|
7
|
Mengembangkan dan mengelola hubungan
sekolah/madrasah dengan pihak lain di luar sekolah dalam rangka mendapatkan
dukungan ide, sumber belajar, dan pembiayaan sekolah/madrasah.
|
|
|
|
|
|
|
Jumlah Skor
|
||||||
|
SKOR RATA‐RATA =
JUMLAH SKOR : 7 =
|
||||||
|
Deskripsi Kinerja yang Telah Dilakukan:
|
||||||
|
|
||||||
|
|
||||||
|
|
||||||
|
|
||||||
|
|
||||||
|
|
||||||
|
|
||||||
|
|
||||||
|
|
||||||
|
|
||||||
|
|
||||||
|
2.
Kompetensi
|
:
Kepemimpinan Pembelajaran (PKKS 2)
|
|||||||||||
|
KRITERIA
|
BUKTI YANG
TERIDENTIFIKASI
|
SKOR
|
||||||||||
|
1
|
2
|
3
|
4
|
|||||||||
|
1
|
Bertindak sesuai dengan visi dan
misi sekolah/madrasah.
|
|
|
|
||||||||
|
2
|
Merumuskan tujuan yang menantang
diri sendiri dan orang lain untuk mencapai standard yang tinggi.
|
|
|
|
||||||||
|
3
|
Mengembangkan sekolah/madrasah
menuju organisasi pembelajar (learning organization).
|
|
|
|
||||||||
|
4
|
Menciptakan budaya dan iklim
sekolah/madrasah yang kondusif dan inovatif bagi pembelajaran.
|
|
|
|
||||||||
|
5
|
Memegang teguh tujuan sekolah
dengan menjadi contoh dan bertindak sebagai pemimpin pembelajaran
|
|
|
|
||||||||
|
6
|
Melaksanakan kepemimpinan yang
inspiratif.
|
|
|
|
||||||||
|
7
|
Membangun rasa saling percaya dan
memfasilitasi kerjasama dalam rangka untuk menciptakan kolaborasi yang kuat
diantara warga sekolah/madrasah
|
|
|
|
||||||||
|
8
|
Bekerja keras untuk mencapai
keberhasilan sekolah/madrasah sebagai organisasi pembelajar yang efektif.
|
|
|
|
||||||||
|
9
|
Mengembangan kurikulum dan kegiatan
pembelajaran sesuai dengan visi, misi, dan tujuan sekolah.
|
|
|
|
|
|||||||
|
10
|
Mengelola peserta didik dalam
rangka pengembangan kapasitasnya secara optimal.
|
|
|
|
|
|||||||
|
Jumlah Skor
|
||||||||||||
|
SKOR RATA‐RATA =
JUMLAH SKOR : 10 =
|
||||||||||||
|
Deskripsi Kinerja yang Telah Dilakukan:
|
||||||||||||
|
|
||||||||||||
|
|
||||||||||||
|
|
||||||||||||
|
|
||||||||||||
|
|
||||||||||||
|
|
||||||||||||
|
|
||||||||||||
|
|
||||||||||||
|
|
||||||||||||
|
|
||||||||||||
|
3.
Kompetensi
|
: Pengembangan Sekolah (PKKS 3)
|
|||||||||||
|
KRITERIA
|
BUKTI YANG
TERIDENTIFIKASI
|
SKOR
|
||||||||||
|
1
|
2
|
3
|
4
|
|||||||||
|
1
|
Menyusun rencana pengembangan sekolah/madrasah jangka panjang,
menengah, dan pendek dalam rangka mencapai visi, misi, dan tujuan
sekolah/madrasah.
|
|
|
|
|
|||||||
|
2
|
Mengembangkan struktur organisasi sekolah/ madrasah yang efektif
dan efisien sesuai dengan kebutuhan.
|
|
|
|
|
|||||||
|
3
|
Melaksanakan pengembangan sekolah/ madrasah sesuai dengan
rencana jangka panjang, menengah, dan jangka pendek sekolah menuju
tercapainya visi, misi, dan tujuan sekolah.
|
|
|
|
|
|||||||
|
4
|
Mewujudkan peningkatan kinerja sekolah yang signifikan sesuai
dengan visi, misi, tujuan sekolah dan standard nasional pendidikan.
|
|
|
|
|
|||||||
|
5
|
Melakukan monitoring, evaluasi, dan pelaporan pelaksanaan
program kegiatan sekolah/madrasah dengan prosedur yang tepat.
|
|
|
|
|
|||||||
|
6
|
Merencanakan dan menindaklanjuti hasil monitoring, evaluasi, dan
pelaporan.
|
|
|
|
|
|||||||
|
7
|
Melaksanakan penelitian tindakan sekolah dalam rangka
meningkatkan kinerja sekolah/madrasah.
|
|
|
|
|
|||||||
|
Jumlah Skor
|
||||||||||||
|
SKOR RATA‐RATA =
JUMLAH SKOR : 7 =
|
||||||||||||
|
Deskripsi Kinerja yang Telah Dilakukan:
|
||||||||||||
|
|
||||||||||||
|
|
||||||||||||
|
|
||||||||||||
|
|
||||||||||||
|
|
||||||||||||
|
4.
Kompetensi
|
: Manajemen Sumber Daya (PKKS 4)
|
|
|
|
|
||||||
|
|
|
|
|
|
|
|
|||||
|
KRITERIA
|
BUKTI YANG
TERIDENTIFIKASI
|
SKOR
|
|||||||||
|
1
|
2
|
3
|
4
|
||||||||
|
1
|
Mengelola dan mendayagunakan pendidik dan tenaga kependidikan
secara optimal.
|
|
|
|
|||||||
|
2
|
Mengelola dan mendayagunakan sarana dan prasarana
sekolah/madrasah secara optimal untuk kepentingan pembelajaran.
|
|
|
|
|||||||
|
3
|
Mengelola keuangan sekolah/madrasah sesuai dengan
prinsip‐prinsip efisiensi, transparansi, dan akuntabilitas.
|
|
|
|
|||||||
|
4
|
Mengelola lingkungan sekolah yang menjamin keamanan,
keselamatan, dan kesehatan.
|
|
|
|
|||||||
|
5
|
Mengelola ketatausahaan sekolah/madrasah dalam mendukung pencapaian
tujuan sekolah/madrasah.
|
|
|
|
|||||||
|
6
|
Mengelola sistem informasi sekolah/madrasah dalam mendukung
penyusunan program dan pengambilan keputusan.
|
|
|
|
|||||||
|
7
|
Mengelola layanan‐layanan khusus sekolah/madrasah dalam
mendukung kegiatan pembelajaran dan kegiatan peserta didik di
sekolah/madrasah.
|
|
|||||||||
|
8
|
Memanfaatkan teknologi secara efektif dalam kegiatan
pembelajaran dan manajemen sekolah/madrasah.
|
|
|||||||||
|
Jumlah Skor
|
|||||||||||
|
SKOR RATA‐RATA =
JUMLAH SKOR : 8 =
|
|||||||||||
|
Deskripsi Kinerja yang Telah Dilakukan:
|
|||||||||||
|
|
|||||||||||
|
|
|||||||||||
|
|
|||||||||||
|
|
|||||||||||
|
5.
Kompetensi
|
: Kewirausahaan (PKKS 5)
|
||||||||||
|
KRITERIA
|
BUKTI YANG
TERIDENTIFIKASI
|
SKOR
|
|||||||||
|
1
|
2
|
3
|
4
|
||||||||
|
1
|
Menciptakan inovasi yang bermanfaat bagi
pengembangan sekolah/ madrasah.
|
|
|
|
|||||||
|
2
|
Memiliki motivasi yang kuat untuk sukses dalam melaksanakan
tugas pokok dan fungsinya sebagai pemimpin pembelajaran.
|
|
|
|
|||||||
|
3
|
Memotivasi warga sekolah untuk sukses dalam
melaksanakan tugas pokok dan fungsinya masing‐masing.
|
|
|
|
|||||||
|
4
|
Pantang menyerah dan selalu mencari solusi
terbaik dalam menghadapi kendala yang dihadapi sekolah/madrasah.
|
|
|
|
|||||||
|
5
|
Menerapkan nilai dan prinsip‐prinsip
kewirausahaan dalam mengembangkan sekolah/madrasah.
|
|
|
|
|||||||
|
Jumlah Skor
|
|||||||||||
|
SKOR RATA‐RATA =
JUMLAH SKOR : 5 =
|
|||||||||||
|
Deskripsi Kinerja yang Telah Dilakukan:
|
|||||||||||
|
|
|||||||||||
|
|
|||||||||||
|
|
|||||||||||
|
|
|||||||||||
|
|
|||||||||||
|
|
|||||||||||
|
|
|||||||||||
|
|
|||||||||||
|
|
|||||||||||
|
|
|||||||||||
|
6.
Kompetensi
|
: Supervisi Pembelajaran (PKKS 6)
|
|||||
|
KRITERIA
|
BUKTI YANG
TERIDENTIFIKASI
|
SKOR
|
||||
|
1
|
2
|
3
|
4
|
|||
|
1
|
Menyusun program supervisi akademik dalam
rangka peningkatan profesionalisme guru.
|
|
|
|
||
|
2
|
Melaksanakan supervisi akademik terhadap guru
dengan menggunakan pendekatan dan teknik supervisi yang tepat.
|
|
|
|||
|
3
|
Menilai dan menindaklanjuti kegiatan supervise
akademik dalam rangka peningkatan profesionalisme guru.
|
|
|
|
||
|
Jumlah Skor
|
||||||
|
SKOR RATA‐RATA =
JUMLAH SKOR : 3 =
|
||||||
|
Deskripsi Kinerja yang Telah Dilakukan:
|
||||||
|
|
||||||
|
|
||||||
|
|
||||||
|
|
||||||
|
|
||||||
|
|
||||||
|
|
||||||
|
|
||||||
|
|
||||||
|
|
||||||
|
|
||||||
REKAP NILAI
|
NO
|
KOMPETENSI PENILAIAN
|
KODE
|
SKOR RATA-RATA
|
|
1
|
Kepribadian dan sosial
|
PKKS 1
|
|
|
2
|
Kepemimpinan
|
PKKS 2
|
|
|
3
|
Pengembangan
sekolah/madrasah
|
PKKS 3
|
|
|
4
|
Pengembangan sumber
daya
|
PKKS 4
|
|
|
5
|
Kewirausahaan
|
PKKS 5
|
|
|
6
|
Supervisi
|
PKKS 6
|
|
|
|
TOTAL
|
|
|
NKKS = (TOTAL SKOR RATA-RATA/24)X100
= …………………………..
KLASIFIKASI
NILAI AKHIR = …………………..
BRAJA SELEBAH,……………………..2013
KEPALA SEKOLAH YANG DINILAI TIM PENILAI
……………………………………………… SUMADI,S.Pd
NIP. ……………………………………… NIP. 196104201980101001
FORMAT PERSETUJUAN PENILAIAN KINERJA GURU
DENGAN TUGAS TAMBAHAN SEBAGAI KEPALA SEKOLAH
NAMA :
……………………………………………………
N I P :
……………………………………………………
TEMPAT TANGGAL LAHIR :
…………………………………………………..
PANGKAT/GOL. RUANG :
……………………………………………………
JENIS KELAMIN :
…………………………………………………..
MASA KERJA SEBAGAI GURU :
…………………………………………………..
TMT SEBAGAI KEPALA SEKOLAH :
…………………………………………………..
PENDIDIKAN TERAKHIR :
……………………………………………………
PELATIHAN CALON KEPALA SEKOLAH :
…………………………………………………..
NAMA SEKOLAH DAN ALAMAT :
……………………………………………………
…………………………………………………….
……………………………………………………
NUPTK / NRG :
…………………………………………………..
PERIODE PENILAIAN :………………………sd
……………………….
|
PERSETUJUAN
Penilai dan guru yang dinilai menyatakan telah membaca
dan memahami semua aspek yang ditulis/
Dilaporkan dilaporkan dalam format ini dan menyatakan setuju
Nama Guru : ……………………………………………. Nama Penilai :
……………………………….
Tanda Tangan = ……………………….. Tanda
Tangan = …………………………..
Tanggal = …………………………………
|
HASIL
PENILAIAN KINERJA GURU YANG BERTUGAS
SEBAGAI
KEPALA SEKOLAH
A.
NAMA :
……………………………………………………………………..
N I P :
……………………………………………………………………..
TEMPAT TANGGAL LAHIR : ……………………………………………………………………..
PANGKAT/GOL.RUANG :
……………………………………………………………………..
TMT SEBAGAI GURU :
…………………………………………………………………….
MASA KERJA :
……………………………………………………………………..
JENIS KELAMIN :
……………………………………………………………………..
PENDIDIKAN TERAKHIR :
………………………………………………………………………
B.
NAMA INSTANSI SEKOLAH : ……………………………………………………………………..
TELP/FAX :
……………………………………………………………………..
DESA :
……………………………………………………………………..
KECAMATAN :
…………………………………………………………………….
KABUPATEN :
………………………………………………………………………
PROVINSI :
……………………………………………………………………….
|
NILAI PK GURU
UNTUK
1. PEMBELAJARAN/PEMBIMBINGAN = ……………………..
2. TUGAS
TAMBAHAN SEBAGAI KEPALASEKOLAH = ……………………..
Konversi Nilai PK Guru kedalam skala 0
– 100 sesuai Permenneg PAN dan RB No. 16 tahun 2009
Nilai PKG
NILAI PKG (100) =
………………………………. X 100
Nilai PKG
Tertinggi
1.
Pembelajaran/Pembimbingan = ……………………….
2.
Tugas Tambahan Sebagai Kepala Sekolah = ……………………….
Berdasarkan
hasil konversi kedalam skala nilai
sesuai dengan peraturan tersebut
selanjutnya
Ditetapkan
sebutan dan persentasi angka kreditnya untuk :
1.
Pembelajaran/Pembimbingan sebutan ………………… (…………….)
2.
Tugas Tambahan Sebagai Kepala Sekolah sebutan ……………….. (…………….)
Perolehan angka kredit
(Pembelajaran/Pembimbingan) pertahun bagi guru dengan tugas tambahan
Sebagai Kepala Sekolahdihitung dengan
rumus :
(AKK – AKPKB – AKP) X (JM/JWM) X NPK
Angka Kredit Satu Tahun =
-------------------------------------------------------- X 25% = ……………….
4
Perolehan Angka Kredit tugas tambahan pertahun sebagai Kepala
Sekolah
(AKK –
AKPKB – AKP) X NPK
Angka Kredit Satu Tahun =
------------------------------------------- X 75% = …………………
4
Total perolehan angka kredit sebagai
guru dan tugas tambahan sebagai kepala sekolah = ………………….
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar