Minggu, 23 Desember 2012

PTS supervisi klinis sumadi



LAPORAN PENELITIAN TINDAKAN SEKOLAH
(PTS)

EFEKTIFITAS SUPERVISI KLINIS UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI
GURU DALAM MENYUSUN ADMINISTRASI DAN PENGELOLAAN PEMBELAJARAN DI SD NEGERI 2 BRAJA LUHUR KECAMATAN
 BRAJA SELEBAH   SEMESTER GENAP
TAHUN PELAJARAN 2010/2011















OLEH:
SUMADI, S.Pd
NIP 19610429 198010 1 001

 




SEKOLAH DASAR NEGERI 2 BRAJA LUHUR
KECAMATAN BRAJA SELEBAH
KABUPATEN LAMPUNG TIMUR






LEMBAR PENGESHAN


Dengan ini Koordinator Pengawas Kabupaten Lampung Timur  mengesahkan Penelitian Tindakan Sekolah, saudara :
Nama                                       :  SUMADI,S.Pd.
N I P                                       :  19610420 198010 1 001
Pangkat / Golongan Ruang     :  Pembina TK 1/ IV B
Pekerjaan                                 :  Pengawas TK/SD
Unit Kerja                               :  Dinas Dikpora Kabupaten Lampung Timur

Judul PTS                                :

EFEKTIFITAS SUPERVISI KLINIS UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI GURU DALAM MENYUSUN ADMINISTRASI DAN PENGELOLAAN PEMBELAJRAN DI SD NEGERI 2 BRAJA LUHUR KECAMATAN BRAJA SELEBAH SEMESTER GENAP TAHUN PELAJARAN 2010/2011

Demikianlah pengesahan ini diberikan untuk dapat dipergunakan sebagaimana mestinya.
                        Sukadana, 10 Mei 2010
                                                                        Koordinator Pengaas




                                                            Drs.Hi. MUJADI
                                                                          NIP.19530103 197203 1 001








ABSTRAK
Efektifitas Supervisi Klinis Untuk Meningkatkan Kompetensi Guru Dalam
Menyusun Administrasi  dan Pengelolaan Pembelajaran Di SD Negeri 2
Braja Luhur Kecamatan Braja Selebah Semester Genap
Tahun Pelajaran 2010/2011

Oleh

Sumadi,S.Pd

            Tujuan dari penelitian ini adalah meningktakan kemampuan guru dalam menyusun Aministrasi dan mengelola pembelajaran.di SD Negeri 2 Braja Luhur Kecamatan Braja Selebah Semester Genap tahun Pelajaran 2010/2011
Penelitian ii dilaksanakan selama dua siklus. Masing-masing siklus terdiri dari empat tahapan kegiatan, yaitu perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Jika dari hasil tindakan siklus I belum memenuhi, maka dilakukan tindakan siklus II.
            Tehnik pengumpulan data dalam penelitian tindakan sekolah ini melalui observasi, wawancara dan dokumentasi.Instrumen yang digunakan adalah instrument yang disepakati antara guru dan pengawas sekolah selaku peneliti.           Tehnik analisa data dengan menggunakan rumusan sistematis yaitu analisis deskritif dan  iduktif.
            Berdasarkan hasil refleksi selama dua siklus terjadi perbedaan yakni permaslahan yang dihadapi oleh guru  yang berkaitan dengan persiapan administrasi pembelajaran sudah teratasi. Penyusunan RPP Inovatif , keterampilan proses, pembelajaran, merupakan solusi kompetensi  guru dalam menghadapi kendala  yang dihadapi. Dengan demikian, supervisi klinis  yang terprogram akan meningkatkan  kompetensi guru secara profesional.








KATA PENGANTAR

Penulis senantiasa mengucapkan puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Kuasa , yang memberikan kesehatan  lahir batin kepada penulis, sehingga berhasil menyusun  Penelitian Tindakan Seklolah dengan judul: EFEKTIFITAS SUPERVISI KLINIS UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI GURU DALAM MENYUSUN ADMINISTRASI DAN PENGELOLAAN PEMBELAJRAN DI SD NEGERI 2 BRAJA LUHUR KECAMATAN BRAJA SELEBAH SEMESTER GENAP TAHUN PELAJARAN 2010/2011
Selama proses penyusunan  penelitian tindakan sekolah,  penulis dibantu berbagai pihak baik moral maupun spiritual yang disampaikan baik langsung maupun tidak langsung, secara khusus  dan disertai  hati yang tulus.  Penulis menyampikan ucapan terima kasih  kepada:

1.  Kepala SD Negeri 2 Braja Luhur yang telah memberikan izin dalam penelitian ini
2.  Dewan guru SD Negeri 2 Braja Luhur.  Yang selalu pro aktif dalam pelaksanaan
     Penelitian ini.

Semoga PTS ini dapat bermanfaat untuk kita semua,  khususnya bagi penulis.


Penulis










DAFTAR ISI

Halaman Judul.................................................................................................. i
Halaman Pengesahan........................................................................................ ii
Abstrak ………………………………………………………………………iii
Kata Pengantar………………………………………………………………  iv
Daftar Isi.......................................................................................................... v
Daftar Tabel...................................................................................................... vii
           
BAB I PENDAHULULUAN
A.  Latar belakang Masalah........................................................................ 1
B.  Identifikasi Masalah.............................................................................. 3
C.  Pembahasan Masalah............................................................................ 3
D.  Rumusan Masalah................................................................................. 4
E.  Tujuan Penelitian................................................................................... 4
F.  Kegunaan Penelitian.............................................................................. 5
G.  Definisi Istilah...................................................................................... 5

BAB II KAJIAN PUSTAKA
A.  Deskripsi............................................................................................... 6
B.  Kajian Teori dan Hasil Penelitian.......................................................... 6
C. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No.41 tahun 2007 ………….14
D. RPP Inovatif ………………………………………………………….15
E. Pendapat Penulis ……………………………………………………..17
F. Andragogi ……………………………………………………………..18


BAB III  METODOLOGI PENELITIAN
A.  Lokasi dan Waktu Penelitian................................................................ 19
B.  Tahapan Penelitian Tindakan............................................................... 20
C.  Subjek Penelitian.................................................................................. 21
D.  Tindakan.............................................................................................. 21
E.  Teknik Pengumpulan Data................................................................... 22
F.  Instrumen Penelitian............................................................................. 22
G.  Teknik Analisis Data............................................................................ 22


BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN
A.  Kondisi Sekolah ……………………………………………………...24
B.  Hasil Penelitian ………………………………………………………24
         Siklus I ……………………………………………………………  24
         Siklus II ……………………………………………………………37

BAB V  KESIMPULAN

A.  Kesimpulan.......................................................................................... 50
B.  Saran.................................................................................................... 50

DAFTAR PUSTAKA ………………………………………………………..51
LAMPIRAN-LAMPIRAN………………………………………………….. 52



Tidak ada komentar:

Posting Komentar