LAPORAN
PENELITIAN TINDAKAN SEKOLAH
(PTS)
EFEKTIFITAS
SUPERVISI KLINIS UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI
GURU
DALAM MENYUSUN ADMINISTRASI DAN PENGELOLAAN PEMBELAJARAN DI SD NEGERI 2 BRAJA
LUHUR KECAMATAN
BRAJA SELEBAH SEMESTER GENAP
TAHUN
PELAJARAN 2010/2011

OLEH:
SUMADI, S.Pd
NIP 19610429 198010 1 001
SEKOLAH DASAR NEGERI
2 BRAJA LUHUR
KECAMATAN BRAJA
SELEBAH
KABUPATEN LAMPUNG
TIMUR
LEMBAR
PENGESHAN
Dengan ini Koordinator Pengawas Kabupaten
Lampung Timur mengesahkan Penelitian Tindakan Sekolah,
saudara :
Nama : SUMADI,S.Pd.
N I P : 19610420 198010 1 001
Pangkat / Golongan Ruang : Pembina TK 1/ IV B
Pekerjaan : Pengawas TK/SD
Unit Kerja : Dinas Dikpora Kabupaten Lampung Timur
Judul PTS :
“ EFEKTIFITAS SUPERVISI KLINIS UNTUK
MENINGKATKAN KOMPETENSI GURU DALAM MENYUSUN ADMINISTRASI DAN PENGELOLAAN
PEMBELAJRAN DI SD NEGERI 2 BRAJA LUHUR KECAMATAN BRAJA SELEBAH SEMESTER GENAP
TAHUN PELAJARAN 2010/2011”
Demikianlah pengesahan ini diberikan untuk dapat
dipergunakan sebagaimana mestinya.
Sukadana, 10 Mei 2010
Koordinator Pengaas
Drs.Hi.
MUJADI
NIP.19530103 197203 1 001
ABSTRAK
Efektifitas
Supervisi Klinis Untuk Meningkatkan Kompetensi Guru Dalam
Menyusun
Administrasi dan Pengelolaan
Pembelajaran Di SD Negeri 2
Braja
Luhur Kecamatan Braja Selebah Semester Genap
Tahun
Pelajaran 2010/2011
Oleh
Sumadi,S.Pd
Tujuan dari penelitian ini adalah
meningktakan kemampuan guru dalam menyusun Aministrasi dan mengelola
pembelajaran.di SD Negeri 2 Braja Luhur Kecamatan Braja Selebah Semester Genap
tahun Pelajaran 2010/2011
Penelitian ii
dilaksanakan selama dua siklus. Masing-masing siklus terdiri dari empat tahapan kegiatan, yaitu
perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Jika dari
hasil tindakan siklus I belum memenuhi, maka dilakukan tindakan siklus II.
Tehnik pengumpulan data dalam
penelitian tindakan sekolah ini melalui observasi, wawancara dan
dokumentasi.Instrumen yang digunakan adalah instrument yang disepakati antara
guru dan pengawas sekolah selaku peneliti. Tehnik
analisa data dengan menggunakan rumusan sistematis yaitu analisis deskritif
dan iduktif.
Berdasarkan
hasil refleksi selama dua siklus terjadi perbedaan yakni permaslahan yang
dihadapi oleh guru yang berkaitan dengan
persiapan administrasi pembelajaran sudah teratasi. Penyusunan RPP Inovatif ,
keterampilan proses, pembelajaran, merupakan solusi kompetensi guru dalam menghadapi kendala yang dihadapi. Dengan demikian, supervisi
klinis yang terprogram akan meningkatkan kompetensi guru secara profesional.
KATA PENGANTAR
Penulis senantiasa mengucapkan puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha
Kuasa , yang memberikan kesehatan lahir
batin kepada penulis, sehingga berhasil menyusun Penelitian Tindakan Seklolah dengan judul: “EFEKTIFITAS SUPERVISI KLINIS UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI
GURU DALAM MENYUSUN ADMINISTRASI DAN PENGELOLAAN PEMBELAJRAN DI SD NEGERI 2
BRAJA LUHUR KECAMATAN BRAJA SELEBAH SEMESTER GENAP TAHUN PELAJARAN 2010/2011
Selama proses penyusunan
penelitian tindakan sekolah,
penulis dibantu berbagai pihak baik moral maupun spiritual yang
disampaikan baik langsung maupun tidak langsung, secara khusus dan disertai
hati yang tulus. Penulis
menyampikan ucapan terima kasih kepada:
1. Kepala SD Negeri 2 Braja Luhur yang telah
memberikan izin dalam penelitian ini
2. Dewan guru SD Negeri 2 Braja Luhur. Yang selalu pro aktif dalam pelaksanaan
Penelitian ini.
Semoga PTS ini dapat bermanfaat
untuk kita semua, khususnya bagi
penulis.
Penulis
DAFTAR ISI
Halaman
Judul.................................................................................................. i
Halaman
Pengesahan........................................................................................ ii
Abstrak
………………………………………………………………………iii
Kata
Pengantar……………………………………………………………… iv
Daftar Isi.......................................................................................................... v
Daftar
Tabel...................................................................................................... vii
BAB I PENDAHULULUAN
A. Latar belakang Masalah........................................................................ 1
B. Identifikasi Masalah.............................................................................. 3
C. Pembahasan Masalah............................................................................ 3
D. Rumusan Masalah................................................................................. 4
E. Tujuan Penelitian................................................................................... 4
F. Kegunaan Penelitian.............................................................................. 5
G. Definisi Istilah...................................................................................... 5
BAB II KAJIAN PUSTAKA
A. Deskripsi............................................................................................... 6
B. Kajian Teori dan Hasil Penelitian.......................................................... 6
C.
Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No.41 tahun 2007 ………….14
D.
RPP Inovatif ………………………………………………………….15
E.
Pendapat Penulis ……………………………………………………..17
F.
Andragogi ……………………………………………………………..18
BAB III METODOLOGI PENELITIAN
A. Lokasi dan Waktu Penelitian................................................................ 19
B. Tahapan Penelitian Tindakan............................................................... 20
C. Subjek Penelitian.................................................................................. 21
D. Tindakan.............................................................................................. 21
E. Teknik Pengumpulan Data................................................................... 22
F. Instrumen Penelitian............................................................................. 22
G. Teknik Analisis Data............................................................................ 22
BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN
A. Kondisi Sekolah ……………………………………………………...24
B. Hasil Penelitian ………………………………………………………24
Siklus I …………………………………………………………… 24
Siklus II ……………………………………………………………37
BAB V KESIMPULAN
A. Kesimpulan.......................................................................................... 50
B. Saran.................................................................................................... 50
DAFTAR PUSTAKA ………………………………………………………..51
LAMPIRAN-LAMPIRAN…………………………………………………..
52
Tidak ada komentar:
Posting Komentar