Jumat, 01 Februari 2013

RPP PKn Berkarakter

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )

Nama Sekolah    :    SDN .......................................................
Mata Pelajaran    :  Pendidikan Kewarganegaraan           
Kelas    :  V (lima)
Semester    :   2 (Dua)
Alokasi Waktu    :  4 x 35 menit (2 pertemuan).
KKM                    :  .............


A. Standar Kompetensi       
3. Memahami kebebasan berorganisasi.

B. Kompetensi Dasar   
3.1. Mendekripsikan pengertian organisasi

C. Indikator.
•    Mendeskripsikan pengertian organisasi.
•    Menyebutkan contoh-contoh tujuan organisasi.
•    Menyebutkan contoh-contoh anggota organisasi.
•    Merumuskan contoh struktur organisasi.
•    Merumuskan contoh tata tertib organisasi.

D. Tujuan Pembelajaran
    Siswa dapat menjelaskan pengertian organisasi. 
    Siswa dapat menyebutkan contoh-contoh tujuan organisasi.
    Siswa dapat menyebutkan contoh-contoh anggota organisasi.
    Siswa dapat menyebutkan contoh struktur organisasi.
    Siswa dapat merumuskan contoh tata tertib organisasi.

    Karakter siswa yang diharapkan :  Dapat dipercaya , Rasa hormat dan perhatian , Tekun  ,    Tanggung jawab Berani , Integritas , Peduli , Jujur 
E. Materi Ajar
    Pengertian organisasi
    Ciri-ciri organisasi. : Tujuan Organisasi, Anggota Organisasi, Struktur organisasi dan Tata Tertib Organisasi

F. Pendekatan dan Metode Pembelajaran  Pendekatan Kontekstual.
    Diskusi dengan teman sebangku.
    Tanya jawab.
    Ceramah.
    Penugasan.

G. Langkah-langkah Kegiatan
Pertemuan Pertama
    Kegiatan Awal
–    Siswa dan guru berdoa sesuai dengan agama , presensi, apersepsi dan kepercayaan masing-masing, untuk mengawali pelajaran.
–    Memberikan motivasi dan menjelaskan tujuan pembelajaran
–    Guru bertanya pada siswa tentang organisasi yang ada di sekolah.
    Kegiatan Inti
     Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
•    Siswa mencoba membuat definisi kata “organisasi”. 
     Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
•    membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
•    memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
•    memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
•    memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
•    memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
•    memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
•    memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
•    Guru menyiapkan kelas diskusi, lalu mengundi namajenis-jenis organisasi yang ada di lingkungan sekolah dan masyarakat untuk dibahas oleh tiap kelompok.
•    Siswa mendiskusikan dan mencatat tujuan organisasi tersebut secara tertulis.
•    Siswa mendiskusikan dan mencatat siapa yang menjadi anggota dalam organisasi tersebut.
•    Siswa melaporkan pekerjaannya di depan teman-teman secara lisan.
     Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
•    Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
•    Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
    Kegiatan Penutup
    Dalam kegiatan penutup, guru:
•    Siswa dan guru bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari selama pertemuan itu untuk mengetahui pencapaian Indikator Pencapaian Kompetensi dan Kompetensi Dasar.
•    Siswa dan guru membuat kesimpulan dari materi yang telah dipelajari.
•    Siswa dan guru berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing untuk mengakhiri pelajaran.

Pertemuan Kedua
    Kegiatan Awal
–    Siswa dan guru berdoa sesuai dengan agama , presensi, apersepsi dan kepercayaan masing-masing, untuk mengawali pelajaran.
–    Memberikan motivasi dan menjelaskan tujuan pembelajaran
–    Guru bertanya pada siswa, peraturan apa saja yang ada di sekolah, serta siapa yang akan menghukum siswa jika mereka melanggar peraturan itu.
    Kegiatan Inti
     Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
•    Guru menyiapkan diagram besar berisi hierarki kepemimpinan di sekolah.
•    Guru bertanya kepada siswa tentang fungsi tiap jabatan dalam hierarki tersebut.
•    Siswa menyiapkan pekerjaan yang telah dibuat dalam pertamuan sebelumnya.
     Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
•    membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
•    memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
•    memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
•    memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
•    memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
•    memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
•    memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
•    Siswa melanjutkan pekerjaan tersebut, yaitu membuat diagram hierarki kepemimpinan/struktur organisasi yang telah mereka kerjakan pada pertemuan sebelumnya.
•    Siswa mendaftar sejumlah peraturan yang ia ketahui pada organisasi tersebut.
•    Siswa melaporkan pekerjaannya di depan teman-teman secara lisan.
     Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
•    Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
•    Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
    Kegiatan Penutup
    Dalam kegiatan penutup, guru:
•    Siswa dan guru bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari selama pertemuan itu untuk mengetahui pencapaian Indikator Pencapaian Kompetensi dan Kompetensi Dasar.
•    Siswa dan guru membuat kesimpulan dari materi yang telah dipelajari.
•    Siswa dan guru berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing untuk mengakhiri pelajaran.

H. Sumber/Bahan Belajar
    Gambar diagram struktur organisasi apa saja yang ada di lingkungan sekolah.
    Buku paket (Buku Pendidikan Kewarganegaraan untuk Sekolah Dasar Kelas V, terbitan Narasumber umum.)
    Lingkungan sekolah.
    Masyarakat sekitar dan lingkungan kehidupan siswa di luar sekolah.

    I. Penilaian   
  
Diskusikan bersama kelompokmu tentang masalah-masalah di bawah ini, kemudian presentasikan di depan kelas! Kemudian lakukan tanya jawab serta buatlah kesimpulan dari hasil presentasi bersama kelompokmu tersebut!


1.    Sebutkan akibat jika pengurus organisasi melalaikan tugas-tugasnya!
2.    Apa saja hak dan kewajiban pengurus organisasi?
3.    Apa saja hak dan kewajiban anggota organisasi?
4.    Bagaimana cara mencapai tujuan dari sebuah organisasi?
5.    Apa saja tantangan yang dihadapi oleh seorang pengurus organisasi?

Isilah titik-titik berikut ini!
1.    Tujuan organisasi adalah ....
2.    Langkah-langkah dalam berorganisasi adalah ....
3.    Struktur organisasi adalah ....
4.    Manusia disebut makhluk sosial karena ....
5.    Sebuah organisasi dibentuk karena ....
6.    Unsur-unsur dari organisasi adalah ....
7.    Cara berorganisasi yang baik adalah ....
8.    Sesama anggota dalam organisasi harus saling percaya karena ....
9.    Sebuah organisasi membutuhkan koordinasi antar bagian karena ....
10.    Ciri-ciri organisasi yang baik adalah ........


Mengetahui
Pengawas Pembina



.......................................
NIP.............................    Mengetahui
Kepala SDN ....................



.......................................
NIP..................................    ..........................................
Guru Pkn



.............................................
NIP................................

Rangkuman materi
Pengertian Organisasi

Organisasi merupakan suatu perkumpulan yang anggotanya terdiri atas beberapa orang untuk melakukan kerja sama dalam upaya mencapai tujuan bersama.
Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, organisasi adalah kesatuan yang terdiri atas bagian-bagian atau orang-orang dalam perkumpulan untuk mencapai tujuan tertentu. Jadi, organisasi adalah tempat berkumpulnya orang-orang demi tujuan tertentu. Organisasi terbentuk bila dua orang atau lebih maupun sekelompok orang yang bekerja sama dan menjalankan suatu pekerjaan atau kegiatan demi mencapai tujuan yang sama pula. Dalam suatu organisasi terdapat pembagian tugas. Pembagian tugas yang dilakukan harus disesuaikan dengan kemampuan setiap individu.
Organisasi memiliki beberapa unsur, antara lain:
a.    Adanya tujuan, yaitu sesuatu yang ingin diwujudkan serta dicapai sehingga memunculkan adanya tugas, wewenang, dan tanggung jawab.
b.    Adanya pembagian tugas sekelompok orang
c.    Adanya kerja sama di antara orang-orang yang bekerja.
Dapat disimpulkan bahwa pengertian organisasi adalah suatu perkumpulan yang anggotanya terdiri atas beberapa orang untuk melakukan kerja sama dalam upaya mencapai tujuan bersama.
Sebuah organisasi memiliki pengurus, anggota, dan tujuan. Tujuan dibentuknya organisasi adalah agar kegiatan organisasi berjalan dengan lancar, dan para anggota dapat menjalin kerja
sama untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan.

2. Manfaat Organisasi
Organisasi merupakan kegiatan yang tidak wajib kita ikuti. Meskipun demikian, tidak ada salahnya kita aktif dalam kegiatan organisasi. Mengikuti organisasi sangat banyak manfaatnya.
Beberapa manfaat organisasi antara lain:
a. Menambah wawasan dan pengalaman
b. Mengetahui dan mengaembangkan bakat
c. Menambah teman
d. Mudah bergaul
e. Melatih diri mandiri
f. Membagi dan mengisi waktu dengan kegiatan yang bermanfaat
g. Menimbulkan kepercayaan diri dan tidak mudah mengeluh.

3. Tugas-Tugas Pengurus Organisasi
Dalam suatu organisasi terdiri dari beberapa pengurus, dan masing-masing pengurus mempunyai tugas yang berbeda-beda. Pengurus dalam sebuah organisasi terdiri dari ketua, sekretaris, bendahara, dan lain-lain.
Adapun tugas-tugas dari pengurus suatu organisasi, antara lain:
a. Ketua, mempunyai tugas:
1) Mengurus organisasi.
2) Bertanggung jawab ke luar dan ke dalam organisasi.
3) Memimpin rapat.
4) Mengadakan hubungan dengan pihak luar.
5) Membuat rencana kerja..
b. Wakil ketua, mempunyai tugas:
1) Membantu ketua dalam mengurus organisasi.
2) Bertanggung jawab dan menggantikan tugas ketua, apabila ketua tidak ada.
c. Sekretaris, mempunyai tugas:
1) Membantu ketua dalam mengurus organisasi.
2) Membuat agenda kegiatan organisasi.
3) Membuat surat-surat yang diperlukan/proposal kegiatan.
4) Membuat arsip.
5) Membuat rencana kerja organisasi bersama ketua.
d. Bendahara, mempunyai tugas:
1) Membantu ketua dalam mengurus organisasi.
2) Mengurus masalah keuangan organisasi.
3) Membuat laporan keuangan.
4) Membantu ketua membuat rencana kerja organisasi.

Organisasi memiliki unsur-unsur sebagai berikut:
a.    Manusia (anggota dan pemimpin)
Setiap organisasi digerakkan oleh manusia. Artinya, manusialah yang menggerakkan suatu organisasi. Dalam organisasi terdapat seorang pemimpin dan ada beberapa orang yang dipimpin anggota.
b.    Tujuan
Tujuan adalah sesuatu yang ingin dicapai dan diwujudkan secara bersama sama. Untuk mencapai tujuan diperlukan pembagian tugas, kewajiban, hak, kewenangan, dan tanggung jawab masing-masing.
c.    Pembagian tugas
Dalam suatu organisasi diperlukan pembagian tugas yang jelas. Pembagian tugas dalam organisasi disesuaikan dengan tugas dan tanggung jawab anggota organisasi. Tugas yang satu dengan tugas yang lain saling berhubungan. Apabila suatu ketika terjadi kesalahan, maka akibatnya akan ditanggung oleh seluruh anggota organisasi tersebut. Oleh karena itu masing-masing anggota organisasi harus bisa melaksanakan tugas yang diberikan dengan baik.
d.    Kerja sama
Sistem kerja sama yang tersusun rapi, mutlak diperlukan dalam sebuah organisasi. Kerja sama penting bagi terselenggaranya tugas dan kewajiban masing-masing anggota organisasi. Tanpa bekerja sama, tujuan organisasi tidak akan pernah tercapai.

RPP Kepala Sekolah PKn smt 2 Jika menginginkan lengkap hubungi.081272423116

Tidak ada komentar:

Posting Komentar