Model pembelajaran adalah suatu
desain atau rancangan yang menggambarkan proses rincian dan penciptaan situasi
lingkungan yang memungkinkan anak berinteraksi dalam pembelajaran, sehingga
terjadi perubahan atau perkembangan pada diri anak. Adapun komponen model
pembelajaran meliputi; konsep, tujuan pembelajaran, materi/tema,
langkah-langkah/prosedur, metode, alat/sumber belajar, dan teknik evaluasi.
Penyusunan
model pembelajaran di Taman Kanak-Kanak (TK) didasarkan pada silabus yang
dikembangkan menjadi perencanaan semester, stuan kegiatan mingguan (SKM), dan
satuan kegiatan harian (SKH). Dengan demikian, modl pembelajaran merupakan
gambaran konkret yang dilakukan pendidik dan peserta didik sesuai dengan
kegiatan harian.
Kita
mengenal beberapa model pembelajaran yang diterapkan di TK, diantaranya adalah:
1. Model pembelajaran klasikal
2. Model pembelajaran kegiatan kelompok dengan kegiatan pengaman
3. Model pembelajaran berdasarkan sudut-sudut kegiatan
4. Model pembelajaran area
5. Model pembelajaran berdasarkan sentra
Model-model pembalajaran tersebut pada umumnya menggunakan langkah-langkah pembelajaran yang sama dalam sehari, yaitu: kegiatan awal/pendahuluan, kegiatan inti, istirahat/makan, kegiatan akhir atau penutup.
Kegiatan awal/pendahuluan adalah kegiatan awal dalam pembelajaran yang ditujukan untuk memfokuskan perhatian, membangkitkan motivasi sehingga peserta didik siap untuk mengikuti kegiatan pembelajaran.
Kegiatan inti merupakan proses kegiatan utama untuk mencapai kompetnsi dasar yang harus dilaksanakan secara interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, dan partisipatif. Kegiatan inti dilakukan melalui proses eksplorasi, eksperimen, elaborasi, dan konfirmasi.
2. Model pembelajaran kegiatan kelompok dengan kegiatan pengaman
3. Model pembelajaran berdasarkan sudut-sudut kegiatan
4. Model pembelajaran area
5. Model pembelajaran berdasarkan sentra
Model-model pembalajaran tersebut pada umumnya menggunakan langkah-langkah pembelajaran yang sama dalam sehari, yaitu: kegiatan awal/pendahuluan, kegiatan inti, istirahat/makan, kegiatan akhir atau penutup.
Kegiatan awal/pendahuluan adalah kegiatan awal dalam pembelajaran yang ditujukan untuk memfokuskan perhatian, membangkitkan motivasi sehingga peserta didik siap untuk mengikuti kegiatan pembelajaran.
Kegiatan inti merupakan proses kegiatan utama untuk mencapai kompetnsi dasar yang harus dilaksanakan secara interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, dan partisipatif. Kegiatan inti dilakukan melalui proses eksplorasi, eksperimen, elaborasi, dan konfirmasi.
Kegiatan
penutup adalah kegiatan yang dilakukan untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran.
Bentuk kegiatannya berupa menyimpulkan, umpan balik, dan tindak lanjut.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar