Jumat, 13 Desember 2013

INSTRUMEN PKKS MANUAL


1.   Kompetensi : Kepribadian dan Sosial (PKKS 1)











KRITERIA
BUKTI YANG TERIDENTIFIKASI
SKOR
1
2
3
4
1
Berakhlak mulia, mengembangkan budaya dan tradisi akhlak mulia, dan menjadi teladan akhlak mulia bagi komunitas di sekolah/madrasah.





2
Melaksanakan tugas pokok dan fungsi sebagai kepala sekolah dengan penuh kejujuran, ketulusan, komitmen, dan integritas.





3
Bersikap terbuka dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsi sebagai kepala sekolah/madrasah.





4
Mengendalikan diri dalam menghadapi masalah dan tantangan sebagai kepala sekolah/madrasah.





5
Berpartisipasi dalam kegiatan sosial kemasyarakatan.





6
Tanggap dan peduli terhadap kepentingan orang atau kelompok lain.





7
Mengembangkan dan mengelola hubungan sekolah/madrasah dengan pihak lain di luar sekolah dalam rangka mendapatkan dukungan ide, sumber belajar, dan pembiayaan sekolah/madrasah.





Jumlah Skor

SKOR RATA‐RATA = JUMLAH SKOR : 7 =

Deskripsi Kinerja yang Telah Dilakukan:












2.   Kompetensi
:  Kepemimpinan Pembelajaran (PKKS 2)









KRITERIA
BUKTI YANG TERIDENTIFIKASI
SKOR

1
2
3
4

1
Bertindak sesuai dengan visi dan misi sekolah/madrasah.






2
Merumuskan tujuan yang menantang diri sendiri dan orang lain untuk mencapai standard yang tinggi.






3
Mengembangkan sekolah/madrasah menuju organisasi pembelajar (learning organization).






4
Menciptakan budaya dan iklim sekolah/madrasah yang kondusif dan inovatif bagi pembelajaran.






5
Memegang teguh tujuan sekolah dengan menjadi contoh dan bertindak sebagai pemimpin pembelajaran






6
Melaksanakan kepemimpinan yang inspiratif.






7
Membangun rasa saling percaya dan memfasilitasi kerjasama dalam rangka untuk menciptakan kolaborasi yang kuat diantara warga sekolah/madrasah






8
Bekerja keras untuk mencapai keberhasilan sekolah/madrasah sebagai organisasi pembelajar yang efektif.






9
Mengembangan kurikulum dan kegiatan pembelajaran sesuai dengan visi, misi, dan tujuan sekolah.






10
Mengelola peserta didik dalam rangka pengembangan kapasitasnya secara optimal.






Jumlah Skor


SKOR RATA‐RATA = JUMLAH SKOR : 10 =


Deskripsi Kinerja yang Telah Dilakukan:





















3.   Kompetensi
: Pengembangan Sekolah (PKKS 3)











KRITERIA
BUKTI YANG TERIDENTIFIKASI
SKOR
1
2
3
4
1
Menyusun rencana pengembangan sekolah/madrasah jangka panjang, menengah, dan pendek dalam rangka mencapai visi, misi, dan tujuan sekolah/madrasah.





2
Mengembangkan struktur organisasi sekolah/ madrasah yang efektif dan efisien sesuai dengan kebutuhan.





3
Melaksanakan pengembangan sekolah/ madrasah sesuai dengan rencana jangka panjang, menengah, dan jangka pendek sekolah menuju tercapainya visi, misi, dan tujuan sekolah.





4
Mewujudkan peningkatan kinerja sekolah yang signifikan sesuai dengan visi, misi, tujuan sekolah dan standard nasional pendidikan.





5
Melakukan monitoring, evaluasi, dan pelaporan pelaksanaan program kegiatan sekolah/madrasah dengan prosedur yang tepat.





6
Merencanakan dan menindaklanjuti hasil monitoring, evaluasi, dan pelaporan.





7
Melaksanakan penelitian tindakan sekolah dalam rangka meningkatkan kinerja sekolah/madrasah.





Jumlah Skor

SKOR RATA‐RATA = JUMLAH SKOR : 7 =

Deskripsi Kinerja yang Telah Dilakukan:




















4.   Kompetensi
: Manajemen Sumber Daya (PKKS 4)













KRITERIA
BUKTI YANG TERIDENTIFIKASI
SKOR

1
2
3
4

1
Mengelola dan mendayagunakan pendidik dan tenaga kependidikan secara optimal.






2
Mengelola dan mendayagunakan sarana dan prasarana sekolah/madrasah secara optimal untuk kepentingan pembelajaran.






3
Mengelola keuangan sekolah/madrasah sesuai dengan prinsip‐prinsip efisiensi, transparansi, dan akuntabilitas.






4
Mengelola lingkungan sekolah yang menjamin keamanan, keselamatan, dan kesehatan.






5
Mengelola ketatausahaan sekolah/madrasah dalam mendukung pencapaian tujuan sekolah/madrasah.






6
Mengelola sistem informasi sekolah/madrasah dalam mendukung penyusunan program dan pengambilan keputusan.






7
Mengelola layanan‐layanan khusus sekolah/madrasah dalam mendukung kegiatan pembelajaran dan kegiatan peserta didik di sekolah/madrasah.






8
Memanfaatkan teknologi secara efektif dalam kegiatan pembelajaran dan manajemen sekolah/madrasah.






Jumlah Skor


SKOR RATA‐RATA = JUMLAH SKOR : 8 =


Deskripsi Kinerja yang Telah Dilakukan:















5.   Kompetensi




: Kewirausahaan (PKKS 5)











KRITERIA
BUKTI YANG TERIDENTIFIKASI
SKOR
1
2
3
4
1
Menciptakan inovasi yang bermanfaat bagi pengembangan sekolah/ madrasah.





2
Memiliki motivasi yang kuat untuk sukses dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsinya sebagai pemimpin pembelajaran.





3
Memotivasi warga sekolah untuk sukses dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsinya masing‐masing.





4
Pantang menyerah dan selalu mencari solusi terbaik dalam menghadapi kendala yang dihadapi sekolah/madrasah.





5
Menerapkan nilai dan prinsip‐prinsip kewirausahaan dalam mengembangkan sekolah/madrasah.





Jumlah Skor

SKOR RATA‐RATA = JUMLAH SKOR : 5 =

Deskripsi Kinerja yang Telah Dilakukan:























6.   Kompetensi
: Supervisi Pembelajaran (PKKS 6)











KRITERIA
BUKTI YANG TERIDENTIFIKASI
SKOR
1
2
3
4
1
Menyusun program supervisi akademik dalam rangka peningkatan profesionalisme guru.





2
Melaksanakan supervisi akademik terhadap guru dengan menggunakan pendekatan dan teknik supervisi yang tepat.





3
Menilai dan menindaklanjuti kegiatan supervise akademik dalam rangka peningkatan profesionalisme guru.





Jumlah Skor

SKOR RATA‐RATA = JUMLAH SKOR : 3 =

Deskripsi Kinerja yang Telah Dilakukan:




















REKAP NILAI

NO


KOMPETENSI PENILAIAN

KODE

SKOR RATA-RATA
1
Kepribadian dan sosial
PKKS 1

2
Kepemimpinan
PKKS 2

3
Pengembangan sekolah/madrasah
PKKS 3

4
Pengembangan sumber daya
PKKS 4

5
Kewirausahaan
PKKS 5

6
Supervisi
PKKS 6


TOTAL


NKKS = (TOTAL SKOR RATA-RATA/24)X100 = …………………………..
KLASIFIKASI NILAI AKHIR = …………………..

                                                                                                     BRAJA SELEBAH,……………………..2013
KEPALA SEKOLAH YANG DINILAI                                                    TIM PENILAI




………………………………………………                                                       SUMADI,S.Pd
NIP. ………………………………………                                                       NIP. 196104201980101001



























FORMAT PERSETUJUAN PENILAIAN KINERJA GURU
DENGAN TUGAS TAMBAHAN SEBAGAI KEPALA SEKOLAH

NAMA                                                                  : ……………………………………………………
N I P                                                                       : ……………………………………………………
TEMPAT TANGGAL LAHIR                             : …………………………………………………..
PANGKAT/GOL. RUANG                                               : ……………………………………………………
JENIS KELAMIN                                                 : …………………………………………………..
MASA KERJA SEBAGAI GURU                     : …………………………………………………..
TMT SEBAGAI KEPALA SEKOLAH                                : …………………………………………………..
PENDIDIKAN TERAKHIR                                 : ……………………………………………………
PELATIHAN CALON KEPALA SEKOLAH     : …………………………………………………..
NAMA SEKOLAH DAN ALAMAT                  : ……………………………………………………
                                                                                  …………………………………………………….
                                                                                  ……………………………………………………
NUPTK / NRG                                                    : …………………………………………………..
PERIODE PENILAIAN                                       :………………………sd ……………………….

PERSETUJUAN

Penilai dan guru yang dinilai menyatakan telah membaca dan memahami semua aspek yang ditulis/
Dilaporkan dilaporkan dalam format ini  dan menyatakan setuju


Nama Guru : …………………………………………….                                           Nama Penilai : ……………………………….


Tanda Tangan = ………………………..                                                               Tanda Tangan = …………………………..
Tanggal = …………………………………

                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                               





HASIL PENILAIAN KINERJA GURU YANG BERTUGAS
SEBAGAI KEPALA SEKOLAH

A.      NAMA                                                                  : ……………………………………………………………………..
N I P                                                                       : ……………………………………………………………………..
TEMPAT TANGGAL LAHIR                             : ……………………………………………………………………..
PANGKAT/GOL.RUANG                                                : ……………………………………………………………………..
TMT SEBAGAI GURU                                      : …………………………………………………………………….
MASA KERJA                                                      : ……………………………………………………………………..
JENIS KELAMIN                                                 : ……………………………………………………………………..
PENDIDIKAN TERAKHIR                                 : ………………………………………………………………………
B.      NAMA INSTANSI SEKOLAH                          : ……………………………………………………………………..
TELP/FAX                                                             : ……………………………………………………………………..
DESA                                                                     : ……………………………………………………………………..
KECAMATAN                                                     : …………………………………………………………………….
KABUPATEN                                                       : ………………………………………………………………………
PROVINSI                                                            : ……………………………………………………………………….
NILAI PK GURU UNTUK
1.       PEMBELAJARAN/PEMBIMBINGAN                          =  ……………………..
2.       TUGAS TAMBAHAN SEBAGAI KEPALASEKOLAH  =  ……………………..
Konversi Nilai PK Guru kedalam skala 0 – 100 sesuai Permenneg PAN dan RB No. 16 tahun 2009

                                       Nilai PKG
NILAI PKG (100) = ………………………………. X 100
                                  Nilai PKG Tertinggi

1.       Pembelajaran/Pembimbingan                           =  ……………………….
2.       Tugas Tambahan Sebagai Kepala Sekolah      =  ……………………….
Berdasarkan hasil konversi  kedalam skala nilai sesuai dengan peraturan tersebut  selanjutnya
Ditetapkan sebutan dan persentasi angka kreditnya untuk :
1.       Pembelajaran/Pembimbingan                           sebutan               …………………        (…………….)
2.       Tugas Tambahan Sebagai Kepala Sekolah      sebutan               ………………..        (…………….)
Perolehan angka kredit (Pembelajaran/Pembimbingan) pertahun bagi guru dengan tugas tambahan
Sebagai Kepala Sekolahdihitung dengan rumus :

                                                (AKK – AKPKB – AKP) X (JM/JWM) X NPK
Angka Kredit Satu Tahun = -------------------------------------------------------- X 25%  = ……………….
                                                                          4

Perolehan Angka Kredit  tugas tambahan pertahun sebagai Kepala Sekolah

                                                    (AKK – AKPKB – AKP) X NPK
Angka Kredit Satu Tahun = ------------------------------------------- X 75%            = …………………
                                                                         4
Total perolehan angka kredit sebagai guru dan tugas tambahan sebagai kepala sekolah = ………………….
                                                                          



 
















Tidak ada komentar:

Posting Komentar