RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
( RPP )
Sekolah :
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/Semester : V/ I
Pertemuan Ke : 1-5
Alokasi Waktu : 10 x 35
Menit ( 5 x pertemuan)
KKM :
A.
Standar Kompetensi :
1. Melakukan Operasi Hitung
Bilangan Bulat dalam pemecahan masalah
B.
Kompetensi
Dasar
1.2 Melakukan operasi hitung bilangan bulat
termasuk penggunaan sifat-sifatnya pembulatan dan penaksiran.
C.
Indikator
§
Menggunakan sifat komutatif, asosiatif dan
distributif untuk melakukan perhitungan secara efisien
§ Membulatkan bilangan-bilangan dalam
satuan, puluhan, dan ratusan terdekat
§ Menaksir hasil operasi hitung dua bilangan
D.
Tujuan
Pembelajaran
Peserta
didik dapat :
§ Menggunakan sifat
komutatif, asosiatif dan distributif untuk melakukan perhitungan secara efisien
§ Membulatkan bilangan-bilangan dalam satuan, puluhan, dan ratusan terdekat
§ Menaksir hasil operasi hitung dua bilangan
v
Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ,Rasa hormat dan perhatian
Tekun dan
Tanggung jawab
E.
Materi
Ajar
Sifat Operasi hitung bilangan bulat
§ Penggunaan sifat
komutatif, Asosiatif, dan Distributif
§ Pembulatan bilangan dalam satuan, puluhan, dan ratusan terdekat
§ Menaksir hasil operasi hitung dua bilangan
F.
Metode
Pembelajaran
Demonstrasi, Tanya Jawab, Deduktif, latihan,
Ekspositori
G.
Langkah-langkah
Pembelajaran :
Pertemuan
ke 1-2
§ Kegiatan awal
-
Apresepsi/ Motivasi
-
Mengingatkan kembali tentang macam-macam bilangan bulat yang telah dipelajari pada
kelas sebelumnya
§ Kegiatan Inti
§
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
-
Siswa
dapat Melakukan operasi hitung bilangan bulat termasuk penggunaan
sifat-sifatnya pembulatan dan penaksiran
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
-
Melakukan
percobaan dengan menggunakan kancing berwarna-warni yang dapat membantu siswa
memahami sifat-sifat operasi hitung yang dapat diambil dari kehidupan
sehari-hari, misalnya : 5 kancing Merah + 4 Kancing Putih apakah sama
dengan 4 kancing Putih + 5 Kancing Merah
? (sifat komutatif penjumlahan). Setelah selesai melakukan percobaan dan
ditarik kesimpulan siswa di uji kemampuannya dengan mengerjakan soal latihan.
§
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
-
Guru
bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
-
Guru
bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan
penguatan dan penyimpulan
§
Kegiatan
Penutup
Dalam
kegiatan penutup, guru:
-
Guru
mengulang kembali kegiatan yang telah dilakukan memberikan kesimpulan kemudian
memberikan pekerjaanrumah dan
menginformasikan materi yang akan dibahas pada pertemuan selanjutnya.
Pertemuan ke 3-5
§ Kegiatan awal
-
Apresepsi/ Motivasi
-
Mengingatkan kembali tentang cara membulatkan bilangan
bulat yang telah dipelajari pada kelas sebelumnya
§ Kegiatan Inti
§
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
-
Siswa
dapat Melakukan operasi hitung bilangan bulat termasuk penggunaan
sifat-sifatnya pembulatan dan penaksiran
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
-
Menjelaskan
cara membulatkan bilangan dan menaksir
dengan menggunakan garis bilangan.
1 2 3
4 5 6
7 8 9
10
dibulatkan ke bawah
dibulatkan ke atas
-
Kemudian
melakukan diskusi mengenai cara mennaksir hasil operasi hitung, setelah itu siswa
diuji leterampilannya dalam, membulatkan dan menaksir hasil operasi hitung.
§
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
-
Guru
bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
-
Guru
bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan
penguatan dan penyimpulan
§
Kegiatan
Penutup
Dalam
kegiatan penutup, guru:
-
Guru
memberikan kesimpulan mengenai materi yang telah dibahas bersama-sama kemudian
memberikan pekerjaan rumah dan
menginformasikan materi yang akan dibahas pada pertemuan selanjutnya.
H.
Alat/Bahan
dan Sumber Belajar
§ Buku Pelajaran Matematika
untuk Sekolah Dasar Kelas 5 .
§ Matematika SD untuk Kelas V 5 B Esis
§ Matematika Progesif Teks Utama SD Kelas 5
§ Kancing Baju
§ White board, papan tulis, spidol, kapur dan penghapus papan tulis
I.
Penilaian
Jenis Tes :
Tertulis
Bentuk Tes :
Isian
EVALUASI PERTEMUAN I
Gunakan
sifat komutatif penjumlahan!
|
1) 4 + 5 =
5 + . . .
2) –2 + 3 =
3 + . . . . .
3) 7 + (–4) = .
. . + (–4)
4) –5 + (–6) = –5 + . . .
5) –10 + 1 = 1 +
. . .
|
6) –9 + . . . = 3
+ . . .
7) . . . + (–2) = . . . +
12
8) –30 + . . . = 10 +
. . .
9) . . . + (–5) = . . . +
50
10) –70 + . . . = –30 + . . .
|
Gunakan
sifat komutatif perkalian!
|
1) 10 × 5 =
5 × . . .
2) –3 × 2 =
2 × . . . . .
3) 4 × (–10) = . . . ×
4
4) –21 × 5 = 5 ×
. . .
5) –37 × (–10) = . . . × (–37)
|
6) 40 × . . . =
–5 × . . .
7) –29 × . . . = 3 ×
. . .
8) . . . × (–4) = . . . ×
50
9) . . . × (–7) = . . . ×
(–60)
10) –80 × . . . = –2 ×
. . .
|
EVALUASI PERTEMUAN II
Gunakan
sifat komutatif pada penjumlahan dan perkalian.
|
1) –10 + 2 = ___ + ___
2) 29 +
(–11) = ___ + ___
3) –20 + 50 = ___ + ___
4) 24 +
(–40) = ___ + ___
5) –15 +
(–25) = ___ + ___
|
6) 10 × 6 = ___ + ___
7) –5 × 9 = ___ x ___
8) 15 × (–3)
= ___ x ___
9) –50 × 2 = ___ x ___
10) –30 × (–3) = ___ x ___
|
Gunakan
sifat asosiatif pada penjumlahan.
|
1) (2 + (–1)) + 3 =
. . . + (–1 + 3)
2) (1 + 2) + (–5) =
1 + (2 + . . . . .)
3) (–2 + 3) + 4 =
–2 + (. . . + 4)
4) (5 + (–1)) + (–4) =
. . . + (–1 + (–4))
5) (–6 + 2) + (–10) =
–6 + (2 + . . . )
|
6) (20 + (–1)) + . . . = . . . + (–1 + 3)
7) (–5 + . . . ) + 4 =
–5 + (25 + . . .)
8) (. . . + (–3)) + 6 = 30 + (. . . + 6)
9) (39 + . . .) + (–10) = 39 + (–5 + (–10))
10) (–45 + 4) + . . . =
–45 + (4 + 7)
|
EVALUASI PERTEMUAN III
Gunakan
sifat asosiatif pada perkalian
|
1) (2 × 4) × 3
= . . . ×
(4 × 3).
2) (4 × (–3))
× 6 = 4 ×
(. . . × 6)
3) (5 × (–2))
× 4 = 5 ×
(–2 × . . .)
4) (–3 × 2) × 8 = . . . ×
(2 × . . .)
5) (–4 × (–6)) × 10 =
. . . × (–6 × . . .)
|
|
Gunakan
sifat asosiatif pada penjumlahan dan perkalian
|
1) (50 + (–5)) + (–3) = ___ + (–5 + ___)
2) (___ + (–60) + ___ = 65 + (–60 + (–3))
3) (55 + (–30)) + 6 =
___ + (___ + 6)
4) (–39 + ___) + ___ = ___ + (32 + (–4))
5) (45 + ___) + (–9) =
___ + (27 + ___)
|
6) (2 × 6) × 4 =
___ × (6 × 4)
7) (–3 × 2) × 5 =
___ × (2 × 5)
8) (4 × (–5)) × 2 =
___ × (___ × ___)
9) (–3 × (–2)) × 6 =
___ × (___ × ___)
10) (5 × (–4)) × (–3) =
___ × (___ × ___)
|
EVALUASI PERTEMUAN IV.
Lengkapilah
soal berikut ini!
|
1) (4 × 17) + (4 × 3) = 4 × (17 + . . .)
2) (–3 × 9) + (–3 × 11) = . . . . × (9 + 11)
3) (–2 × 37) + (–2 × 13) = –2 × (. . . + 13)
4) 5 × (10 + 8) = (5 × . . .) + (5 × . . .)
5) 8 × (25 + 11) = (. . . × 25) + (8 × . . .)
|
6) (4 × 17) – (4 × 7) = 4 × (17 – . . .)
7) (–2 × 74) – (–2 × 49) = . . . × (74 – 49)
8) (–6 × 53) – (–6 × 28) = . . . × (. . . – 28)
9) 5 × (30 – 12) = (5 × . . .) – (5 × . . .)
10) 8 × (50 – 5) = (. . . × 50) – (8 × . . .)
|
Gunakan
sifat distributif pada penjumlahan dan pengurangan.
1) (3 × 63) + (3 × 17) =
___ × (___ + ___)
2) (–5 × 21) + (–5 × 19) = ___ × (___ + ___)
3) (–4 × 46) + (–4 × 14) = ___ × (___ + ___)
4) 5 × (20 + 12) =
(___ × ___) + (___ × ___)
5) –6 × (30 + 5) =
(___ × ___) + (___ × ___)
6) (7 × 85) – (7 × 15) =
___ × (___ – ___)
7) (–9 × 59) – (–9 × 19) = ___ × (___ – ___)
8) (–11 × 29) – (–11 × 18) = ___ × (___ – ___)
9) 15 × (40 – 4) =
(___ × ___) – (___ × ___)
10) –12 × (50 – 5) =
(___ × ___) – (___ × ___)
EVALUASI PERTEMUAN V
Untuk
nomor 1–5 bulatkan ke puluhan terdekat. Nomor 6–10 bulatkan ke ratusan
terdekat.
|
1) 46 + 83 =
….
2) 59 + 123 =
….
3) 327 + 142 =
….
4) 79 – 32 =
….
5) 258 – 117 =
….
|
6) 169 + 205 =
….
7) 527 + 375 =
….
8) 384 – 178 =
….
9) 508 – 199 =
….
10) 711 – 295 =
….
|
Tentukan
hasil perkalian atau pembagian soal-soal berikut. Hasilnya bulatkan ke puluhan dan
ke ratusan terdekat.
|
1) 438 × 72 =
….
2) 289 × 23 =
….
3) 832 × 58 =
….
4) 826 ×
678 = ….
5) 972 ×
926 = ….
|
6) 589 :
19 = ….
7) 418 :
38 = ….
8) 4.134 : 53 =
….
9) 31.785 : 39 = ….
10) 28.413 : 41 = ….
|
SOAL LATIHAN DI RUMAH
Kerjakan
soal berikut ini!
Pak
Udin ingin memperbaiki rumahnya. Gunakan taksiran untuk membantu Pak Udin
1. Panjang dan lebar rumah Pak Udin 13 meter dan 8
meter. Kira-kira berapa meter persegi luas rumah Pak Udin?
2. Satu kardus keramik dapat digunakan untuk menutup
lantai seluas 2 meter persegi. Kira-kira berapa kardus keramik yang dibutuhkan
Pak Udin untuk menutup lantai rumahnya?
3. Harga satu kardus keramik Rp35.500,00. Apabila Pak
Udin mempunyai uang dua juta rupiah, kira-kira cukupkah uang tersebut untuk
membeli keramik yang dibutuhkannya?
4. Dinding rumah Pak Udin yang akan dicat ulang luasnya
42 meter persegi. Satu kilogram cat dapat digunakan untuk mengecat dinding
seluas 12 meter persegi. Berapa kira-kira cat yang dibutuhkan Pak Udin?
5. Harga satu kilogram cat tembok Rp12.250,00. Berapa
kira-kira uang yang harus dikeluarkan Pak Udin untuk membeli cat tembok?
6. Ruang tamu Pak Udin berukuran 3 m × 4 m. Ruang tamu
tersebut akan dipasang karpet. Harga karpet Rp12.750,00 per meter. Berapa
kira-kira uang yang harus disediakan Pak Udin untuk membeli karpet?
Braja
Harjosari, 2013
|
Mengetahui
Pemgawas
Pembina
S
U M A D I, S.Pd
NIP.196104201980101001
|
Rangkuman materi
A.
Sifat-Sifat Pengerjaan Hitung pada Bilangan Bulat
1.
Sifat Komutatif (Pertukaran)
a. Sifat komutatif pada penjumlahan
5 + 3 = 3 + 5.
Secara umum, sifat komutatif pada
penjumlahan dapat ditulis sebagai berikut.
a + b = b + a (a dan b sembarang bilangan bulat)
- Sifat komutatif pada perkalian
|
2 + 2 + 2 + 2
= 4 × 2 = 8
|
4 + 4
= 2 × 4 = 8 Jadi,
4 × 2 = 2 × 4.
|
Secara umum, sifat komutatif pada
perkalian dapat ditulis:
a × b = b × a (a dan b sembarang bilangan bulat)
2. Sifat Asosiatif (Pengelompokan)
- Sifat asosiatif pada penjumlahan
(3 + 2) + 4 = 3 + (2 + 4).
Secara umum, sifat asosiatif pada
penjumlahan dapat ditulis:
(a + b) + c = a + (b + c) (a, b, dan c sembarang bilangan
bulat)
Sifat
asosiatif tidak berlaku pada pengurangan.
Contoh:
(6 – 3)
– 2 = 3 – 2 = 1
6 – (3 –
2) = 6 – 1 = 5
Jadi, (6
– 3) – 2 ≠ 6 – (3 – 2).
- Sifat asosiatif pada perkalian
(2 × 3) × 4 = 2
× (3 × 4).
Secara umum, sifat asosiatif pada
perkalian dapat ditulis:
(a × b) × c = a × (b × c) (a, b, dan c bilangan bulat).
3. Sifat Distributif (Penyebaran)
a. (3 × 4) + (3 × 6) = 3 × (4 + 6)
= 3 × 10 = 30.
b. 15 × (10 + 2) = (15 × 10) + (15 × 2)
= 150 + 30
= 180
Secara umum, sifat distributif pada
penjumlahan dan pengurangan dapat ditulis:
a × (b + c) = (a × b) + (a × c)
a × (b – c) = (a × b) – (a × c) (a, b, dan c bilangan bulat)
Menaksir
hasil operasi hitung
a. Pembulatan ke puluhan terdekat
a. Satuan kurang dari 5 ( < 5),
dibulatkan ke 0.
b. Satuan lebih dari atau sama dengan 5
(> 5), dibulatkan ke 10.
b. Pembulatan ke ratusan terdekat
a. Puluhan kurang dari 50 ( < 50),
dibulatkan ke 0.
b. Puluhan lebih dari atau sama dengan
50 (> 50), dibulatkan ke 100.
c. Pembulatan ke ribuan terdekat
a. Ratusan kurang dari 500 ( < 500),
dibulatkan ke 0.
b. Ratusan lebih dari atau sama dengan
500 (> 500), dibulatkan ke 1.000.
BILA INGIN HUBUNGI 081272423116
Tidak ada komentar:
Posting Komentar