Senin, 20 April 2015

RPP INOVATIF



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

Sekolah                         :   SDN 3 Braja Harjosari
Mata Pelajaran            :   Ilmu Pengetahuan Alam ( IPA )
Kelas/Semester            :   VI / 1
Waktu                          :   2 x 35 menit (1 X pertemuan)

1.  Standar Kompetensi        :
1.    Memahami hubungan antara ciri-ciri makhluk hidup dengan lingkungan
 tempat hidupnya
1.      Kompetensi Dasar
1.1  Mendeskripsikan hubungan antara ciri-ciri khusus yang dimiliki hewan (kelelawar, cicak, bebek) dan lingkungan hidupnya
2.        Indikator
o   Mencari contoh hewan yang memiliki ciri khusus untuk memenuhi kebutuhannya, misalnya: kelelawar dan cicak
o   Mendeskripsikan cirri khusus hewan yang ada di sekitarnya, misalnya kelelawar mempunyai alat pendeteksi benda-benda di sekitarnya (sonar)
3.      Tujuan Pembelajaran :
o   Siswa dapat Memahami peta konsep tentang makhluk hidup
o   Siswa dapat menyebutkan ciri khusus :
-       Alat pendeteksi benda pada kelelawar (ekolokasi)
-       Kaki lengket pada cecak dan tokek.
-       Lidah yang panjang dan lengket pada bunglon dan landak semut
-       Punuk pada unta.
-       Mata dan pendengaran yang tajam pada burung hantu.
-       Semburan air ikan pemanah.
-       Mempelajari Bentuk sederhana bunga karang (koral).
v Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin , Rasa hormat dan perhatian  Tekun  , Tanggung jawab Dan Ketelitian
4.        Materi Pokok        :   Ciri-ciri khusus makhluk hidup
 Materi Essensial
 Ciri-ciri khusus beberapa jenis hewan.
5.        Metode Pembelajaran
1.      Diskusi
2.      Tugas
3.      Tanya jawab
4.      Pemecahan Masalah
6.      Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran Siswa
Pertemuan ke-2

  1. Pendahuluan
Apersepsi  dan Motivasi :
o   Mengulang materi pertemuan sebelumnya

(5 menit)
  1. Kegiatan Inti
v Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
-       Siswa dapat Menagih tugas pertemuan sebelumnya
-       Mempelajari Punuk pada unta.
-    Unta ada yang memiliki satu punuk dan ada yang dua punuk
-    Punuk berisi lemakuntuk menyimpan cairan
-    Unta tidak berkeringat, dan hanya sedikit mengeluarkan kotoran
-       Mempelajari mata dan pendengaran yang tajam pada burung hantu.
-    Kedua mata burung terletak di bagian depan kepala, memiliki leher yang lentur
-    Pendengaran nya sangat tajam untuk menentukan lokasi mangsanya.
-       Mempelajari Semburan air ikan pemanah.
-    Menyemburkan air pada hewan yang sedang bergantung
-       Mempelajari Bentuk sederhana bunga karang (koral).
-    Menempel didasar laut dan menunggu datangnya mangsa.
-       Sisi tubuh bunga karang mempunyai lubang halus tempat masuknya air
-       Melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran;

v Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
-       memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
-       memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
-       memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
-       memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
v Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
- Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
- Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

(60 menit)
  1. Penutup
o   Memberikan kesimpulan :
-   Unta memiliki punuk untuk menyimpan lemak
-   Burung hantu menggunakan mata dan telinga untuk mecari mangsa
-   Ikan pemanah menyemburkan air untuk menangkap mangsanya.
o   Bunga karang enempel di dasar laut dan menunggu datangnya mangsa

(5 menit)
  1. Pekerjaan Rumah
o   Tugas


7.        Alat dan Sumber Bahan
-          Gambar-gambar hewan
-          Lingkungan sekitar
-          Buku paket IPA. KI. VI
-          Buku Lain yang relevan

8.        Penilaian
-       Prosedur tes          : Tertulis, lisan, proses
-       Jenis tes                 : Uraian singkat



Soal-soal evaluasi II

Pilih jawaban yang paling tepat!
1.      Perhatikan pernyataan berikut ini.
1. Gema.
2. Bunyi dari mulut.
3. Cabang-cabang pohon atau serangga.
Berdasarkan pernyataan di atas, urutan cara kelelawar mengetahui letak makanan di malam hari, yaitu . . . .
a. 1, 2, 3                 b. 1, 3, 2                        c. 2, 3, 1                        d. 3, 2, 1
2.      Cecak dapat berjalan di dinding atau langit-langit rumah, karena . . . .
a. kulit kaki cecak tebal, dan banyak memiliki bulu-bulu halus
b. kulit kaki cecak tipis, dan banyak memiliki bulu-bulu kasar
c. kulit kaki cecak tipis dan banyak memiliki bulu-bulu halus
d. kulit kaki cecak tebal dan banyak memiliki bulu-bulu tebal
3.      Perhatikan gambar unta. Unta dapat bertahan beberapa hari tidak makan karena memiliki
lemak yang disimpan di bagian . . . .
a. kepala                 b. Kaki                          c. Mulut                         d. punuk
4.      Unta merupakan hewan gurun yang memiliki bulu mata yang panjang, berguna untuk . . . .
a. melindungi muka dari pasir dan cahaya matahari
b. melindungi mata dari pasir dan cahaya matahari
c. melindungi hidung dari pasir dan cahaya matahari
d. melindungi mulut dari pasir dan cahaya matahari
5.      Untuk mengelabui musuhnya pada saat dikejar maka cecak akan . . . .
a. lari kencang-kencang                                     c. menyatukan diri dengan dinding
b. menggerak-gerakkan ekornya                       d. memutuskan ekornya
6.      Bebek dapat meluncur di kolam karena . . . .
a. memiliki selaput renang pada kakinya           c. memiliki kaki yang bentuknya lancip
b. paruh yang lebar dan panjang                       d. paruhnya berbentuk panjang dan lebar
B. Salin dan lengkapi titik-titik berikut ini dengan benar!
  1. Untuk menjauhkan badannya dari tanah agar tidak panas, unta memiliki kaki yang . . . .
  2. Ikan mudah bergerak dalam air, karena tubuhnya  . . . .
  3. Daun telinga pada gajah sering digerak-gerakkan untuk . . . .
  4. Bebek dapat menyaring makanan dari air dan lumpur, karena . . . .
  5. Kulit gajah berkerut-kerut berfungsi untuk . . . .

Mengetahui,
Kepala SDN ...............................



............................................
NIP..................................

...........................................................
Guru Peneliti



..................................................
NIP............................................

Tidak ada komentar:

Posting Komentar