Kamis, 31 Juli 2014

Petunjuk Pembuatan RPP Kurikulum 2013



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Satuan pendidikan :  SDN 2 Braja Yekti
Kelas / semester       :  1 /1
Tema (1)                    :  Diriku
Sub tema (1)             :  Aku dan Teman Baru (pembelajaran 1)
Petemuan ke                        :  1
Alokasi waktu           :  1 Minggu (disesuaikan pembagian waktu)



KOMPETENSI  INTI (Pindahkan semua kompetensi inti pada kelas bersangkutan, bisa di  
                                           lihat pada buku guru hal Xi)

1.    Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
2.    Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru
3.    Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah,  dan sekolah
4.    Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia

KOMPETENSI DASAR  DAN INDIKATOR (lihat buku guru hal.4 dan 5, Pemetaan Indikator Pembelajaran)
   
BAHASA INDONESIA

4.4. Menyampaikan teks cerita diri/personal tentang keluarga secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian
indikator
  1. Memperkenalkan diri dengan menyebutkan nama lengkap
  2. Memperkenalkan diri dengan menyebutkan nama panggilan
  3. Menyebutkan nama temannya

SBDP
4.1. Menggambar ekspresi dengan mengolah garis, warna, dan bentuk berdasarkan
       hasil pengamatan dilingkungan sekitar
indikator
Memberi hiasan pada kartu nama

PKn
4.2. Melaksanakan tata tertib di rumah dan di sekolah
indikator
Menjalankan peraturan pada permainan di sekolah


PJOK
4.3 Mempraktikkan pola gerak dasar manipulatif yang dilandasi konsep gerak dalam
      berbagai bentuk permainan sederhana dan atau permainan tradisional
indikator
• Melakukan gerakan melempar
• Melakukan gerakan menangkap



PERTEMUAN 1

A.   TUJUAN PEMBELAJARAN   (lihat buku guru hal.5, uraian kegiatan pembelajaran)
1. Setelah mengikuti permainan lembar bola, siswa dapat memperkenalkan diri dengan
    menyebutkan nama panggilan secara benar.
2. Dengan melakukan permainan siswa dapat menyebutkan nama lengkap dengan
    benar. 

B.   MATERI
       Teman Baru

C.      METODE (lihat dalam buku guru hal 5, langkah-langkah pembelajaran,disesuaikan langkah)
 Ceramah, Demonstrasi ,permainan,

D.     MEDIA DAN ALAT  PEMBELAJARAN (lihat dalam buku guru hal 5)

       Bola plastik atau bola dari kertas bekas yang dibuat
       menjadi bentuk bola
E.     SUMBER BELAJAR
1.     Buku Siswa Kelas 1 Tema1 Diriku, Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan  Republik Indonesia 2013, hal 1 sd 3


F.     LANGKAH PEMBELAJARAN

  1. Kegiatan Awal / Pendahuluan

a.    Memberi salam
b.    Mengajak siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk mengawali kegiatan pembelajaran)
c.    Mengabsen kehadiran siswa
d.    Bertanya tentang apa yang di bawa guru dan apa gunanya (bola kertas dan atau plastik)
e.    Menginformasikan Tema / Sub Tema yang akan dipelajari yaitu tentang
    Diriku / teman baru
  1. Kegiatan Inti
1.    guru memperkenalkan diri kepada siswa.
2.    Guru meminta siswa membuka buku siswa hal. 1 dan membacakan teks dan nama-nama teman Udin.
3.    Guru menunjukkan cara berkenalan, seperti yang dilakukan Edo dan Beni di buku siswa hal. 2.
4.    Siswa diajak untuk saling berkenalan melalui sebuah permainan lempar bola dan menjelaskan aturan bermainnya yaitu siswa diminta melingkar (boleh duduk atau berdiri).
5.    Permainan dimulai dari guru dengan memperkenalkan diri, ”Selamat pagi, nama saya Ibu/Bapak....nama panjang....biasa dipanggil Ibu/Bapak.... kemudian, melempar bola pada salah satu siswa (hindari pelemparan bola dengan keras)
6.    Siswa yang berhasil menangkap bola harus menyebutkan nama lengkap dan nama panggilan.Kemudian, dia melempar kepada teman lain. Teman yang menangkap lemparan bola, menyebutkan nama lengkap dan nama panggilan.
7.    Demikian seterusnya hingga seluruh siswa memperkenalkan diri.
8.    Setelah semua memperkenalkan diri, guru mengajak siswa untuk bernyanyi sambil mengingat kembali nama-nama teman di kelas. Guru bisa menggunakan lagu yang ada di buku siswa.

G.    PENILAIAN

H.   Penilaian Proses (lihat dalam buku guru hal 6, unjuk kerja)

Observasi (Pengamatan)

NO
Kriteria
Baik sekali
4
Baik
3
Cukup
2
Perlu Bimbingan
1
1
Kemampuan
memperkenalkan diri
Siswa mampu
menyebutkan nama
panjang dan nama
panggilan
Siswa mampu
menyebutkan nama
panjang
Siswa hanya
mampu
menyebutkan nama
panggilan
Siswa belum
mampu
memperkenalkan
diri
2
Kemampuan menjalankan
peraturan pada
permainan
Siswa mampu
melakukan
permainan sesuai
dengan instruksi
tanpa pengarahan
ulang
Siswa mampu
melakukan
permainan sesuai
aturan tetapi dengan
1 kali arahan ulang
Siswa mampu
melakukan
permainan sesuai
aturan, tetapi
dengan lebih dari 1
kali arahan ulang

3






1.     Penilaian Hasil Belajar (lihat buku siswa)
            Menggunakan instrumen penilaian hasil belajar dengan tes tertulis


        Soal
       Perhatikan gambar-gambar di bawah ini







Perhatikan gambar di atas
Siapa yang sedang berkenalan?

       Beri tanda pada gambar yang termasuk bacaan.

  1. Buku Tulis                                  (….)

  1. Buku Pelajaran                          (….)




  1. Majalah                                      (….)





  1. Buku Cerita                                (….)





  1. Lukisan                                      (….)





       Kunci jawaban

1.    -
2.   
3.   
4.    v
5.   
Kriteria Penilaian

Bobot Nilai   :  benar  x 2     =    10   ,
Skor maksimal = 10
Keterangan        : 

 Nilai Siswa  =   Jumlah skor didapatX  100 %
                                skor  maksimal     





                                               
                         Mengetahui                                                              Guru Kelas 1
                    Kepala Sekolah,                                                                     



                 TUTIK SUNARTI.E,S.Pd                                            SUMADI,S.Pd           
              NIP . 196503191986032010                                NIP.196104201980101001

Tidak ada komentar:

Posting Komentar