BAB
I
PENDAHULUAN
A.
Latar
Belakang.
Permenpan RB No: 21 tahun 2010 tentang Jabatan Fungsinal Pengawas dan Angka Kreditnya
Bab I Pasal 1 Dalam Peraturan Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara dan
Reformasi Birokrasi ini yang dimaksud dengan: (1) Jabatan fungsional Pengawas
Sekolah adalah jabatan fungsional yang mempunyai ruang lingkup tugas, tanggung
jawab dan wewenang untuk melaksanakan kegiatan pengawasan akademik dan
manajerial pada satuan pendidikan. Pengawas Sekolah
berkedudukan sebagai pelaksana teknis fungsional di bidang pengawasan akademik
dan manajerial pada sejumlah satuan pendidikan yang ditetapkan. Pasal 5
Tugas pokok Pengawas Sekolah adalah melaksanakan tugas pengawasan akademik dan
manajerial pada satuan pendidikan yang meliputi penyusunan program pengawasan,
pelaksanaan pembinaan, pemantauan pelaksanaan 8 (delapan) Standar Nasional
Pendidikan, penilaian, pembimbingan dan pelatihan professional Guru, evaluasi
hasil pelaksanaan program pengawasan, dan pelaksanaan tugas kepengawasan di
daerah khusus. Tanggungjawab dan Wewwenang Pasal 7
Kewajiban Pengawas Sekolah dalam melaksanakan tugas adalah: (a) menyusun
program pengawasan, melaksanakan program pengawasan, melaksakan evaluasi hasil
pelaksanaan program pengawasan dan membimbing dan melatih profesional Guru; (b)
meningkatkan dan mengembangkan kualifikasi akademik dan kompetensi secara
berkelanjutan sejalan dengan perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi, dan
seni; (c) menjunjung tinggi peraturan perundang-undangan, hukum, nilai agama
dan etika; dan (d) memelihara dan memupuk persatuan dan kesatuan bangsa.Pasal 8
Pengawas Sekolah bertanggungjawab melaksanakan tugas pokok dan kewajiban sesuai
dengan yang dibebankan kepadanya.Pasal 9 Pengawas Sekolah berwenang memilih dan
menentukan metode kerja, menilai kinerja Guru dan kepala sekolah, menentukan
dan/atau mengusulkan program pembinaan serta melakukan pembinaan.
Tugas pokok pengawas yang telah
diuraikan di atas sesuai dengan Permenpan RB No 21 tahun 2010, maka perlu
disusun program kepengawasan di awal tahun pelajaran, berupa perencanaan,
pelaksanaan, evaluasi program dan laporan hasil pelaksanaan evalusi
B. Landasan
Hukum.
Sebagai landasan dalam penyusunan program kepengawasan
tahunan adalah:
1. Undang-Undang Republik Indonesia No
20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional;
2. Peraturan
Pemerintah No 19 tahun 2005 yang telah diubah
menjadi Peraturan Pemerintah No.32tahun 2013 pada tentang Standar Nasional Pendidikan;
3. PP No 74 tahun
2008, tentang Guru;
4. Peraturan Menteri
Pendidikan Nasional No 12 tahun 2007 tentang Standar Pengawas Sekolah.
5. Peraturan Menteri
Pendayagunaan Aparatur Negara dan
Reformasi Birokrasi No 21 tahun
2010, tentang Jabatan Fungsional Pengawas dan Angka Kreditnya;
6. Permendiknas No
27 tahun 2010, tentang Induksi Guru Pemula
7. Pedoman Menteri Pendidikan dan Kebudayaan
Republik Indonesia Nomor 143 tahun 2014 tentang Petunjuk Tehnis Jabatan
Fungsional Pengawas Sekolah dan Angka Kreditnya;
8. Program Kerja KKPS
Kabupaten Lampung Timur tahun 2017-2018.
C. Visi,
Misi Dan Tujuan Pengawasan.
1.
Visi :
Meningkatkan Keprofesionalan kepala sekolah
dan guru wilayah binaan.
2.
Misi :
a. Melakukan
pemantauan delapan standar
b. Melakukan
pembinaan terhadap kepala sekolah dan guru
c. Melakukan
penilaian formatif kepala sekolah, dan guru
d. Melaksanakan
penilaian sumatif, sebagai upaya menentukan nilai kinerja kepala sekolah dan
guru
e. Melaksanakan
supervisi guru dan kepala sekolah
3.
Tujuan Pengawasan.
a. Penyusunan
Program Kepengawasan dilakukan sebagai sarana dalam melakukan tugas-tugas kepengawsan,
agar pelaksanaan kepengawasan dapat dilakukan tepat sasaran dalam meningkatkan
sumberdaya pendidikan, menuju peningkatan mutu pendidikan secara keseluruhan
b. Hasil
pelaksanaan pembinaan sebagai bahan kajian dalam melakukan penelitan dan
pengembangan dalam bentuk tindakan kepengawasan di wilayah binaan, sesuai
dengan amanat Permen 12 tahun 2007 tentang Kompetensi Pengawas pada kompetensi
penelitian dan pengembangan pengawas sekolah.
c. Sebagai
gambaran kinerja pengawas, dan sebagai bahan pertimbangan dalam menentukan
penilaian kinerja pengawasan tahunan
D. Sasaran
Dan Strategi Pengawasan.
a.
Sasaran Pengawasan.
Sasaran pengawasan pada tahun
pelajaran 2017-2018 berbeda dengan
sebelumnya yang mengacu pada jumlah sekolah, pada saat ini mengacu pada jumlah guru yang telah
ditentukan pada DAPODIK . Sasaran tersebut terdiri dari 63 orang guru ( 7 sekolah binaan).
Tabel.
1
Daftar
Sekolah dan Guru Binaan Kecamatan Braja Selebah TP 2017/2018
|
NO
|
NAMA SEKOLAH
|
NAMA GURU
|
NUPTK
|
KET
|
|
1
|
SDN 1 Braja Indah
|
PURNYOTO,S.Pd.SD
|
9241741642200013
|
KS
|
|
|
|
ETTY
ROHAETY,S.Pd.SD
|
3744741642300062
|
|
|
|
|
NELMI
HAUZANI, S.Pd
|
0546740643300012
|
|
|
|
|
KHOTIB
ELRIYUNUS
|
6451737640200003
|
|
|
|
|
APIANI
|
8952741642300022
|
|
|
|
|
SHAROF,
S.Pd
|
2633745650200002
|
|
|
|
|
ENDRIYATI,
S.Pd
|
3533745647300043
|
|
|
|
|
ENI
CAHYAWATI
|
1462746651300003
|
|
|
|
|
SUSRIYANTO
|
2046741647200003
|
|
|
|
|
ADI
PRAMONO
|
1452763658110002
|
|
|
2
|
SDN 1 Braja Yekti
|
TUTIK SUNARTI,E,S.Pd
|
7651743643300002
|
KS
|
|
|
|
MUNAWAR
|
7450737640200003
|
|
|
|
|
SRIYANTO
|
1959741644200012
|
|
|
|
|
HARYANI
|
9136745647300033
|
|
|
|
|
MARIJAN
|
2537743645200012
|
|
|
|
|
PARMIATUN
|
6142759661300043
|
|
|
|
|
SUNARNI
|
2533745648300033
|
|
|
|
|
KETUT SUNIWIYATI
|
8354761664300003
|
|
|
3
|
SDN 1 Br.Harjosari
|
WAYAN TANTRE
|
1535739641200022
|
KS
|
|
|
|
MUTHOHAROH,S.Pd
|
1341742641300003
|
|
|
|
|
BARMAN.S.Pd
|
2333738640200023
|
|
|
|
|
SITI SUBIHAT,S.Pd
|
0144745649300013
|
|
|
|
|
PURWANTO,S.Pd
|
4358743648200003
|
|
|
|
|
TUKIDI, S.Pd
|
7949747649200022
|
|
|
|
|
BAMBANGWIDIATMOKO
|
2858762664200002
|
|
|
|
|
ASANI
|
7041745648300023
|
|
|
4
|
SDN 2 Br.Harjosari
|
NENGAH SASIH,S.Pd
|
9544742646300012
|
KS
|
|
|
|
Drs.MUH SUPRAPTO
|
1561738643200002
|
|
|
|
|
WAGIMAN, S.Pd.SD
|
9136739642200013
|
|
|
|
|
SUWARSIH, S.Pd.SD
|
7747741643300032
|
|
|
|
|
MARSITI, S.Pd
|
7256750652300033
|
|
|
|
|
FATHONAH
|
0644748650300052
|
|
|
|
|
SUTIJAH
|
8352745647300023
|
|
|
5
|
SDN 1 Braja Luhur
|
PAIMIN, S.Pd
|
2257741643290023
|
KS
|
|
|
|
SRI UTAMI.M,S.Pd.SD
|
6140739641300033
|
|
|
|
|
SUHARYATNO
|
1544735638200003
|
|
|
|
|
SUBANDI
|
5047742646200003
|
|
|
|
|
SUPARDI, A.Ma.Pd
|
9649743646200022
|
|
|
|
|
YULIATI, S.Pd.SD
|
0039747651300013
|
|
|
|
|
SUJINAH
|
7752741641300002
|
|
|
|
|
NURHIDAYAH
|
6244746648300033
|
|
|
|
|
DEPI SUHARYATO, SE
|
3559764666200002
|
|
|
|
|
FITRI ADE KURNIAWATI
|
3550766667210092
|
|
|
|
|
SUJARWO,S.Pd.SD
|
8137737639200033
|
|
|
|
|
ROSMI, S.Pd
|
3973763930000043
|
|
|
6
|
SDN Br. Gemilang
|
TRI HIDAYATIN, S.Pd
|
0736743643309912
|
KS
|
|
|
|
KADAR
|
3147735639200003
|
|
|
|
|
ENDANG . R, .A.Ma.Pd
|
5443748641300002
|
|
|
|
|
JOKO RAHWONO
|
3147735639200003
|
|
|
|
|
SUGENG SASTRO ,S,.S.Pd
|
8250745648200023
|
|
|
|
|
SANGADI
|
2939741642200032
|
|
|
|
|
TITIN SUMARTI.S.Pd.SD
|
5554744646300033
|
|
|
|
|
AMINAH.S.Pd.SD
|
4347745648300033
|
|
|
|
|
SRI UTAMI
|
8039756648300033
|
|
|
|
|
KETUT WIRANTANA .S.Pd.H
|
9454760661300032
|
|
|
|
|
|
|
|
|
7
|
SDN Br. Kencana
|
MAMAN
SUPARMAN, S.Pd
|
9135742462000136
|
|
|
|
|
SUDARISMAN, S.Pd
|
2743737637200002
|
|
|
|
|
MARIDI, S.Pd
|
9933739640200012
|
|
|
|
|
EKO PARWONO,S.Pd
|
8047753655200023
|
|
|
|
|
YENI ERLININGSIH,S.Pd
|
6949744646300042
|
|
|
|
|
SUMARMI, S.Pd
|
0837743646300052
|
|
|
|
|
SUWARNINGSIH,S.Pd.I
|
7438748651300023
|
|
|
|
|
DIDIK SUDIBYO,S.Pd.SD
|
7440764666200003
|
|
|
|
|
SUHERMANTO,S.Pd.I
|
2457765667110022
|
|
|
7 Sekolah Binaan = 63 Orang Guru
|
||||
b.
Strategi Pengawasan.
Dalam strategi
kepengawasan meliputi :
1) Menyusun
rencana kepengawasan wilayah binaan.
2) Mempersiapkan instrumen
penilaian kinerja guru.
3) Mempersiapkan panduan dan
instrumen penilaian kinerja kepala sekolah.
4) Menyusun
Program PKB, sesuai hasil penilaian formatif guru dan kepala sekolah.
5) Menyusun
panduan instrumen SKP guru dan kepala sekolah.
6) Menyusun materi
pembinaan frofesional guru, kepala sekolah.
7) Menyusun
instrumen pemantauan delapan standar pendidikan di wilayah binaan.
8) Menyusun raport
kinerja guru dan kepala sekolah.
E.
|
ALUR KEGIATAN
KEPENGAWASAN
|
|
Menentukan
sasaran dan target
Sasaran
|
|
Sekolah
binaan guru dan kepala sekolah
|
|
Pengawasan
akademik dan manajerial
|
|
Pembinaan
guru dan/atau kepala sekolah
|
|
Pemantauan
SNP
|
|
Penilaian
Kinerja Guru (PKG) dan/atau Kepala Sekolah(PKKS)
|
|
Pengembangan
& pelatihan Profesional Guru dan/atau Kepala Sekolah
|
|
Laporan
Pengawasan Akademik & Manajerial
|
|
Laporan
Pembinaan Guru dan/atau Kepala Sekolah
|
|
Laporan
Pemantauan SNP
|
|
Laporan
PK Guru dan/atau PK Kepala Sekolah
|
|
Laporan
pelaksanaan pembimbingan dan pelatihan
|
|
Evaluasi
Pelaksanaan Pembimbingan dan Pelatihan
|
|
1
|
|
2
|
|
3
|
|
4
|
|
5
|
F. Ruang
Lingkup Kepengawasan.
|
LINGKUP
KEPENGAWASAN
|
SASARAN
|
URAIAN
MATERI
|
URAIAN
KEGIATAN
|
||
|
AKADEMIK
|
1.
Pembinaan
guru
|
Pembinaan kompetensi guru yaitu kompetensi paedagogik
,professional,kepribadian dan social melalui pelaksanaan tugas pokok guru dalam
merencanakan ,melaksanakan dan menilai hasil pembelajaran
|
1.
Menyusun
program pembinaan guru
2.
Melaksanakan
program pembinaan guru
3.
Menganalisa
dan mengevaluasi hasil pelaksanaan pengawasan
4.
Menyusun
laporan pembinaan guru
|
||
|
2.
Pemantauan
SNP
|
Pemantauan Pelaksanaan
1. Standai Isi
2. Standar proses
3. STandar Kelulusan
4. Standar Penilaian
|
1.
Menyusun
program pemantauan SNP
2.
Melaksanakan
Pemantauan pelaksanaan SNP
3.
Menganalisis
dan mengevaluasi hasil pelaksanaan pemantauan SNP
4.
Menyusun
laporan pemantauan SNP
|
|||
|
|
3.
Penilaian kinerja
guru
|
Penilaian Kinerja Guru berdasarkan tugas pokok guru, yaitu
perencanaan pembelajaran, melaksanankan pembelajaran dan menilai hasil
pembelajaran
|
1.
Menyusun
program penilaian kinerja guru
2.
Melaksanakan
PKG
3.
Menganalisa
dan mengevaluasi hasil pelaksanaan PK Guru
4.
Gas Menyusun
Laporan PK guru
|
||
|
4.
Pembimbingan
dan Pelatihan Guru di MGMP/KKG
|
Pembimbingan dan pelatihan professional guru dan/atau
kepala sekolah yaitu program perencanaan pembelajaran ,pelaksanaan
pembelajaran,pelaksanaan penilaian hasil pembelajaran, pelaksanaan
pembimbingan dan pelatihan siswa dan tugas tambahan, pembimbingan pembuatan
KTI dalam bentuk PTK dan pembimbingan pengawas sekolah muda dan madya
|
1. Menyusun program pembimbingan dan pelatihan professional
guru di MGMP/KKG
2. Melaksanakan pembimbingan dan pelatihan professional guru
3. Menganalisis dan mengevaluasi hasil pembimbingan dan
pelatihan professional guru
4. Melaksanan
5. Kan pembimbingan pengawas sekolah muda dan/atau pengawas
sekolah madya dalam melaksanakan tugas pokok
6. Melaksanakan pembimbingan dan pelatihan guru dalam
pelaksanaan penelitian tindakan kelas.
|
|||
|
LINGKUP
KEPENGAWASAN
|
SASARAN
|
URAIAN
MATERI
|
URAIAN
KEGIATAN
|
||
|
MANAJERIAL
|
1.
Pembinaan
Kepala Sekolah
|
Melakukan pendampingan terhadap kepala sekolah dalam
pengelolaan dan administrasi sekolah (supervise manajerial) dalam
melaksanakan tugas tambahan sebagai kepala sekolah (melaksanakan kepemimpinan
pembelajaran, pengembangan sekolah, manajemen sumber daya, kewirausahaan dan
melaksanakan supervise pembelajaran)
|
1. Menyusun Program Pembinaan Kepala Sekolah
2. Melaksanakan Pembinaan Kepala Sekolah
3. Mengevaluasi Hasil pembinaan Kepala Sekolah
4. Menyususn Laporan Hasil Pembinaan Kepala Sekolah
|
||
|
|
2.
Pemantauan SNP
|
Pemantauan Pelaksanaan :
1.
Standar Pendidik dan Tenaga
Kependidikan
2.
Standar Sarana dan Prasarana
3.
Standar Pengelolaan
4.
Standar Pembiayaan
|
1. Menyusn Program Pemantauan SNP
2. Melaksanakan Pemantauan SNP
3. Menganalisis dan Mengevaluasi Hasil Pemantauan SNP
4. Menyusun Laporan Hasil pemantauan
|
||
|
3.
Penilaian Kinerja Kepala Sekolah
|
Penilaian Kinerja Kepala sekolah berdasarkan Tugas pokok
kepala sekolah dan tugas tambahan kepala sekolah sesuai Permen PAN dan RB
No.16 Tahun 2009 tentang jabatan fungsional guru dan/atau Permendikbud tentang Juknis
Jabatan Fungsional Guru dan Angka
Kreditnya . Aspek Penilaian kinerja Kepala Sekolah adalah Manajerial dan
Akademik
|
1.
Menyusun Program Penilaian Kinerja
Kepala Sekolah
2.
Melaksanakan Penilaian Kinerja
Kepala Sekolah
3.
Menganalisis dan mengevaluasi
Hasil penilaian Kinerja Kepala Sekolah
4.
Menyusun Laporan Hasil penilaian
Kinerja Kepala Sekolah
|
|||
|
4.
Pembimbingan dan Pelatihan Kepala
sekolah di KKKS/MKKS
|
Pembimbingan dan Pelatihan professional kepala
sekolah yaitu menyusun program kerja
sekolah, pelaksanaan program kerja sekolah, program pengawasan dan evaluasi ,
kepemimpinan sekolah, system informasi manajemen, pembimbingan PTK/PTS,
penyusunan RKAS dengan SNP, Akreditasi sekolah
|
1.
Menyusun program pembimbingan dan
Pelatihan professional Kepala Sekolah di KKKS
2.
Melaksanakan Pembimbingan dan
Pelatihan Profesional Kepala Sekolah
3.
Melaksanakan Pembimbingan dan
Pelatihan Kepala Sekolah dalam menyusun Program Kerja Kepala Sekolah,
Pelaksanaan Program Kerja Sekolah, Pengawasan dan Evaluasi, Kepemimpinan
Kepala Sekolah dan Sistem Informasi Manajemen
4.
Mengevaluasi Hasil pembimbingan
dan pelatihan Profesional Kepala Sekolah
5.
Melaksanakan Pembimbingan dan Pelatihan
Profesional kepala Sekolah dalam Pelaksanaan Penelitian Tindakan
|
|||
G. Tujuan
dan Manfaat Program pengawasan.
1.
Tujuan.
a) Penyusunan
Program Kepengawasan dilakukan sebagai sarana dalam melakukan tugas-tugas
kepengawsan, agar pelaksanaan kepengawasan dapat dilakukan tepat sasaran dalam
meningkatkan sumberdaya pendidikan, menuju peningkatan mutu pendidikan secara
keseluruhan.
b) Hasil
pelaksanaan pembinaan sebagai bahan kajian dalam melakukan penelitan dan
pengembangan dalam bentuk tindakan kepengawasan di wilayah binaan, sesuai
dengan amanat Permen 12 tahun 2007 tentang Kpmpetensi Pengawas pada kompetensi
penelitian dan pengembangan pengawas sekolah.
c) Digunakan
sebagai alat ukur keberhasilan atau kegagalan dalam pelaksanaan pembinaan. Selanjutnya atas keberhasilan
pembinaan perlu dilakukan pemantapan, sedangkan pada bagian kegagalan sebagai
sarana untuk melakukan umpan balik serta perbaikan dan refleksi
atas pelaksanaan kepengawasan.
d) Sebagai
gambaran kinerja pengawas, dan sebagai bahan pertimbangan dalam menentukan
penilaian kinerja pengawasan tahunan.
2. Manfaat Program Pengawasan.
a) Manfaat teoritis.
Bahwa
program pengawas ini diharapkan dapat menambah wawasan pengawas dalam
melaksanakan tugas pokok dan fungsinya sehingga hasilnya dapat dipertanggung
jawabkan secara ilmiah sesuai dengan Buku Kerja Pengawas.
b) Manfaat Praktis.
Memudahkan
pengawas dalam melakukan pembinaan di wilayah binaannya baik guru maupun kepala
sekolah dan hasil pembinaan serta bukti fisiknya sebagai bahan untuk membuat
laporan pertanggungjawaban .
BAB II
EVALUASI HASIL PELAKSANAAN PROGRAM
KEGIATAN PENGAWASAN TAHUN SEBELUMNYA.
A. Indentifikasi Hasil Pengawasan
(Tahun Sebelumnya)
|
No
|
Program
|
Aspek/Materi supervisi
|
Target Pencapaian
|
Hasil Yang Dicapai
|
Kesenjangan
|
Alternatif pemecahan Masalah (Tindak Lanjut)
|
Keterangan (Nama Sekolah Binaan)
|
|
1
|
Pembinaan Guru
|
Penyusunan Silabus dan RPP
|
100 %
|
80 %
|
Guru masih belum memahami cara mengembangkan indikator
|
Pembinaan berkelanjutan dan terprogram
|
SDN
1 Br.Indah, SDN 1 Br.Yekti, SDN 1 Br.Harjosari,SDN 2 Br.Harjosari,SDN
1Br.Luhur.,SDN Br.Gemilang,SDN Br.Kencana
|
|
2
|
Pembinaan Kepala Sekolah
|
Penyusunan RKAS
|
100 %
|
100 %
|
-
|
Pemantauan
|
SDN 1 Br.Indah, SDN 1 Br.Yekti, SDN 1 Br.Harjosari,SDN 2
Br.Harjosari,SDN 1Br.Luhur.,SDN Br.Gemilang,SDN Br.Kencana
|
|
3
|
Pemantauan Pelaksanaan SNP
|
Pemantauan 8 SNP
|
100 %
|
80 %
|
Masih ada sekolah yang belum memenuhi SNP
|
Pembinaan berkelanjutan dan terprogram
|
SDN 1 Br.Indah, SDN 1 Br.Yekti, SDN 1 Br.Harjosari,SDN 2
Br.Harjosari,SDN 1Br.Luhur.,SDN Br.Gemilang,SDN Br.Kencana
|
|
4
|
Penilaian Kinerja Guru
|
Membimbing Guru dan KS dalam melakukan PKG
|
100 %
|
100 %
|
Kepala Sekolah dan Guru senior sebagai penilai masih belum
memahami cara penilaian
|
Pembinaan berkelanjutan dan terprogram
|
SDN 1 Br.Indah, SDN 1 Br.Yekti, SDN 1 Br.Harjosari,SDN 2
Br.Harjosari,SDN 1Br.Luhur.,SDN Br.Gemilang,SDN Br.Kencana
|
|
5
|
Penilaian Kinerja Kepala Sekolah
|
Pelaksanaan Penilaian Kinerja Kepala Sekolah
|
100 %
|
100 %
|
-
|
Pemantauan
|
SDN 1 Br.Indah, SDN 1 Br.Yekti, SDN 1 Br.Harjosari,SDN 2
Br.Harjosari,SDN 1Br.Luhur.,SDN Br.Gemilang,SDN Br.Kencana
|
|
6
|
Pembimbingan dan Pelatihan Guru
|
Pelaksanaan Pembimbingan Guru dalam menyusun PTK
|
100 %
|
50 %
|
Masih banyak guru yang belum memahami cara menyusun PTK
|
Pembinaan berkelanjutan dan terprogram
|
SDN 1 Br.Indah, SDN 1 Br.Yekti, SDN 1 Br.Harjosari,SDN 2
Br.Harjosari,SDN 1Br.Luhur.,SDN Br.Gemilang,SDN Br.Kencana
|
|
7
|
Pembimbingan dan Pelatihan Kepala Sekolah
|
Pelaksanaan Pembimbingan Kepala sekolah dalam menyusun PTS
|
100 %
|
60 %
|
Masih banyak guru yang belum memahami cara menyusun PTS
|
Pembinaan berkelanjutan dan terprogram
|
SDN 1 Br.Indah, SDN 1 Br.Yekti, SDN 1 Br.Harjosari,SDN 2
Br.Harjosari,SDN 1Br.Luhur.,SDN Br.Gemilang,SDN Br.Kencana
|
B.
Evaluasi
Dan Tindak Lanjut Hasil Pengawasan Tahun Sebelumnya Sebagai Acuan Dalam
Penyusunan Program Pengawasan.
|
No
|
Aspek/Materi
|
Kegiatan
|
Sasaran
|
Target
|
Metode Ketercapaian
|
Metode
|
Hambatan
|
Ketercapaian
|
Tindak Lanjut
|
|
1
|
Pembinaan Guru
|
Pembinaan penyusunan Perencanaan pembelajaran
|
63 Guru
|
100%
|
Pembimbingan menggunakan diskusi kelompok
|
Diskusi Kelompok
|
Masih banyak guru enggan dating ke KKG
|
70 %
|
Pembimbingan
|
|
2
|
Pembinaan Kepala Sekolah
|
Pembimbingan dalam penyusunan Program Kerja Sekolah
|
7 Kepala sekolah
|
100%
|
Pembimbingan menggunakan diskusi kelompok
|
Diskusi Kelompok
|
-
|
100 %
|
Pemantauan
|
|
3
|
Pemantauan Pelaksanaan SNP
|
Pembimbingan dalam pemenuhan SNP
|
7 Kepala sekolah
|
100%
|
Pembimbingan menggunakan diskusi kelompok
|
Diskusi Kelompok
|
Masih ada KS yg belum memahami SNP
|
80 %
|
Pembimbingan
|
|
4
|
Penilaian Kinerja Guru
|
Pembinaan guru tentang perencanaan, pelaksanaan dan
penilaian hasil belajar
|
63 Guru
|
100%
|
Pembimbingan menggunakan diskusi kelompok
|
Diskusi Kelompok
|
Masih ada Guru yg belum memahami metode pembelajaram
|
70 %
|
Pembimbingan
|
|
5
|
Penilaian Kinerja Kepala Sekolah
|
Pembinaan Kepala sekolah tentang pengelolaan sekolah
|
7 Kepala sekolah
|
100%
|
Pembimbingan menggunakan diskusi kelompok
|
Diskusi Kelompok
|
-
|
100 %
|
Pembimbingan
|
|
6
|
Pembimbingan dan Pelatihan Guru
|
Pembimbingan guru dalam menyusun PTK
|
63 Guru
|
100%
|
Pembimbingan menggunakan diskusi kelompok
|
Diskusi Kelompok
|
Masih ada Guru yg belum enggan berpikir untuk
mengindentifikasi dan menganalisi masalah yang kaitanya dengan pembelajaran
|
50 %
|
Pembimbingan
|
|
7
|
Pembimbingan dan Pelatihan Kepala Sekolah
|
Pembimbingan Kepala Sekolah dalam penyusunan PTS
|
7 Kepala sekolah
|
100%
|
Pembimbingan menggunakan diskusi kelompok
|
Diskusi Kelompok
|
Masih ada KS yang belum termotivasi bahwa PTS merupakan
satu alternative demi perbaikan ke depan
|
60 %
|
Pembimbingan
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar